Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

FMB9: SP2020 Satu Data Indonesia

FMB9: SP2020 Satu Data Indonesia

14 Februari 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta - “Butuh kesadaran penuh dari masyarakat untuk mau sensus secara mandiri. Sejauh mana pemerintah dapat menjaga keamanan data?”, tanya Adjat Wiratma, Moderator Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) kepada peserta yang banyaknya hadir dari ranah media. FMB9 kali ini mengangkat tema “SP2020 Satu Data Indonesia”, digelar di Gedung Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, (13/2).

FMB9 sendiri merupakan forum resmi pemerintah dalam menyampaikan informasi strategis, kebijakan lintas sektoral, dan klarifikasi isu yang berkembang di masyarakat. Sekretaris Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, I Gede Suratha memulai dengan memberi apresiasi tinggi kepada BPS yang memberi kepercayaan pada data kependudukan sebagai data dasar yang digunakan dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020). “Kami tunjukkan komitmen itu dengan menyerahkan data kependudukan tanggal 25 November tahun lalu. Hampir 266 juta yang sudah diserahkan ke BPS,” akunya.

BPS sendiri yang kali itu diwakili oleh Deputi Bidang Statistik Sosial, Margo Yuwono, menjelaskan manfaat sensus yang selain dapat mengetahui jumlah, karakteristik, distribusi, dan komposisi penduduk juga dapat digunakan sebagai proyeksi penduduk yang selama ini dilakukan BPS dengan Bappenas. “Semua aspek perencanaan itu informasi utamanya dari data kependudukan. Kalau data penduduknya tidak baik, maka semua aspek perencanaan menjadi kurang optimal,” sebut Margo.

Dari sisi perencanaan, Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Pungky Sumadi dari Bappenas menuturkan kebutuhan akan satu data kependudukan. “Ini terobosan luar biasa besar (SP2020, red). Kita sudah mendeteksi lebih dari 15 tahun lalu akan kebutuhan satu data. Yang menarik adalah ketika data itu sudah jadi dan dikembalikan ke Dukcapil, bagaimana kita gunakan data sensus untuk perencanaan ke depan,” ujar Pungky.

Sebagai statement pendukung pelaksanaan SP2020, I Gede Suratha juga menginfokan bahwa akan ada surat edaran dari Kemendagri. “Saat penyerahan data, seluruh Dukcapil di 514 kabupaten/kota se-Indonesia ditambah 34 Dukcapil Provinsi menyatakan dukungannya kepada BPS dalam SP2020,” ujarnya mantap. Margo pun menambahkan pesannya untuk para awak media, “Kunci suksesnya SP2020 adalah partisipasi dari masyarakat. Hayuk, bareng-bareng kita suarakan ke negara ini bahwa setiap informasi ini penting,” tutupnya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik