Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Penandatanganan MoU antara BPS dan NBS China

Penandatanganan MoU antara BPS dan NBS China

6 Desember 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang tulus kepada Komisaris NBS China, Mr. Kang Yi, dan NBS China atas komitmen, dedikasi, dan kesediaan yang kuat untuk menjalin kemitraan antara kedua institusi. Semoga kolaborasi ini membuahkan hasil yang bermanfaat dan membuka peluang baru bagi kemajuan dan pertumbuhan bersama," tutur Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Amalia Adininggar Widyasanti dalam momen penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPS dan National Bureau of Statistics (NBS) of China.

Bertempat di Ruang Rapat Utama Lantai 1 Gedung 3 BPS (6/12), dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPS dan NBS of China tentang Kerja Sama Statistik. Penandatanganan dilakukan oleh Plt Kepala BPS dan Commissioner NBS China, Kang Yi.

Kerja sama statistik antara BPS dan NBS China menjadi sangat penting mengingat di era yang serba cepat saat ini, kantor statistik harus mampu mengikuti perkembangan teknologi yang begitu pesat dan tetap menghasilkan data yang berkualitas. Oleh karenanya, ruang lingkup yang dicakup dalam kerja sama ini cukup komprehensif, antara lain tentang penguatan kualitas statistik resmi, modernisasi dan transformasi statistik, hingga pemanfaatan big data dan data science untuk statistik resmi.

Kang Yi mengungkapkan selama bertahun-tahun, badan statistik kedua negara telah melakukan berbagai bentuk pertukaran bilateral, berbagi pengalaman dan praktik statistik, serta memperkuat pembangunan kapasitas statistik melalui platform pertukaran. "Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan titik awal baru untuk memperdalam kerja sama lebih lanjut, yang tentunya akan mendorong kerja sama statistik kedua negara," ujarnya.

Dalam rangkaian kunjungan ke Indonesia, delegasi NBS China juga berkesempatan untuk melakukan pertemuan bilateral dengan jajaran pimpinan BPS untuk berdiskusi tentang implementasi kerja sama ke depan dan berbagi pengalaman tentang pelaksanaan Sensus Ekonomi. Tak hanya itu, delegasi juga mengunjungi Politeknik Statistika STIS dan kantor BPS Provinsi DKI Jakarta untuk berbagi ilmu dan pengalaman.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik