Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Dukungan BPS dalam Menekan Kemiskinan Ekstrem

Dukungan BPS dalam Menekan Kemiskinan Ekstrem

31 Januari 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


"Selain pemberian bantuan sosial, pemerintah perlu mempertimbangkan kebijakan berbasis geospasial dalam melakukan intervensi kemiskinan," ujar Kepala BPS, Margo Yuwono dalam rangka audiensi dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Rabu (26/1). Margo menjelaskan ringkasan hasil survei efektivitas program bantuan sosial (SEPBS) yang dilaksanakan BPS pada Desember 2021.

Margo menyampaikan bahwa kemiskinan ekstrem tidak cukup diselesaikan hanya dengan berbagai intervensi bantuan sosial, karena penyebabnya bisa bersifat sistemik, salah satunya permasalahan infrastruktur. Akses menuju kantor desa, fasilitas kesehatan, tempat usaha juga menjadi faktor penting penyebab kemiskinan ekstrem.

Sementara Airlangga menyoroti perihal ketepatan dan kecepatan penyaluran bantuan sosial, serta langkah kebijakan ke depan. Hal itu ditujukan agar dapat mengangkat masyarakat miskin ekstrem keluar dari kemiskinan. "Pemerintah sangat berharap bahwa BPS dapat memotret secara lebih tepat, sehingga pemerintah bisa melakukan fine tuning terhadap program kebijakan kemiskinan ekstrem," pungkasnya.

#CintaData
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik