Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Pusdiklat Gelar Seminar HSN : From Good to Great

Pusdiklat Gelar Seminar HSN : From Good to Great

30 September 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta - Pandemi covid yang hingga kini masih membatasi  dalam beraktifitas, tidak menjadi penghalang bagi BPS untuk tetap menyemarakkan peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2020. Salah satu agenda untuk menggaungkan HSN dan peran Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BPS kepada masyarakat, digelar seminar dan launching Warung Kompetensi Pegawai (WARKOP). Seminar setengah hari ini disiarkan langsung dari Gedung Pusdiklat Statistik BPS secara virtual pada Senin (28/9) melalui zoom. Tema Seminar yakni “Kompetensi Dari Semua Untuk Semua, from Good to Great”.

“SDM (Sumber Daya Manusia –red) sebagai aset organisasi, dipengaruhi oleh perubahan paradigma pengelolaan SDM yang semula memandang SDM sebagai faktor produksi, bergeser pada pendekatan SDM sebagai human capital. Di Era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan digitalisasi dan otomasi, pengembangan kompetensi SDM diarahkan untuk mewujudkan SDM unggul yang memiliki karakteristik innovative, creative, ethical, and never stops learning,” jelas Sekretaris Utama BPS, Margo Yuwono ketika memberikan sambutan seminar sekaligus me- launching WARKOP.

Selanjutnya Margo juga menjelaskan WARKOP yang dikembangkan oleh Pusdiklat BPS, merupakan sebuah platform pembelajaran yang memadukan media digital dan teknologi daring yang dapat diakses oleh siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Platform ini menyediakan menu-menu pembelajaran yang berkaitan dengan kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural. Layanan WARKOP dapat diakses oleh internal dan eksternal BPS. Pemanfaatan WARKOP beragam meliputi kegiatan benchmarking, pembelajaran jarak jauh (e-learning), coaching, mentoring, maupun knowledge sharing.

Kepala Pusdiklat BPS, Eni Lestariningsih menyebutkan Pusdiklat terus mengembangkan penyelenggaraan kursus kompetensi SDM dengan inovasi yang adaptif, efisien, dan mudah diakses serta terintegrasi. WARKOP telah digunakan sebagai media pembelajaran dengan fasilitator dari berbagai praktisi dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa contoh kursus yang yang dapat diakses melalui WARKOP diantaranya public speaking,  Digital Marketing with Social Media, Pengenalan Cara Berpikir Kreatif, dan masih ada beberapa judul kursus lainnya.

Beberapa pembicara yang turut berkontribusi dalam agenda ini yakni Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN, Muhammad Taufiq; Associate Director of HCMI SEA Pacific, Albert Oktovianus; dan Chief Learning Officer BRI Corporate University, Andreas Hassim.   

Pusdiklat BPS memberi kesempatan kepada peserta yang menghadiri seminar HSN ini, untuk mengikuti berbagai pelatihan  yang menarik melalui WARKOP. Mekanisme pendaftaran diinformasikan saat seminar berlangsung. Upaya ini wujud nyata Pusdiklat BPS turut membangun SDM dan masyarakat untuk Indonesia maju.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik