Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Bimtek SAIBA dan SIMAK-BMN 2018: Menuju Akuntabel

Bimtek SAIBA dan SIMAK-BMN 2018: Menuju Akuntabel

15 Oktober 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Yogya - “Sebagaimana kita ketahui, beberapa waktu lalu laporan keuangan BPS tahun 2017 memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP, red) menurut hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK. Hasil ini menjadi modal kita untuk mengajukan usulan kenaikan TK (Tunjangan Kinerja, red). Upaya ini sudah berjalan cukup lama dan prosesnya mendekati akhir," ujar Sekretaris Utama BPS, Adi Lumaksono ketika membuka acara Bimtek Sistem Akuntansi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA) dan Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN) tahun 2018, (8/10) di Hotel Alana Yogyakarta.

Acara pembukaan dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi DI Yogyakarta, J.B Priyono dan 116 peserta yang merupakan operator SAIBA dan SIMAK-BMN dari BPS, BPS provinsi, Pusdiklat BPS, dan Politeknik Statistika STIS. Sedangkan narasumber khusus didatangkan dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan RI.

Lebih jauh Adi berharap bahwa misi mempertahankan opini WTP tidak hanya sebatas ucapan saja, tapi menjadi suatu strategi kita bersama. Atas dasar itulah maka kegiatan ini kita selenggarakan sebagai salah satu ikhtiar untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas laporan keuangan BPS.

Selain upaya mempertahankan opini WTP, dalam laporannya, Kepala Biro Keuangan BPS Herum Fajarwati juga menjelaskan beberapa maksud kegiatan ini. Diantaranya adalah untuk mendapatkan keseragaman pemahaman mengenai konsep dan implementasi penyusunan laporan keuangan dan pengelolaan BMN BPS di tingkat satuan kerja, wilayah, dan instansi; melakukan kesesuaian antara data aset pada laporan neraca (SAIBA) dan laporan posisi BMN di neraca (SIMAK-BMN); dan mengevaluasi pelaporan keuangan periode semester I tahun 2018.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik