Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Implementation Of 2008 System Of National Account (SNA) In GDP/GRDP Compilation In Base Year 2010

Implementation Of 2008 System Of National Account (SNA) In GDP/GRDP Compilation In Base Year 2010

23 Januari 2013 | Kegiatan Statistik Lainnya


Training Gross Fixed Capital Formation(GFCF) atau yang dikenal dengan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) and Neraca Kapital yang diselenggarakan pada tanggal 14 – 18 Januari 2013 ini merupakan rangkaian kerjasama antara Badan Pusat Statistik (BPS) dan Australian Bureau of Statistics (ABS) yang tidak hanya di fokuskan pada Neraca Nasional saja namun juga terkait survei tenaga kerja, survei rumahtangga, dan manajemen training. Hal tersebut disampaikan oleh Bapak Dr. Suhariyanto, Deputi Neraca dan Analisis Statistik saat membuka acara ini yang diikuti oleh sekitar 60 (enam puluh) peserta dari Direktorat Neraca Produksi dan Direktorat Neraca Pengeluaran. 

Bantuan teknis dan Support ABS terkait Neraca Nasional meliputi kegiatan training dan workshop dalam penyusunan Supply and Use Table (SUT) dan Full Sequence of Accounts (FSA) dalam rangka implementasi SNA 2008 yang ditargetkan akan dirilis perdana pada 2014. Training tentang PMTB and Neraca kapital ini merupakan kelanjutan dari training sebelumnya yang telah diselenggarakan pada bulan November 2012 dengan materi tentang Framework SNA dan Konsep SUT. Selain untuk memenuhi rekomendasi PBB agar hasilnya dapat diperbandingkan dengan negara lain, tujuan penyusunan SUT dan FSA adalah sebagai benchmark dalam penyusunan PDB/PDRB tahun dasar 2010, Tabel Input-Output, dan Neraca-Neraca Lainnya. 

Tiga orang narasumber ABS yang datang pada awal tahun ini merupakan ahli dalam bidang neraca finansial dan neraca modal yaitu Mr. Sachin Naidu, Mr. Andrew Tomadini, dan Mr Simon Lawier. Pada awal presentasi, Mr. Sachin Naidu menyampaikan overview mengenai PMTB, Stok Kapital, dan Neraca Kapital serta agenda selama training. Presentasi teknis selanjutnya disampaikan oleh Mr. Andrew Tomadini yang berkonsentrasi di PMTB Swatsa dan Stok Kapital dan Mr. Simon Lawier yang menyampaikan tentang PMTB Publik. 

Pada tahun ini juga akan diselenggarakan training dan workshop lanjutan mengenai GDP Income dan Sistem Rekonsiliasi pada bulan April, pembahasan PMTB dan Neraca Kapital (Lanjutan) pada bulan Juni, dan pembahasan tentang Neraca Finansial dan Flow of Funds pada bulan November. Diharapkan dengan bantuan teknis dan dukungan dari ABS, tim neraca nasional dapat menyelesaikan penyusunan SUT dan FSA sesuai target yang telah ditetapkan.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik