Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

BPS, Stand Favorit di IIBF

BPS, Stand Favorit di IIBF

3 Oktober 2016 | Kegiatan Statistik Lainnya


Keikutsertaan BPS di ajang pameran sudah biasa. Berbagai penghargaan di ajang pameran pun juga sering diraih. Belum lama berselang, BPS juga terlibat di ajang Indonesia International Book Fair (IIBF), pada tanggal 28 September – 2 Oktober 2016. Pameran tersebut digelar di Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta. Pameran ini digelar oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI). Peserta pameran diantaranya penerbit nasional, dan beberapa penerbit dari mancanegara, seperti Saudi Arabia, Mesir, Turki, Vietnam, Korea, Jerman, dan Cina.

Di hari ke empat (Sabtu1/10), Kepala BPS, Suhariyanto didampingi Deputi MIS dan Direktur Diseminasi Statistik berkunjung di stand BPS. Diiringi alunan musik dari Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Suhariyanto berbincang dengan beberapa petugas pameran. Bahkan, Suhariyanto juga meladeni permintaan untuk foto bersama ataupun selfies di arena stand BPS. Kehadiran pimpinan menjadi salah satu motivasi untuk terus menyuarakan peran BPS di masyarakat. 

Kali ini, BPS dinobatkan sebagai stan Favorit. Melihat kata ‘Favorit’, yang bermakna banyak disuka, menggambarkan stand BPS banyak disukai oleh pengunjung. Tercatat ada lebih dari 1150 pengunjung stand BPS. Apa saja yang disuguhkan di stand BPS? Ajang pameran, merupakan salah satu media mendekatkan BPS kepada masyarakat, mengedukasi berbagai data yang yang diproduksi BPS.

Berbagai media, seperti buku-buku publikasi BPS, games berhadiah, foto selfie, sajian musik dari STIS, ditampilkan di stand BPS, sebagai upaya untuk menarik pengunjung. Petugas pameran dibekali informasi terkait data-data BPS dan bagaimana menjelaskan kepada pengunjung. BPS menampilkan data yang disesuaikan dengan tema pameran, “Art and Culture”, diantaranya tentang data suku bangsa hasil Sensus Penduduk 2010.

Pengunjung antusias bertanya dan diskusi tentang data-data yang diminatinya. Kesan “semua data ada di BPS’ juga nampak di beberapa pengunjung. Diantaranya menanyakan data limbah plastik, data jumlah orang yang berangkat umroh dan data sekunder lainnya. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya gagasan BPS tentang One Data, yang juga melibatkan Kementerian/Lembaga penghasil data sektoral dan data khusus.

Menjadi suatu tantangan bagi seluruh insan BPS untuk terus menyuarakan BPS, “Untuk siapa dan apa manfaat data BPS bagi masyarakat”. Perlu suatu terobosan yang terus menerus dilempar ke masyarakat untuk menginfokan tugas BPS. Selamat atas lancarnya pameran BPS di ajang IIBF, selamat berinovasi dan berkreasi demi BPS yang lebih baik.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik