Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Seminar HSN 2019 dan Kick Off Publisitas Sensus Penduduk 2020

Seminar HSN 2019 dan Kick Off Publisitas Sensus Penduduk 2020

7 Oktober 2019 | Kegiatan Statistik


Sebagai acara puncak dalam rangkaian Peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2019, BPS menggelar Talkshow Hari Statistik Nasional bertema “Menuju Indonesia Maju dengan SDM dan Data Berkualitas” yang digandeng dengan acara Kick Off Publisitas Sensus Penduduk 2020, (26/9).

Dengan mengambil konsep budaya Kalimantan Timur, aula Lantai 10 BPS disulap dengan nuansa ala Dayak beserta infografis data kependudukan setiap provinsi di tiap jendelanya. “BPS seperti mengingatkan kita kembali, kalau ibu kota kita mau pindah ke Kalimantan Timur, kita harapkan kualitas SDM kita sudah siap,” sapa Brigita Manohara, moderator talkshow.

Sebelum talkshow, Kick Off Publisitas SP2020 dilakukan ditandai dengan tiupan sumpit (senjata tiup khas Dayak) dari Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto. Ini menandakan mulai dari momen Hari Statistik Nasional 2019 ini, sosialisasi SP2020 akan masif dilakukan se-Indonesia. “Kita berprinsip sensus penduduk milik bersama, dan setiap jiwa sangat berarti,” menurut Kecuk.

Acara bincang-bincang dibuka oleh paparan Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Margo Yuwono. “Apa yang dilakukan untuk mencapai SDM unggul? Pembangunan manusia sejak dini, sehingga penyerapan dunia kerja menjadi baik, sekaligus mempersiapkan SDM menuju lansia yang aktif dan mandiri,” ungkapnya. Selain Margo, talkshow juga menghadirikan pakar ekonomi, Faisal Basri; D Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan, Sonny Harry Harmadi; dan publik figur, Tasya Kamila.

“Kalau kita ngomongin SDM Indonesia, pendidikan kita kurang di critical thinking, kita terbiasa dengan dikte. Aku pingin suatu saat nanti anak-anak muda dapat dimasukan di kementerian/lembaga untuk ikut juga dalam pengambilan kebijakan,” harap Tasya. Untuk itu sangat penting bagi generasi muda untuk melek data. Dan literasi data ini yang juga diterapkan oleh Sonny di jajaran kementeriannya. “Untuk mengambil keputasan yang akan diambil oleh menteri atau presiden, itu kan harus didasarkan data. Itu yang saya coba untuk mengajak teman-teman di kementerian agar melek kepada data, menjadikan data sebaai bahan pengambil keputusan. Kritis boleh, tapi asal berdasarkan data,” ungkapnya.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik