Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

HSN 2020, Momentum Transformasi BPS

HSN 2020, Momentum Transformasi BPS

26 September 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta - COVID-19 menuntut kita untuk melakukan perubahan. Ini momentum transformasi BPS. Hal tersebut disampaikan Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto saat menyampaikan sambutan di peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2020 yang dilangsungkan secara virtual, Sabtu (26/09), di gedung 1 lantai 10, BPS.  “COVID-19 menuntut kita untuk menjadi organisasi yang selalu adaptif dan lincah dalam menyikapi perubahan dengan skala besar dan secepat ini. Transformasi yang dilakukan harus menyentuh esensi,” ucap Kecuk.

Sebagai rangkaian kegiatan peringatan HSN tahun 2020, dilakukan webinar yang dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama bertema Refleksi Pembangunan Sistem Statistik Nasional. Sesi yang dimoderatori oleh Adi Lumaksono (plt Deputi Bidang Statistik Sosial BPS) ini, melakukan perbincangan dengan Kepala BPS Kecuk Suhariyanto dan beberapa Kepala BPS periode sebelumnya (Sugito Suwito, Soedarti Surbakti, dan Suryamin).

Berbagai pandangan dari Kepala BPS periode sebelumnya mengenai Sistem Statistik Basional saat ini, menjadikan refleksi yang sangat baik untuk transformasi BPS. Di antaranya mengenai penyebarluasan informasi statistik, status instansi BPS yang vertikal, bagaimana menjaga kualitas data karena itu merupakan kekuatan BPS, serta komunikasi yang tidak kalah pentingnya untuk terus dibangun dengan baik. “Berbagai dukungan dari Kementerian/Lembaga, Pemda, dan Diskominfo sekarang ini adalah modal besar bagi BPS,” tambah Kecuk.

Selanjutnya pada sesi kedua, webinar bertema Menuju BPS Berkelas Dunia menampilkan narasumber dari berbagai akademisi dan praktisi statistika di Indonesia. Margo Yuwono, Sestama BPS memulainya dengan memberikan sambutan. “Momen ini (pandemi COVID-19, red) adalah upaya percepatan perubahan BPS. Kita harus mampu menjadi bagian dalam upaya proses transformasi BPS,” jelas Margo.

Beragam pandangan mengenai statistik secara umum dan BPS secara khusus disampaikan para akademisi dan praktisi statistika. Antusiasme peserta webinar pun sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada para narasumber.

Literasi data, mikro data, data digital dan komunikasi menjadi hal yang disoroti pada webinar sesi kedua. Untuk menuju BPS berkelas dunia, tentunya banyak hal yang harus ditransformasi. Berbagai pemikiran tajam dari para narasumber tentunya diharapkan mampu menjadi masukan untuk BPS agar ke depannya menjadi lebih baik.

Rekaman Peringatan HSN 2020 di BPS, dapat disaksikan pada tautan youtube berikut ini
s.bps.go.id/HSN2020
 


#HSN2020
#HariStatistikNasional
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik