Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Rakor Fungsi IPDS BPS: Tingkatkan Pembinaan Statistik Sektoral

Rakor Fungsi IPDS BPS: Tingkatkan Pembinaan Statistik Sektoral

8 November 2021 | Kegiatan Statistik


Berbagai upaya terus dilakukan BPS sebagai institusi pembina statistik di Indonesia untuk meningkatkan kualitas statistik, termasuk kualitas statistik sektoral.

Bertempat di Yogyakarta (1-5 November), BPS menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) yang mempertemukan pelaksana kegiatan pembinaan statistik sektoral di pusat, daerah, dan penerima pembinaan kementerian/lembaga/perangkat daerah.

Kegiatan ini bertujuan merumuskan aktivitas pembinaan statistik sektoral yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Rakor dibuka oleh Deputi Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Imam Machdi.

Rencana perubahan pun disepakati, antara lain pengembangan strategi pembinaan untuk diadopsi BPS provinsi dan kabupaten/kota, penggunaan enumeration area dengan unit Satuan Lingkungan Setempat yang muatannya dari data hasil SP2020, dan standardisasi penyelenggaraan data pemerintah.

Selain itu, big data dan open government pada GSPM makin dimanfaatkan melalui Sistem Infrastruktur Statistik Terintegrasi (Sintesis), penyelengaraan Pojok Statistik secara berkelanjutan dengan melibatkan peran serta FORSTAT dan ISI, penerapan standardisasi publikasi mengacu pada pedoman yang baru, serta pengelolaan kinerja pegawai yang SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Relevant, and Time-based).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik