Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Hari Statistik Nasional 2017, Kerja Bersama Dengan Data

Hari Statistik Nasional 2017, Kerja Bersama Dengan Data

27 September 2017 | Kegiatan Statistik Lainnya


Hari ini, 26 September 2017, secara nasional diperingati sebagai Hari Statistik Nasional (HSN) 2017. HSN 2017 mengambil tema “Kerja Bersama dengan Data”. Tema ini merupakan seruan bagi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama, membangun Indonesia, dengan mengacu kepada statistik sebagai landasannya.

Menilik ke masa lalu, penetapan HSN berawal dari diundangkannya Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik sebagai pengganti Statistiek Ordonnantie 1934 pada tanggal 26 September 1960 sebagai upaya pemenuhan kebutuhan bagi penyusunan perencanaan Pembangunan Semesta Berencana. UU tersebut secara rinci mengatur penyelenggaraan statistik dan organisasi Biro Pusat Statistik. 

Selanjutnya, Presiden RI pada Agustus 1996 menetapkan tanggal diundangkannya UU Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik tersebut sebagai ”Hari Statistik Nasional”. Alasannya, bahwa kelahiran Undang-Undang tersebut merupakan titik awal perjalanan BPS dalam mengisi kemerdekaan di bidang statistik yang selama ini diatur berdasarkan sistem perundang-undangan kolonial. Kemudian, Pemerintah RI menetapkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 6 dan 7 Tahun 1960.

Dalam peringatan HSN 2017 ini, Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga penyedia data statistik di Indonesia hari ini menggelar apel peringatan HSN 2017 serentak di seluruh Indonesia. Setelah apel peringatan HSN 2017 yang digelar di halaman depan Gedung BPS pagi ini, BPS mengadakan Seminar Nasional HSN 2017 bertajuk “Merancang Format Masa Depan Pengumpulan Data Statistik dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi”. Seminar menghadirkan narasumber dari berbagai kalangan yaitu Moh. Ari Nugraha (Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik BPS), Franciscus Welirang (Direktur PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk), Henri Subiakto (Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika RI), dan Suyoto (Bupati Bojonegoro). Acara yang dimoderatori oleh Yohana Margaretha dari Metro TV ini dihadiri oleh perwakilan kementerian/lembaga, akademisi, asosiasi/pengusaha, dan media massa. 

Seiring meningkatnya kepercayaan para pengguna data, BPS menghadapi banyak tantangan, yaitu peningkatan ragam dan kualitas data yang harus disediakan, perkembangan teknologi, serta tuntutan stakeholders untuk memperoleh data berkualitas dan mudah diakses.

Dalam sambutannya membuka seminar HSN 2017, Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto mengatakan “Data BPS memang tidak mampu menyenangkan semua pihak. BPS menyajikan data untuk menunjukkan kondisi yang sebenarnya. Bila data yang dirilis BPS tidak sesuai dengan ekspektasi, maka seharusnya itu menjadi warning untuk segera melakukan perbaikan agar tujuan pembangunan dapat tercapai.” 

Untuk menjawab tantangan-tantangan yang ada, BPS telah melakukan diantaranya : penambahan variabel baru pada Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), pelaksanaan survei baru seperti Survei Kualitas Air (untuk menyajikan indikator capaian goal 6 SGDs), Survei Pengalaman Hidup Perempuan Nasional (untuk menyajikan indikator capaian goal 5 SDGs), uji coba penerapan Computer- Assisted Personal Interviewing (CAPI) pada berbagai survei, serta pemanfaatan Big Data yang implementasinya telah dimulai pada data pariwisata (mobile positioning data), commuter, dan uji coba persepsi konsumen. BPS juga terus berupaya mendorong majunya statistik sektoral, sebab BPS menyadari bahwa Sistem Statistik Nasional yang solid perlu dukungan semua pihak. 

Selamat Hari Statistik Nasional 2017. Semoga dengan semangat HSN 2017, kesadaran masyarakat akan pentingnya data statistik semakin terbangun. Mari kerja bersama dengan data.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik