Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Integrasi Data Pertanian

Integrasi Data Pertanian

10 Juni 2014 | Kegiatan Statistik


Untuk kali kedua, BPS bekerjasama dengan FAO dan UNESCAP kembali menggelar workshop terkait dengan statistic pertanian dan pedesaan. Acara bertajuk The Second National Stakeholder Workshop on Initiation of the Regional Action Plan to Improve Agriculture and Rural Statisticsyang diselenggarakan di Hotel Borobudur pada 2 Mei 2014 lalu, mengumpulkan berbagai kementerian/lembaga terkait dan asosiasi. Kesempatan ini digunakan untuk menjelaskan hasil dari studi yang telah dilakukan semenjak terselenggaranya workshop terdahulu pada Desember 2013.

Dalam paparannya, Allan Nicholls, perwakilan dari FAO dan Michael Trant, konsultan FAO menyampaikan hasil penelitian beserta berbagai temuannya di lapangan mengenai metode pengumpulan data pertanian di Indonesia. Di bawah panduan Adi Lumaksono, Deputi Bidang Statistik Produksi, sesi diskusi berjalan optimal dalam mengumpulkan informasi tambahan. Salah satu agenda dalam diskusi tersebut adalah meminta masukan dari para stakeholder mengenai jenis-jenis komoditi yang akan dikumpulkan datanya. Berbagai komoditi dari sektor pertanian, perikanan, perkebunan, kehutanan, dan peternakan yang diusulkan oleh para stakeholder tersebut harus dapat dijamin kesinambungan datanya.

Tassim Billah, Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian, sebagai salah satu stakeholder, merespon aktif dalam diskusi mendalam tersebut. Integrasi data antara kementerian sebagai penyedia statistik sektoral pertanian dengan BPS memang menjadi concern tersendiri. Tak hanya itu, berbagai rencana aksi sebagai wujud strategi global pun mulai dirumuskan. Dudy S. Sulaiman, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik, BPS juga menyambut antusias usaha pengintegrasian ini. Harapannya tentu saja, agar kualitas data pertanian pada khususnya, dan kualitas data BPS pada umumnya semakin baik
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik