Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Jembrana Berkomitmen Wujudkan Satu Data Indonesia

Jembrana Berkomitmen Wujudkan Satu Data Indonesia

31 Januari 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta - Satu Data Indonesia (SDI) adalah program pemerintah yang bertujuan untuk menggapai mimpi bangsa Indonesia agar berdaulat dalam data. Dengan satu data juga banyak sekali manfaat untuk Indonesia salah satunya membantu dalam hal merencanakan pembangunan yang tepat sasaran. Presiden Joko Widodo telah membuat Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Satu Data menjadi hal yang harus dicapai agar data menjadi terpadu untuk kepentingan negara ini.

Sebagai implementasi untuk mewujudkan SDI, Pemerintah Daerah Kabupaten Jembrana, melakukan kunjungan kerja ke Badan Pusat Statistik Jakarta, Jum'at (28/01/2022). Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, dan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jembrana.

Paparan bertajuk "Jembrana Satu Data dari Desa", Nengah memaparkan secara lugas mengenai programnya yaitu "The Golden Year of Jembrana 2026". Ada beberapa fokus dalam program tersebut di antaranya berkaitan dengan penataan pelabuhan Gilimanuk, tol Gilimanuk-Denpasar, dan penataan berbagai kawasan wisata seperti adanya sirkuit all in one, Rumah Tenun, Kawasan TIKTOK, dan Paramount KBS. "Tentu semua ini diharapkan berbasis dengan data," ucapnya.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala BPS, Margo Yuwono beserta para deputinya. Margo menyambut baik kedatangan Bupati Jembrana. Ia menjelaskan bahwa data itu memang penting. Ibaratnya data itu seperti kompas, menjadi arah dalam perjalanan mencapai tujuan. BPS akan mendukung full team dalam hal mewujudkan Satu Data Indonesia di Jembrana ini. Margo mengapresiasi atas inisiatif Satu Data Desa Kabupaten Jembrana untuk dijadikan prototipe nasional dalam laboratorium pembinaan statistik tingkat desa.

Di akhir diskusi, Margo memberikan pesan kepada rombongan dari Jembrana bahwa selain mewujudkan SDI, yang tak kalah penting adalah kita harus bisa membaca data. Dengan memahami data secara benar, maka akan diperoleh kebijakan yang akurat. ( #HumasNews/RAF)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik