Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Kepala Bappenas : BPS Harus Siap untuk Satu Data

Kepala Bappenas : BPS Harus Siap untuk Satu Data

4 Oktober 2016 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kebijakan satu data yang didengungkan Presiden Jokowi bukan main-main. BPS telah ditunjuk sebagai satu-satunya rujukan statistik di Indonesia. Pengakuan sudah ada, sekarang saatnya merapatkan barisan untuk mewujudkannya. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang P.S. Brodjonegoro beserta jajarannya sengaja berkunjung ke BPS untuk memberi masukan terkait satu data tersebut, (30/9). 

Bambang diterima oleh Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto beserta jajaran eselon 1 dan 2 BPS. Ia beserta rombongan sempat mengunjungi data centre dan Pelayanan Statistik Terpadu untuk mengetahui lebih jauh teknologi dan pelayanan yang diberikan BPS terhadap pengguna data. Dalam lawatannya, Bambang menyakinkan BPS harus siap menuju satu data. Kementerian/lembaga terkait harus dilibatkan dan BPS harus memperkuat metode sampling-nya. “Ketika satu data benar-benar terwujud tidak ada kementerian yang punya data. BPS harus siap menjadi penanggung jawab utama. Itu konsekuensinya,” ujar Bambang di hadapan seluruh pimpinan BPS dan Bappenas yang hadir di Gedung 3 Lantai 1 BPS. 

Dalam kesempatan itu pula, Bambang memberi masukan soal data kemiskinan, data investasi, data perumahan, data sanitasi, data air bersih, data ketenagakerjaan, serta data kualitas infrastruktur. Sementara Kecuk menjelaskan program kerja BPS ke depan dalam meningkatkan kualitas data dan pelayanan publik.(Kunti)

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik