Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Apresiasi Data Statistik Pertanian

Apresiasi Data Statistik Pertanian

24 Oktober 2018 | Kegiatan Statistik


Palembang - "Kalau bukan kita, siapa lagi?" seru Endang Tri Wahyuningsih, Kepala BPS Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) kepada sekitar 300 Kepala Seksi Statistik Pertanian BPS Provinsi dan Kepala Seksi Statistik Produksi BPS Kabupaten/Kota se-Jawa dan Sumatra yang hadir pada kegiatan Pemantapan Statistik Pertanian dan Program Nasional Ketahanan Pangan di Hotel The Zuri Palembang, (23/10).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari gelombang I kegiatan yang sama untuk peserta di luar Jawa dan Sumatra yang telah digelar pada 22-26 Oktober 2018 di Makassar. Kegiatan berlangsung meriah dengan persembahan Tari Tanggai dan Kesenian Dul Muluk yang ditampilkan oleh jajaran pegawai BPS Provinsi Sumsel.

Direktur Statistik Bidang Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan BPS, Hermanto mengungkapkan kebanggaannya akan data produksi yang dikumpulkan. "Saya sampaikan apresiasi bagi seluruh jajaran petugas statistik dari satuan unit terkecil. Keringat kerja keras itu akan diingat dalam pembangunan pangan nasional di masa depan," jelasnya. Hermanto sekaligus menyampaikan apresiasi tinggi Presiden RI yang diwakili Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dalam rapat terbatas yang dihadiri Kepala BPS.

Herman Deru, Gubernur Sumsel ketika membuka acara mengatakan, "Data itu harus menjadi pegangan. Menjadi kompas dan GPS untuk menentukan posisi pembangunan. Sampaikan salam saya untuk seluruh bupati dan gubernur, kalau jadi pemimpin itu jangan terlalu mendengar masukan politis dan masukan dukun," ujarnya. "Saya intruksikan kepada seluruh SKPD, buka lebar lebar data yang ada di Sumsel. Mari kita jadikan Sumsel sebagai lumbung pangan nasional seperti mimpi 11 tahun lalu," lanjut gubernur yang baru saja dilantik ini. Sembari berseloroh, ia berharap ke depan, BPS dapat menyuplai data tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan secara kontinu sehingga dapat diperbandingkan.

Pada kesempatan ini juga, BPS Provinsi Jawa Timur diberi penghargaan sebagai BPS provinsi berkinerja terbaik I untuk kegiatan statistik pertanian tahun 2018 di area Jawa dan Sumatra.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik