Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Hari Statistik Nasional (HSN) 2016

Hari Statistik Nasional (HSN) 2016

26 September 2016 | Kegiatan Statistik Lainnya


Setiap insan perstatistikan merayakan Hari Statistik Nasional (HSN) pada tanggal 26 September. Pada tanggal tersebut disahkan Undang-Undang perstatistikan. Setelah ditetapkannya UU perstatistikan tersebut, mulailah langkah awal BPS mengisi kemerdekaan melalui data-data Statistik. Hari Statistik Nasional bukan hanya milik BPS. Semua masyarakat turut terlibat dalam mengupayakan terwujudnya data yang berkualitas.

Pegawai BPS seluruh Indonesia, secara serentak memperingati HSN 2016, dengan melakukan upacara apel HSN. Kepala BPS, Suhariyanto memimpin langsung jalannya apel HSN di Kantor BPS, Jalan Dr. Sutomo, Jakarta Pusat.

Tepat pukul 8 pagi upacara apel memperingati HSN dimulai. Peringatan HSN tahun 2016 mengusung tema “Kerja Nyata dengan Data”. Tema ini mempertegas semangat Pemerintah dan seluruh bangsa Indonesia untuk benar-benar bekerja secara nyata, seperti yang tercermin dari tema peringatan HUT ke-71 kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2016 yang lalu, “Indonesia Kerja Nyata”. Dalam sambutannya, Suhariyanto mengajak seluruh pegawai BPS untuk bersama-sama mendukung penuh proses transformasi yang sedang berlangsung di BPS. “Kerja Nyata dengan Data” merupakan upaya memotivasi pegawai BPS untuk mewujudkan One Data, sesuai permintaan Bapak Presiden Joko Widodo. Pewujudan One Data, juga sekaligus menjadikan BPS sebagai pusat rujukan data statistik di Indonesia.

 “Saatnya kita melakukan refleksi diri. Sudah saatnya kita mengubah cara pandang kita dari producer’s view ke consumer’s view. Dengarlah suara pengguna data” jelas Suhariyanto. Lebih lanjut Suhariyanto juga meminta seluruh pegawai BPS berkontribusi, dengan bekerja semaksimal mungkin sesuai tugas dan fungsi masing-masing, mematuhi SOP yang berlaku serta membangun komunikasi dan kerja sama yang harmonis antar individu dan unit kerja.

Usai apel HSN, pegawai berbaur dengan pimpinan menyantap hidangan yang telah disediakan. Diiringi dengan live music dari pegawai untuk pegawai BPS. Ibu-ibu struktural, pegawai, serta Kepala BPS juga turut menyumbangkan lagu untuk memeriahkan HSN. Meski dalam suasana sederhana, namun peringatan HSN kali ini diharapkan mampu menyatukan irama untuk bersama-sama mewujudkan One Data. Semua siap berubah untuk  BPS yang lebih baik. Salam HSN 2016.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik