Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Kick Off Pembinaan Statistik Sektoral Kementerian/Lembaga

Kick Off Pembinaan Statistik Sektoral Kementerian/Lembaga

30 Januari 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


“Setiap kita menghasilkan data statistik, kita pasti menginginkan data yang berkualitas. Maka dalam proses pembinaan statistik ini kita berupaya mendorong kementerian/lembaga (K/L) menghasilkan data yang berkualitas. Untuk menghasilkan data prioritas yang berkualitas, BPS melakukan pembinaan, yaitu pembinaan dari sisi proses, kualitas data, kelembagaan dan SDM, serta sistem statistik nasional,” ujar Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS, Imam Machdi saat membuka kegiatan "Kick Off Pembinaan Statistik Sektoral Kementerian/Lembaga” di Jakarta (29/1).  

Setelah dimulainya Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) pada tahun lalu, BPS memulai pembinaan statistik sektoral kepada K/L pada awal tahun ini. Pembinaan yang dilakukan BPS sebagai pembina data statistik sesuai amanat Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

Kegiatan yang dihadiri 82 K/L ini bertujuan untuk memperkuat koordinasi, kolaborasi, dan sinergi dalam penyediaan statistik sektoral yang berkualitas, antara pembina data dengan K/L, khususnya di level pengambil kebijakan.  Imam menekankan bahwa kolaborasi merupakan strategi yang harus dicapai bersama. “Kolaborasi ini mudah diucapkan, tapi saya menginginkan nantinya kolaborasi ini benar-benar diimplementasikan karena ini untuk kepentingan K/L itu sendiri,” pungkas Imam.  


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik