Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Menuju Statistik Sektoral Berkualitas

Menuju Statistik Sektoral Berkualitas

25 Juni 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta – Dalam rangka melakukan pembinaan statistik sektoral, pada Kamis (18/6), Direktorat Diseminasi Statistik melaksanakan webinar yang dihadiri kurang lebih 200 wali data dari kementerian/lembaga. Yang dimaksud dengan statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tugas pokok kementerian/lembaga itu. Dalam penyelenggaraannya, kegiatan statistik sektoral dapat dilakukan secara mandiri oleh kementerian/lembaga tersebut atau bersama-sama dengan BPS.

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik, Imam Machdi mengatakan bahwa seluruh kegiatan statistik yang dilakukan baik itu oleh BPS ataupun oleh kementerian/lembaga muaranya adalah untuk mewujudkan Sistem Statistik Nasional (SSN) yang andal, efektif dan efesien. Iman juga menekankan agar seluruh survei yang dilakukan oleh kementerian/lembaga wajib memberitahukan kepada BPS kemudian mengikuti rekomendasi yang diberikan BPS dan hasilnya diserahkan kepada BPS, hal ini sesuai dengan PP No.51 Tahun 1999.

Direktur Diseminasi Statistik, Pudji Ismartini, sebagai narasumber dalam webinar ini menjelaskan bahwa tujuan dari rekomendasi adalah BPS memberikan saran dalam penyelenggaraan statistik dan untuk menghindari duplikasi kegiatan statistik. Selain itu dengan diberikannya rekomendasi dari BPS, hasil dari statistik sektoral tersebut secara teknis dapat dipertanggungjawabkan. 

Pesyaratan agar dapat diberikan rekomendari dari BPS dijelaskan oleh Puji secara panjang lebar. Selain itu didemonstrasikan juga cara membuka aplikasi Rekomendasi Statistik Online (Romantik Online) yang dapat diakses pada pst.bps.go.id. “Pemberian rekomendasi kegiatan statistik ini merupakan salah satu bentuk pembinaan statistik sektoral yang dilakukan BPS untuk mewujudkan statistik sektoral yang berkualitas,” ujar Puji dihadapan para peserta yang mengikuti webinar ini secara antusias dilihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik