Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

MoU BPS - Kemenkeu Timor Leste

MoU BPS - Kemenkeu Timor Leste

6 Mei 2015 | Kegiatan Statistik Lainnya


Akhir April 2015 BPS melakukan Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Keuangan Republik Demokratik Timor Leste (MoF). Naskah MoU yang dibuat dalam tiga bahasa (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Portugis) ini ditandatangani oleh Kepala BPS, Suryamin dan Wakil Menteri Keuangan Republik Demokratik Timor Leste, Helder Lopes. Memorandum dilaksanakan di Gedung 3 Lantai 1, membahas mengenai penyediaan, pemanfaatan, dan pembangunan statistik di bidang sosial, ekonomi, dan produksi. Acara dihadiri oleh beberapa eselon I dan II BPS, perwakilan dari MoF, subject matter terkait, serta wartawan. 

Kepala BPS, Suryamin, dalam sambutannya menuturkan kerja sama kali ini merupakan lanjutan dari kerja sama antara BPS dan MoF yang ditandatangani pada 27 Agustus 2010. “Panjangnya sejarah kerja sama BPS dan Timor Leste inilah yang membuat saya dan seluruh jajaran BPS yakin bahwa kerja sama kali ini akan semakin membantu BPS dan Timor Leste membangun dan mengembangkan data statistik di kedua negara,” ucap Suryamin. Sementara Helder mengungkapkan harapannya akan keberlanjutan dari kerjasama ini. “Sebagai negara baru, kami berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas institusional terutama di bidang statistik. Apalagi tahun ini Timor Leste akan melakukan Sensus Penduduk, kita ingin mendapatkan keahlian itu dari BPS,” harap Helder. 

Suryamin berharap semoga kerja sama ini dapat semakin mempererat koordinasi dan kerja sama bukan hanya antara MoF dan BPS, tetapi juga dalam scope yang lebih besar, yaitu antara Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste. Acara diakhiri dengan pertukaran cinderamata dari kedua negara.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik