Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Seminar Hari Statistik Nasional 2021

Seminar Hari Statistik Nasional 2021

27 September 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


“Statistik Berkualitas untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” adalah tema Hari Statistik Nasional (HSN) tahun 2021. HSN yang diperingati setiap tanggal 26 September ini tidak hanya dirayakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia. HSN bukanlah hari jadi BPS namun hari diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

Serangkaian kegiatan dilakukan BPS untuk memperingati HSN 2021. Puncaknya, hari Sabtu (25/9), digelar seminar nasional bertajuk “Big Data Practice in Public Sector” yang berlangsung secara virtual (melalui Zoom dan YouTube).

Kepala BPS, Margo Yuwono, dalam sambutannya mengatakan bahwa HSN merupakan momentum untuk menyadari betapa penting peran statistik dalam evidence-based policy dan decision making, baik yang dilakukan oleh pemerintah, stakeholders, dan masyarakat luas untuk berbagai kepentingan. Keynote speaker, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, dalam momen yang sama mengatakan pentingnya data statistik yang akurat dan benar dalam perencanaan hingga mengukur keberhasilan pembangunan sektor pertanian di Indonesia.

Seminar HSN 2021 menghadirkan narasumber; Imam Machdi (Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS), Sudarto (Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi, dan Teknologi Komunikasi Kementerian Keuangan), Edmon Makarim (Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia), dan Muhammad Ghifary (Senior Vice President of Digital Banking Division BRI).  

Seminar membahas bagaimana tata kelola big data dan tantangan pemanfaatannya pada sektor publik. Di era disrupsi seperti sekarang ini, BPS sebagai penyedia data statistik Indonesia tentunya berupaya beradaptasi dan bertransformasi dalam proses bisnis statistik agar dapat menghasilkan data statistik terkini secara cepat. Salah satunya dengan optimalisasi big data sebagai alternatif sumber data baru yang dapat melengkapi official statistics.

Pada momen yang sama, Kepala BPS meluncurkan logo Sensus Pertanian 2023 (ST2023), yang merupakan sensus pertanian ketujuh yang dilakukan BPS. Selamat Hari Statistik Nasional 2021. Mari Bersama kita wujudkan Statistik Berkualitas untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

#HSN2021
#HariStatistikNasional
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik