Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Laporan Keuangan BPS: Akurat, Berkesinambungan, dan Akuntabel

Laporan Keuangan BPS: Akurat, Berkesinambungan, dan Akuntabel

17 Oktober 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Surabaya – Tepat di jantung ibu kota Provinsi Jawa Timur, sebanyak 115 peserta hadir dari BPS Provinsi seluruh Indonesia dalam rangka Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan BPS 2019 (15/10). Kegiatan rekonsiliasi ini diselenggarakan dalam rangka menyeragamkan pemahaman dan konsep baik di level satker maupun instansi. Darusman, Kepala Bagian Akuntansi BPS sebagai ketua penyelenggara kegiatan melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh para operator SAIBA dan operator SIMAK-BMN dari setiap satker BPS Provinsi.

“Pada prinsipnya laporan keuangan harus akurat, berkesinambungan dan akuntabel,” tegas Hanif Yahya, Kepala Biro Keuangan ketika menyampaikan arahan dari Sekretaris Utama yang berhalangan hadir dalam kegiatan tersebut. “Kita harus pahami aturannya, awasi pelaksanaannya, dan berikan perhatian lebih,” lanjutnya. Hanif juga menyinggung kegiatan SP2020 mendatang, yang dari sisi administrasi, terutama pengadaan-pengadaan barang harus dikawal dengan baik.

Rekonsiliasi yang dilaksanakan selama tiga hari efektif ini juga dihadiri oleh Kepala Biro Umum BPS, Badar; Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Teguh Pramono; serta narasumber dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara (DJPB).

Ferdinan Haulian Marpaung dari DJKN menyampaikan materi terkait laporan dan pengelolaan BMN, sementara Rahmat Mulyono dan Hesti Pratiwi dari DJPB menyampaikan materi terkait current issue pelaporan keuangan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik