Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

BPS Hadir dalam 2024 Pacific Statisticians’ Leadership Forum

BPS Hadir dalam 2024 Pacific Statisticians’ Leadership Forum

4 Juni 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Plt. Kepala BPS, Amalia Adininggar Widyasanti, didampingi Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Imam Machdi menghadiri “2024 Pacific Statisticians’ Leadership Forum (PSLF)” yang diselenggarakan oleh Australian Bureau Statistics (ABS) di Canberra, 20-21 Mei 2024. Acara tersebut juga dihadiri pimpinan kantor statistik negara-negara di Pasifik, seperti Cook Island, Fiji, Micronesia, Kiribati, Nauru, Niue, Papua New Guinea, Marshal Island, Samoa, Solomon Island, Timor Leste, Tonga, Tuvalu dan Vanuatu.

PSLF bertujuan untuk mendukung prioritas utama Kerangka Kerja Strategis Statistik Pasifik yang berfokus pada pengembangan keterampilan yang dibutuhkan pimpinan dan manager senior NSO agar sukses dan berpengaruh pada Sistem Statistik Nasional. Pemimpin ABS, David Gruen dalam sambutannya menyampaikan pentingnya melihat dua perspektif dari statistik dan kebijakan, agar statistik yang dihasilkan dapat bermanfaat terutama untuk evidence-based policy.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Direktur I Politeknik Statistika STIS sekaligus Sekretariat Regional Data Hub for Asia and the Pacific, Setia Pramana mempresentasikan Data Partnership–Regional Data Hub on Big Data and Data Science for Asia and the Pacific. Hal ini disambut baik oleh peserta negara-negara Pasifik dan menyatakan ketertarikan untuk bergabung dengan Regional Hub. Pramudya Ajeng Safitri dari Direktorat Statistik Ketahanan Sosial BPS juga menyampaikan showcase mengenai Statistik Bencana yang sudah dikerjakan BPS.

Dalam lawatannya, Pimpinan BPS juga menghadiri High-level Meetings dan APS-BPS Cross-agency Workshop mendiskusikan berbagai potensi kerja sama yang dapat dilakukan ABS dan BPS kedepannya. Lawatan ini ditutup dengan menyambangi KBRI di Canberra, yang diterima oleh Lintang Paramitasari, Wakil Kepala Perwakilan-KBRI di Canberra dan jajarannya.

#CintaData
#KegiatanBPS
#RegionalDataHub

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8

Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik