Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Wisuda STIS Program D IV Angkatan XX

Wisuda STIS Program D IV Angkatan XX

9 Oktober 2017 | Kegiatan Statistik Lainnya


Waktu baru menunjukan pukul 07.00 WIB, namun ratusan mahasiswa berpakaian toga hitam serta selendang yang melingkari leher bergaris putih dan biru telah duduk rapi di kursinya masing-masing, ditengah ruangan sebuah auditorium. Hari itu, bertempat di Auditorium Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Sabtu 7 Oktober 2017 pukul 08.00 WIB, Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) kembali melaksanakan wisuda yang ke 55 bagi mahasiswa lulusan program Diploma IV Angkatan XX, dan mereka adalah para peserta wisuda tersebut.

Dari sebanyak 459 mahasiwa tingkat IV berstatus Ikatan Dinas, 452 orang dinyatakan lulus dan akan diwisuda pada hari itu, 1 orang dinyatakan gagal dan 6 orang harus mengulang di tingkat IV. Sedangkan dari 452 Mahasiswa yang diwisuda tersebut, 180 orang dari jurusan Statistika dengan peminatan Statistik Sosial dan Kependudukan, 210 orang dari jurusan Statistika dengan peminatan Statistik Ekonomi, dan 62 orang dari jurusan Komputasi Statistik, dengan rata2 IPK sebesar 3.24. 

Berikut adalah nama nama 3 (tiga) wisudawan lulusan terbaik dari masing-masing jurusan

Jurusan Statistika Peminatan Statistik Sosial dan Kependudukan:
1.    NI WAYAN HARI WINTARI (IPK 3,74)
2.     FENANDA DWITHA KURNIASARI (IPK 3,73)
3.     FRESHY WINDY ROSMALA DEWI (IPK 3,72)

Jurusan Statistika Peminatan Statistik Ekonomi:
1.    NI PUTU RIDHA OCTAVIANI (IPK 3,88)
2.    AGUNG SETYO WIBOWO (IPK 3,81)
3.     KADEK ARI PRATIWI KASUMA (IPK 3,79)

Jurusan Komputasi Statistik:
1.    MUHAMAD TOHIR (IPK 3,68)
2.    BAMBANG DWI PUTRA NUGRAHA (IPK 3,63)
3.    SRI ATIKAH (IPK 3,60)

Berdasarkan nilai  Indeks  Prestasi Karakter Mahasiswa (IPKM), yaitu suatu indeks yang dinilai berdasarkan aspek mental kepribadian, kepemimpinan serta prestasi mahasiswa dalam mengharumkan nama STIS di luar kampus, mahasiswa dengan IPKM terbaik adalah: DEWA KOMANG ADI SURYADINATA (IPKM 3,25) dari Jurusan Statistika Peminatan Statistik Ekonomi.

Dalam sambutannya, ketua STIS, Hamonangan Ritonga, mengatakan bahwa setelah wisuda ini, bukan berarti proses belajar wisudawan sudah selesai, karena ada proses belajar selanjutnya yaitu pada saat menunaikan tugas di kantor-kantor BPS nantinya, yaitu bagaimana mengaplikasikan ilmu yang sudah diperoleh ke dalam bidang pekerjaan masing-masing. "Bertindaklah dengan professional, berintegritas dan amanah sesuai dengan nilai-nilai inti yang telah dibangun di BPS dan di STIS dan jagalah selalu nama baik almamater kita Sekolah Tinggi Ilmu Statistik”, demikian pesan Hamonangan.

Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam sambutannya mengatakan bahwa ditengah meningkatnya kebutuhan pengguna data  dan kepercayaan pemerintah atas data yang dihasilkan BPS, kritikan terhadap kualitas data yang dikumpulkan dan disajikan BPS menjadi tantangan tersendiri. Untuk mendapatkan data BPS yang valid dan berkualitas harus dimulai dari kualitas proses pendidikan di STIS. "Harapan saya dengan bertambahnya 452 orang sarjana statitika terapan sebagai personil inti BPS, kedepan kita akan lebih mampu lagi untuk mengumpulkan dan menyajikan data statistik yang lebih berkualitas guna menjawab segala tantangan dan kritik tersebut" ujar beliau. Kecuk juga berpesan agar lulusan STIS ini dapat bersikap proposional, jangan egois, dan eksklusif sebagai lulusan STIS.

Acara ini juga mendapat kehormatan dengan hadirnya Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya yang juga menyampaikan pidato ilmiahnya. Dalam kesempatan itu pula Kementerian Pariwisata dan Badan Pusat Statistik telah melakukan Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyediaan, Pemanfaatan, serta Pengembangan Data dan Informasi Statistik Pariwisata.

Semoga lulusan STIS angkatan XX ini dapat bekerja dan berkarya dengan baik dan produktif, untuk hari depan perstatistikan yang lebih baik.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik