Beranda    Berita Sensus Penduduk 2020

Data

Kick Off Sensus Penduduk September 2020

PUSAT   |   31-08-2020    961

Jakarta - Setelah berhasil mengumpulkan 51,36 juta penduduk dalam Sensus Penduduk Online 15 Februari-29 Mei lalu, rangkaian Sensus Penduduk dilanjutkan dengan pendataan lapangan di bulan September 2020. Pencanangan kesiapan BPS yang digelar dalam tajuk Kick Off Sensus Penduduk September 2020 pun digelar di Auditorium Lantai 10 BPS yang juga dapat disaksikan dalam jaringan, (31/8).

Jumlah 51,36 juta menurut Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto, sangat besar, bahkan hampir dua kali lipat penduduk Australia. “Ini bukti bahwa SP (Sensus Penduduk, red) telah menjadi milik dan bagian kehidupan masyarakat kita. Namun pekerjaan belum selesai,” ujar Kecuk saat membuka acara. Masih ada sekitar 81% lagi penduduk Indonesia yang harus dicatat keberadaannya.

Kecuk menyebutkan nantinya akan dilakukan penyesuaian terkait pelaksanaan pendataan, salah satunya dengan membuat pembagian wilayah menjadi tiga zona pendataan. Penyesuaian juga dilakukan mengingat pendataan ini dilakukan pada masa pandemi Covid-19. “Pelatihan yang biasanya dilakukan tatap muka, diganti lewat pembelajaran mandiri di TVRI dan RRI. Protokol kesehatan juga ketat dijaga. Petugas sensus harus ikut rapid test terlebih dahulu, dan ketika di lapangan menggunakan masker, face shield, sarung tangah, dan tetap menjaga physical distancing,” tambah Kecuk.

Selain diisi dengan hiburan yang dipersembahkan oleh pegawai BPS pusat secara langsung, dan BPS daerah dalam jaringan, acara Kick Off Sensus Penduduk September 2020 ini juga menampilkan dukungan terhadap SP2020 dari berbagai pihak, seperti UNFPA, Australian Bureau of Statistics, Kementerian Dalam Negeri, dan beberapa gubernur.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, yang hadir lewat pesan daringnya memberi dukungan. “Data SP2020 akan mengupdate data dukcapil. Data ini penting untuk perencanaan pembangunan, evaluasi, dan penyusunan program nasional,” dukungnya.

Di akhir acara, Kecuk dan BPS sadar betul bahwa keberhasilan SP2020 tergantung pada petugas sensus dan masyarakat. “Kami harap masyarakat menerima petugas, karena SP ini menjadi tanggung jawab kita bersama sesuai dengan porsi dan perannya masing-masing. Untuk petugas, saya pesan agar dapat melaksanakan amanah sebaik-baiknya,” tutup Kecuk.

#SP2020
#MencatatatIndonesia

Semangat Menyambut Sensus Penduduk September 2020

PUSAT   |   28-08-2020    599

“Jangan Tanyakan Apa yang Negara Berikan Kepadamu, tapi Tanyakan Apa yang Kamu Berikan Kepada Negaramu.” Kutipan di atas sepertinya menjadi sumber inspirasi Mayang, yang sehari-hari tinggal di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Mayang begitu antusias menyambut gelaran Sensus Penduduk September (SP September) yang akan berlangsung selama bulan September 2020.

“Momen itu datang pada saat euforia 17 Agustusan kemarin. Perkumpulan pemuda di sini berencana mengecat tembok di gang rumah saya. Tetiba terlintas di pikiran saya untuk mengecat tembok dengan pernak-pernik Sensus Penduduk 2020,” jelas Mayang.

Akhirnya Mayang dibantu oleh saudara laki-lakinya mulai melukis tembok dengan nuansa SP September. Selain permainan warna biru sebagai ciri khas sensus penduduk, petugas sensus pun dilukis dengan menarik. Pesan-pesan seperti terima kedatangan petugas sensus pun tak ketinggalan dituliskan.

Alhasil, setelah lukisan itu jadi, ternyata banyak warga sekitar yang antusias menanyakan kegiatan seputar SP September. Menurut Mayang, selain sebagai sarana publisitas, upaya yang dia lakukan menjadi bentuk sumbangsih untuk menyukseskan gelaran Sensus Penduduk September. Keren yah.

Kira-kira #SahabatData sudah melakukan apa saja untuk menyambut SP September yang akan berlangsung sebentar lagi?

#SP2020
#MencatatIndonesia

Perjalanan Lengkap Pencacahan Lapangan SP2020 di TVRI

PUSAT   |   26-08-2020    325

Sebentar lagi pencacahan lapangan Sensus Penduduk 2020 akan dimulai. Setiap penduduk memiliki peran untuk menyukseskan kegiatan 10 tahunan ini.

Pemahaman yang baik tentang seperti apa gambaran pencacahan lapangan SP2020 sangat diperlukan. Untuk mendapatkan penjelasan secara komprehensif, #SahabatData bisa menyaksikan tayangannya melalui stasiun televisi nasional TVRI mulai 26 - 30 Agustus 2020, pukul 16.00 - 17.00 WIB.

Terima kedatangan petugas sensus pada September 2020. Berikan jawaban dengan benar dan jujur!

#SensusPenduduk
#SP2020
#MencatatIndonesia

Publisitas SP September Harus Terorganisir dan Terstruktur

PUSAT   |   19-08-2020    37

Kamis (13/8) - Sensus Penduduk 2020 (SP2020) memasuki babak baru. Setelah melewati pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SP Online), tahapan selanjutnya adalah Sensus Penduduk September (SP September). Kegiatan yang akan dilaksanakan pada bulan September 2020 ini bakal melibatkan masyarakat secara langsung, pengurus SLS, dan petugas sensus dalam jumlah besar.

Kompleksitas pendataan dan perubahan proses bisnis di tengah situasi pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang harus dihadapi. Keberhasilan pelaksanaan SP2020 merupakan tanggung jawab bersama. “Untuk menjawab tantangan tersebut, harus dilakukan publisitas yang tepat sasaran, terstruktur, dan terorganisir untuk menyukseskan gelaran SP September,” tutur Endang Retno Sri Subiyandani, Kepala Biro Humas dan Hukum BPS dalam rapat virtual dengan BPS Provinsi/ Kabupaten/Kota mengenai strategi publisitas SP September.

Publisitas SP September ini memiliki peranan yang krusial di tengah pandemi Covid-19, yang telah ditetapkan menjadi pandemi dunia oleh organisasi kesehatan dunia yaitu WHO (World Health Organization). Indonesia pun menetapkan COVID-19 ini menjadi bencana nasional non alam.

Persektif publisitas SPS pun tak luput dibingkai dengan mengedepankan protokol kesehatan. Memang dalam pelaksanannya nanti, BPS tentu memerhatikan kesehatan dari sisi petugas sensus dan sisi responden. Oleh karena itu, petugas sensus akan dilengkapi dengan masker, face shield, hand sanitizer dan dilakukan rapid test terlebih dahulu sebelum turun ke lapangan.

“Sedangkan dari narasi yang akan digunakan, tetap mengacu pada narasi besar nasional yaitu “Mencatat Indonesia” dengan tetap memerhatikan lima pilar komunikasinya,” ucap Eko Oesman, Kepala Bagian humas BPS. Penambahan beberapa poin untuk menonjolkan pesan protokol kesehatan juga dilakukan dalam publisitas SP September.

Selain tantangan COVID-19, anggaran yang terbatas pun menjadi kendala siginifikan dalam publisitas yang akan dilakukan. BPS pusat pun sudah merancang beberapa publisitas berbayar (penayangan berbayar di media online dan media sosial, kuis dan give away, penayangan iklan di media cetak, talkshow di televisi, produksi dan penayangan media luar ruang, dan produksi konten) serta publisitas tidak berbayar (memanfaatkan media sosial BPS, pemanfaatan Whatsapp Group, koordinasi dengan Kemendagri, Bakohumas, Iprahumas, admin k/l, serta melakukan kerjasama dengan berbagai komunitas).

Pada akhirnya semua yang akan dilakukan ini akan bisa berhasil dengan adanya kolaborasi antara BPS pusat dan daerah. Semoga apa yang sudah direncanakan mampu meningkatkan partisipasi masyarakat Indonesia dalam Sensus Penduduk September yang datanya akan berguna untuk pembangunan Indonesia.

Satu Rasa, Satu Tujuan, dan Satu Pikiran untuk SP2020

PUSAT   |   19-08-2020    28

Jakarta (10/8). Pembelajaran Instruktur Nasional (Innas) SP2020 gelombang tiga dimulai secara daring melalui pembelajaran jarak jauh. Pelaksanaan pembelajaran ini merupakan pembelajaran terakhir dari pembelajaran yang telah dilaksanakan sebanyak tiga gelombang selama 4 – 11 Agustus 2020. Dengan total peserta dari gelombang satu sebanyak 409 Peserta ajar dari 19 Provinsi, gelombang dua sebanyak 423 Peserta dari 21 Provinsi, dan gelombang tiga sebanyak 415 peserta ajar dari 21 provinsi. Total instruktur yang dilibatkan sebanyak 33 instruktur dan 19 administrator pengelola platform e-learning.

Tujuan pembelajaran Innas adalah untuk menyampaikan materi tata Kelola baru SP2020 serta menghasilkan instruktur nasional yang kompeten untuk selanjutnya mengajar koseka. Pembelajaran Koseka dilaksanakan secara e-learning (untuk Wilayah DOPU dan Non-DOPU) dan secara tatap muka (untuk wilayah zona wawancara) pada tanggal 12-19 Agustus 2020.

Tanggungjawab petugas yang semakin berat serta kewajiban BPS untuk meminimalisir nonsampling error menuntut pentingnya strategi pelatihan yang berkualitas. Hal tersebut disampaikan pada Laporan Pelatihan Innas SP2020 oleh Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Nurma Midayanti. Nurma sekaligus menyampaikan evaluasi pembelajaran Innas SP2020 yang telah dilakukan pada gelombang 1 dan gelombang 2. “Instruktur Nasional (Innas) adalah kunci penyambung informasi bisnis proses yang baru yang saat ini diaplikasikan oleh BPS hingga ke tingkat terkecil yakni Koseka yang akan bertugas di lapangan,” ujar Nurma.

Perubahan pada input, utamanya input eksternal, pada pelaksanaan Sensus Penduduk berdampak pada penyesuaian output yang dihasilkan.  Data penduduk berdasarkan jenis kelamin secara De Facto dan De Jure menjadi target utama pada SP2020. Selain itu, SP2020 juga ditargetkan menghasilkan cakupan kepemilikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) seluruh penduduk di Indonesia.

"Setelah melakukan evaluasi dalam pelatihan dan penyesuaian bahan ajar, penting bagi Kepala BPS Provinsi untuk menegakkan penerapan protokol kesehatan dengan disiplin untuk pegawai BPS dan Petugas SP2020," ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto dalam sambutannya yang disampaikan secara interaktif.

Kecuk sekaligus memanfaatkan kesempatan memberi sambutan untuk menyampaikan peran BPS dalam adaptasi kebiasaan masyarakat di era new normal. Selain itu, beliau berpesan pada seluruh peserta untuk mengikuti pembelajaran dengan sebaik-baiknya.

Dukungan DPRD Provinsi Jawa Timur pada pelaksanaan SP2020 Online

PROVINSI JAWA TIMUR   |   27-03-2020    5191

Kamis(27/2) Kusnadi, SH.M.Hum, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur menerima Dadang Hardiwan, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, di ruang rapat Ketua DPRD, dalam rangka silaturahmi dan penjelasan mengenai pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020. Dalam kesempatan tersebut Pimpinan Anggota Dewan memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan SP Online. BPS akan diberi kesempatan untuk melakukan pendampingan pengisian  sensus penduduk online untuk anggota DPRD yang diharapkan akan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Sensus Penduduk 2020.#SP2020#bpsjatim#MencatatIndonesia#bps_statistics#jatimcettar

Kunjungan Deputi Bidang Statistik Sosial BPS memantau perkembangan SP2020 di Provinsi Jawa Timur

PROVINSI JAWA TIMUR   |   27-03-2020    7477

Kamis (27/2) Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Republik Indonesia, Margo Yuwono, berkunjung ke Provinsi Jawa Timur dalam rangka melihat perkembangan kegiatan Sensus Penduduk 2020 di Provinsi Jawa Timur. Dalam kunjungannya tersebut, beliau menyempatkan untuk bertemu dengan para Kasie Statistik Sosial BPS Kabupaten/Kota di Jawa Timur serta Tim Humas BPS Provinsi Jawa Timur untuk berbagi pengalaman tentang pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten/Kota serta memberikan arahan terkait pelaksanaan kegiatan besar nasional tersebut.Dalam arahan yang disampaikan, beliau menekankan pentingnya menjaga tujuan besar kegiatan Sensus Penduduk, terutama Sensus Penduduk Online, yaitu untuk mengatasi responden yang sulit tersentuh oleh Petugas Sensus. Selain itu beliau meminta kepada BPS Daerah untuk tetap fokus pada segmentasi target SP Online.#SP2020#bps_statistics#bpsjatim#MencatatIndonesia

Kejaksaan Tinggi NTT siap sukseskan Sensus Penduduk 2020.

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   23-03-2020    2788

(09/03/2020) Sebagai salah satu elemen dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kejaksaan Tinggi mempunyai peran yang kuat dalam mensukseskan program pemerintahan. Oleh karena itu Senin 09 Maret 2020 lalu, Darwis Sitorus, Kepala Badan Pusat Statistik BPS NTT menyambangi Kantor Kejaksaaan Tinggi NTT untuk bersilaturahmi sekaligus berkoordinasi terkait Sensus Penduduk Online 2020. Dalam kesempatan tersebut, Darwis didampingi oleh jajarannya menyampaikan urgensi dan manfaat dari Sensus Penduduk Online 2020 ini. Respon positif diberikan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi NTT, Phator Rohman. Beliau kemudian menginstruksikan kepada jajaran Kejaksaan Tinggi di seluruh Nusa Tenggara Timur untuk turut mensukseskan rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2020. Tidak hanya itu saja, Phator juga menginstruksikan seluruh jajaran pegawai Kejaksaan Tinggi NTT untuk turut melakukan Sensus Penduduk Online 2020.

RAPAT KOORDINASI KAMPUS SP2020 DAN PENGUKUHAN SAHABAT SENSUS UNIVERSITAS NEGERI PADANG

PROVINSI SUMATRA BARAT   |   22-03-2020    442

Dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020, @bpssumbar mengajak keterlibatan Universitas Negeri Padang, khususnya dosen dan mahasiswa jurusan statistik. Mahasiswa ini dijadikan sahabat sensus yang bertugas untuk mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020.Bertempat di Aula FMIPA UNP (10/3), dilakukan Rapat Koordinasi Kampus yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Barat dan dihadiri oleh Kepala BPS, Rektor UNP, dan tamu undangan lainnya. Disamping itu, pada waktu yang bersamaan juga dilakukan pengukuhan sahabat sensus yang nantinya akan bertugas hingga 31 Maret mendatang.Mari Bersama #MencatatIndonesia

Audiensi BPS Bersama Kapolda Bali terkait SP2020

PROVINSI BALI   |   20-03-2020    473

Denpasar (6/3/2020)- BPS Provinsi Bali melakukan audiensi bersama Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose yang didampingi Karo SDM Polda Bali Kombes Pol. Boni J.S. Sirait, S.Ik., Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Syamsi S.H di ruang tamu Kapolda Bali. Turut hadir mendampingi pimpinan dalam kegiatan tersebut Kabag Tata Usaha Dewa Suambara, Kasi Statistik Kependudukan Monday The End , Ketua Markas Koordinasi Sensus Penduduk Online Mery Linda Kesuma, Staf Humas Komang Hevi Prima Dewi. Kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho selaku ketua rombongan mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose karena sudah menerima rombongan dari BPS Provinsi Bali. Pada kesempatan tersebut, Adi juga menyampaikan bahwa saat ini Sensus Pendudukan dilaksanakan secara online yang mana diharapkan dengan sistem online ini masyarakat dapat melaksanakan Sensus Penduduk secara mandiri. Namun kadang masih ada beberapa hambatan yang ditemukan seperti kendala jaringan serta masyarakat yang tidak terlalu paham teknologi. Sensus Penduduk Online akan berakhir pada tanggal 31 Maret 2020. ”Terang Kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho. Serta untuk informasi lebih lanjut, Kepala BPS Provinsi Bali Adi Nugroho menerangkan bagaimana cara masyarakat melaksanakan sensus penduduk online ini, yaitu dengan cara mengakses tautan sensus.bps.go.id kemudian login menggunakan nomor NIK dan KK yang dilanjutkan dengan mengisi data terupdate dari anggota keluarga. Menanggapi hal tersebut, Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose mengatakan terkait sistem Sensus Penduduk Online ini, diharapkan nantinya dari BPS Provinsi Bali berkoordinasi dengan Karo SDM Polda Bali terkait dengan Sensus Penduduk khususnya untuk anggota Polda Bali. “Polda Bali sangat mendukung kegiatan tersebut , agar tetap berjalan lancar dan aman,” ujar Kapolda Bali Irjen Pol. Dr. Petrus Reinhard Golose. Diakhir acara, foto bersama dan pertukaran cinderamata.  

Rapat Koordinasi SP2020 di Kampus (Rakorpus) Universitas Tadulako

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   19-03-2020    409

Palu - "Kami Siap Mencatat Indonesia" Dengan penuh semangat seratus Mahasiswa Jurusan Statistik serta beberapa Dosen yang menjadi Pengawas pelaksanaan SP2020 dilingkungan kampus Universitas Tadulako (Untad) berteriak sebagai tanda dukungan penuh terhadap pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Hari ini merupakan hari penting untuk teman-teman calon Statistisi dari Universitas Tadulako. Hari ini mereka dikukuhkan sebagai Sahabat Sensus. Sahabat Sensus merupakan Agen BPS dalam Publisitas SP2020 sekaligus sebagai Agen Sensus Penduduk Online. Mereka merupakan tonggak terdepan dari Kaum Milenial yang siap menyukseskan Sensus Penduduk 2020. Bertempat di Aula Media Center, kegiatan ini dibuka langsung dengan penandatanganan MOU antara Kepala BPS Sulteng dengan Rektor Universitas Tadulako. Kegiatan selanjutnya adalah Pengucapan Ikrar Sahabat Sensus secara bersama-sama. Selain Kegiatan tersebut, dimasukkan juga beberapa materi terkait Publisitas SP2020 yang langsung disampaikan oleh Bapak Ibu Kepala Bagian dan Bidang di Lingkungan BPS Sulteng. Kegiatan diakhiri dengan Pengisian Bareng (Ngibar) SP2020 oleh semua Sahabat Sensus yang hadir beserta Bapak/Ibu Tenaga Pengajar. (Humas BPS Sulteng)

Deputi Bidang Sosial Gaungkan SP2020 di hadapan Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) s

PROVINSI GORONTALO   |   17-03-2020    374

Rabu (11/3) bertempat di Aula Universitas Negeri Gorontalo, Deputi Bidang Statistik Sosial, Dr. Margo Yuwono, S.Si, M.Si, gaungkan inovasi SP2020 dihadapan 500an mahasiswa dan dosen yang tergabung dalam Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) se-Indonesia. Margo hadir sebagai pemateri utama bersama Wakil Rektor I Universitas Islam Nusantara Dr. Achmad Mudrikah, M.Pd pada Seminar Nasional Matematika dengan tema optimalisasi SDM melalui matematika dalam menghadapi era Social Society 5.0. Agenda seminar tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Kongres Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika XV. Acara seminar dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Karmila Mahmud, M.A, Ph.D. Pada awal acara, Margo dan rombongan disambut dengan tarian Motombulu yang merupakan Taian penyambutan khas gorontalo. Margo dan rombongan juga diajak turut menari bersama muda-mudi yang membawakan tari saronde. Dalam materinya Margo menuturkan Indonesia masih memiliki jalan panjang dalam era digital, pasalnya penghuni digital Indonesia merupakan salah satu yang paling aktif di dunia dan memiliki ekosistem startup yang dinamis, tetapi secara keseluruhan Indonesia ketinggalan dalam meraih manfaat dari teknologi modern. Lebih lanjut Margo berbicara mengenai kaitannya terhadap tantangan SP2020 saat ini. BPS mengusung dua terobosan dalam SP2020. Pertama yaitu digunakannya data registrasi dari dukcapil sebagai basis data. kedua yaitu salah satu moda pengisian sensus yang mengikuti perkembangan teknologi yaitu melalui website sensus.bps.go.id mengajak partisipasi penduduk untuk melakukan pengisian mandiri secara daring sangat relevan dengan era society 5.0. “Inovasi yang pertama adalah digunakannya data registrasi yang ada dari dukcapil. Inovasi yang kedua dalam sensus adalah untuk menjawab tantangan dan perkembangan teknologi yang ada, adalah moda pengumpulan datanya salah satunya dilakukan dengan menggunakan web yaitu dengan Sensus Penduduk Online. Jadi kalau berbicara society 5.0 relevan dengan sensus kita. adalah Bagaimana memberikan kemudahan bagi penduduk untuk berpartisipasi aktif dalam sensus” Usai sesi diskusi panel, BPS Provinsi Gorontalo berkesempatan untuk mensosialisasikan SP2020 melalui kuis yang dipandu oleh tim BPS Provinsi Gorontalo. Mahasiswa yang berhasil menjawab pertanyaan seputar SP2020 berhak mendapat hadiah yang disediakan. Tak hanya itu, mereka yang telah berpartisipasi pada SP Online atau mensosialisasikan SP2020 melalui akun media sosial juga berkesempatan mendapat hadiah. [diah]

Rapat Koordinasi Provinsi Pelaksanaan SP2020

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR   |   16-03-2020    840

16 Maret 2020, bertempat di ruang rapat Tepian 1 lantai 2 Kantor Gubernur Kaltim BPS menyelenggarakan Rapat Koordinasi Provinsi Sensus Penduduk 2020 yang dibuka oleh Pelaksana Tugas Sekprov Kalimantan Timur, HM Sa'bani. Dalam pembukaannya, sabani mengatakan bahwa "Suksesnya Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020(SP2020) harus mendapat dukungan dari kepala perangkat daerah, dan juga dari seluruh perwakilan Kementrian/Lembaga, Perusda, BUMN/BUMD dan seluruh pemangku kepentingan" . Pada tahun ini pelaksanaan Sensus Penduduk juga terdapat sensus secara Online yang akan berakhir pada akhir Maret ini. Untuk itu diminta kepada jajaran perangkat daerah Pemprov kaltim untuk memberitahu ke stafnya agar dapat melaksanakan sensus penduduk online di link sensus.bps.go.id ujar Sa'bani.Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan dukungan Pelaksanaan SP2020 bersama sama dengan seluruh OPD yang secara simbolis dilakukan oleh perwakilan BKKBN, Biro Pemerintahan, dan Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak yang di saksikan oleh Plt sekprov Kaltim dan Kepala BPS Provinsi Kalimantan Timur.

Pencanangan Sensus Penduduk 2020 oleh Presiden

PROVINSI SULAWESI SELATAN   |   12-03-2020    415

JAKARTA - Presiden Joko Widodo mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Pernyataan tersebut disampaikan dengan jelas dalam kegiatan Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/01). "Saya memerintahkan seluruh Kementerian/Lembaga, termasuk pemerintah daerah, untuk memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan Sensus Penduduk," ungkap Presiden. Dalam kesempatan tersebut, kembali diperdengarkan _theme song_ SP2020 berjudul _'Mencatat Indonesia'_ karya musisi tanah air, Eross Candra. "Ada yang bisa menyanyikan ulang lagu tadi? Kalo betul saya kasih sepeda nanti," canda orang nomor satu di Indonesia tersebut. Presiden turut menyatakan bahwa data yang valid dan akurat merupakan kunci agar kebijakan dapat berjalan tepat sasaran. Untuk menyukseskan SP2020 yang akan menghasilkan data dasar kependudukan, Kecuk Suhariyanto, Kepala BPS menyebutkan dalam laporannya, "Salah satu faktor kunci suksesnya SP2020 adalah partisipasi masyarakat." Untuk diketahui, partisipasi pada SP2020 dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu melalui Sensus Penduduk _Online_ dengan mengakses sensus.bps.go.id mulai 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Atau terima kedatangan petugas sensus, 1 hingga 31 Juli 2020. Turut hadir pada pencanganan tersebut kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dan Sekretaris Kabinet Indonesia, Pramono Anung.

Mitigasi Resiko Sensus Penduduk 2020 BPS Provinsi Sulawesi Utara

PROVINSI SULAWESI UTARA   |   10-03-2020    1471

Selasa (3/10) Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan kegiatan Workshop Manajemen Resiko (MR) SP2020 di Swiss-belhotel Maleosan Manado. Acara ini dibuka oleh Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara, Ateng Hartono dan dilaksanakan bersamaan dengan pembukaan kegiatan Pelatihan Pengolahan SUSENAS. Workshop MR ini diikuti oleh Person In-Charge (PIC) MR masing-masing BPS Kabupaten/Kota dan Provinsi. Dalam sambutannya, Ateng memaparkan pentingnya kegiatan Manajemen Resiko dalam menghadapi kegiatan besar Sensus Penduduk 2020. Ateng juga menekankan pentingnya insan BPS menguasai bahasa asing demi meningkatkan daya saing di tingkat Internasional.“Suatu instansi tanpa perencanaan manajemen resiko akan mengindikasikan ketidakpatuhan terhadap Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP),” ujar Moh. Samsodin, MPIC MR BPS Provinsi Sulawesi Utara, yang membawakan materi Workshop MR bersama Lutfi Alfia, operator MR BPS Provinsi Sulawesi Utara. “Setiap instansi wajib menyusun MR agar seluruh kegiatannya terkelola dengan baik,” tambah Lutfi. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari efektif dan output dari kegiatan ini diharapkan dapat terbentuk poin-poin resiko dan analisis baik dari BPS Provinsi maupun Kabupaten/Kota sehingga dapat diinput pada Sistem Informasi Manajemen Resiko (SIMR).

“Bersama Sahabat Sensus, Pasti Bisa! Sensus Penduduk 2020 : Peranmu Menentukan Nasib Indonesia di Er

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   06-03-2020    523

“Bersama Sahabat Sensus, Pasti Bisa! Sensus Penduduk 2020 : Peranmu Menentukan Nasib Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0”Tema utuh dari Rapat Koordinasi Kampus (Rakorpus) Universitas Tanjungpura pada Kamis (05/03/2020) pukul 08.00 tadi sukses dilakukan bersama dengan 252 orang yang terdiri atas mahasiswa dan dosen Untan. Rangkaian acara yang diawali dengan Keynote Speaker dari Kepala BPS Prov Kalimantan yang diwakili oleh Kasubag Tata Usaha, Bapak Akhmad Fikri, SST. Selanjutnya dilanjutkan dengan pembukaan acara oleh Rektor Univ Tanjungpura yang diwakili oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Bapak Dr. Achmadi, M.Si.Pre-test dan Post-test sudah sangat familiar dialami mahasiswa, oleh karenanya dalam acara ini disisipkan kuis Kahoot! untuk memacu adrenalin persaingan antarmahasiswa. Tujuan awalnya tentu untuk memperoleh hadiah, namun mahasiswa dipacu untuk mengingat kembali materi yang telah disampaikan. Seru sekali.Dan terakhir, Ngibar (Ngisi Bareng) SPO 2020. Mayoritas sudah melakukan SPO 2020 sehingga tidak terlalu sulit mendampinginya. banyak pertanyaan muncul selama melakukan SPO sebelumnya dan beruntungnya petugas BPS siap untuk memberi pencerahan.Memang betul bahwa mahasiswa adalah agen teknologi masa kini yang dapat membantu pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020 ini. Dengan semangat ini, terus bangkitkan antusiasme dalam #MencatatIndonesia bersama @bps_statistics

Kuliah Umum "SP2020 : Urgensi dan Peranannya dalam Perumusan Kebijakan Publik Di Indonesia".

PROVINSI JAWA TIMUR   |   06-03-2020    513

Rabu(4/3) Bertempat di Aula Fadjar Notonagoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Surabaya, diselenggarakan Kuliah Umum "SP2020 : Urgensi dan Peranannya dalam Perumusan Kebijakan Publik Di Indonesia".Dalam kesempatan ini, Bapak Sekretaris Utama, Adi Lumaksono, selaku pembicara, menjelaskan manfaat dan pentingnya sensus penduduk 2020.Kuliah umum yang di hadiri oleh +/- 300 orang, terdiri atas mahasiswa S1-S3 universitas airlangga dan PTN/PTS se-surabaya, akademisi PTN/PTS surabaya, OPD terkait di Pemerintahan Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten/Kota di Jawa Timur dan perwakilan BPS Provinsi Jatim dan BPS Kabupaten/Kota.#MencatatIndonesia#bps_statistics#bpsjatim

Pengisian Bersama Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Online di FMIPA Untan

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   06-03-2020    557

Pada Hari Rabu (04/03) pukul 14.30 Bertempat di Gedung FMIPA Untan, BPS dan Tim SP2020 bertandang untuk mengadakan Ngibar (Ngisi Bareng) Sensus Penduduk Online bersama dengan para Sahabat Sensus dari Kampus Universitas Tanjungpura. Ngibar diawali dengan sedikit kata sambutan dari pihak Untan maupun Mako BPS Provinsi Kalbar. Tak lupa disertai dengan penjelasan Juknis dan Peran Sahabat Sensus, sebanyak kurang lebih 100 orang mahasiswa dan 18 orang dosen antusias dalam pengisian Sensus Penduduk Online. Hal ini tampak dari sekitar 60 persennya berhasil hingga data terkirim.Seberapa pedulinya kamu terhadap bangsamu bisa dibuktikan melalui pengisian Sensus Penduduk Online hingga 31 Maret 2020.

Tim Pendampingan SP2020

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   04-03-2020    440

Selasa, 3 Maret 2020, giliran tim 4 yang dipimpin oleh Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Kalbar, Arianto, melakukan pendampingan pengisian Sensus Penduduk (SP) Online di Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Kalimantan Barat yang beralamat di jalan Jenderal Ahmad Yani No.2, Bangka Belitung Laut, Kec. Pontianak Tenggara, Kota Pontianak.Kegiatan yang dilaksanakan di ruang meeting KPwBI Provinsi Kalbar dibuka secara langsung oleh Kepala KPwBI Provinsi Kalbar, Agus Chusaini.Agus menghimbau seluruh karyawannya untuk ikut serta dalam pengisian SP Online."Sekarang cepet dan mudah ya ngisi sensus, ga sampai 10 menit" ujar Roni salah satu karyawan yang telah selesai mengisi SP Online.Sudah banyak masyarakat yang menyatakan bahwa pengisian SP Online itu mudah dan cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Hilangkan keraguanmu, yuk isi SP Online di sensus.bps.go.id!

pemasangan X Banner SP2020

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   04-03-2020    405

Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak yang kali ini dikunjungi untuk melakukan pemasangan X Banner SP2020 pada Jum'at (21/2).Harapannya dengan diletakkannya X Banner di depan pintu masuk Markas, para TNI AL dan pengunjung yang datang di Lantamal selalu diingatkan adanya Sensus Penduduk 2020.#SahabatData juga jangan sampai lupa yaa update data diri anda dalam SP Online melalui sensus.bps.go.id sebelum tanggal 31 Maret 2020.#SP2020#MencatatIndonesia#BPSKalbar

Sensus Penduduk Dimulai, BPS Provinsi Kalimantan Timur Adakan Sosialisasi SP2020 Online di UNMUL

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR   |   04-03-2020    1169

SAMARINDA – Sabtu (15/2) adalah hari pertama dimulainya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Online. Sebagai upaya memeriahkan kegiatan yang tergolong baru ini, BPS Provinsi Kalimantan Timur memulainya dengan mengadakan sosialisasi pengisian SP2020 Online untuk mahasiswa dan dosen di Fakultas MIPA, Jurusan Statistik, Universitas Mulawarman (UNMUL). Tim BPS diwakili oleh Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik, Gunadi Irianto, yang memberikan sambutan acara. Sementara, dari pihak UNMUL sambutan diberikan oleh Suyitno selaku Kajur Matematika.Dalam sambutannya, Gunadi berpesan agar mahasiswa dapat berperan dan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan SP Online ini. Setali tiga uang, Suyitno juga meminta agar mahasiswa memerhatikan materi dan ikut serta mengisi SP Online. “Jangan lupa ikut mengisi, karena ini juga peran kita sebagai orang yang mempelajari statistik. Nanti kalau memang ada yang berminat bisa mendaftar sebagai mitra BPS untuk sensus,” ujar beliau. Beliau meyakini, sebagai orang yang mempelajari statistic, sudah pasti harus membantu BPS dalam menyelenggarakan upaya perstatistikan Indonesia. Selain itu beliau juga berterima kasih karena BPS telah mengadakan sosialisasi kegiatan SP Online di UNMUL.Antusiasme mahasiswa mulai terlihat ketika tim BPS memperkenalkan senam #MencatatIndonesia. Mahasiswa ikut berdiri dan memeriahkan suasana saat lagu dan senam #MencatatIndonesia dipertunjukkan. Pada sesi pengisian SP Online, mahasiswa tampak aktif mengisi data bersama-sama di website SP Online. Meski demikian, beberapa mahasiswa mengaku masih menemui kendala teknis. Di penghujung acara, kuis yang telah disiapkan panitia membuat para mahasiswa kembali berlomba. Kepada mereka yang berhasil menjawab, diberikan bingkisan dari BPS.Kegiatan sosialisasi pengisian SP Online ini diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia dengan pose khas Sensus Penduduk 2020. Tercatat, beberapa mahasiswa sudah berhasil menyelesaikan pengisian SP Online melalui smartphone mereka. Mahasiswa UNMUL sudah melakukan pengisian SP Online, sudahkah anda berpartisipasi?

Siaran Sosialisasi SP2020 Online di TVRI

PROVINSI JAWA TIMUR   |   03-03-2020    2403

Sabtu (28/2) Bertempat di studio 3 stasiun TVRI Jawa Timur, dalam acara bertajuk "Jawa Timur Hari Ini", Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur berkesempatan mensosialisasikan Sensus Penduduk 2020.Acara ini mengulas tentang Sensus Penduduk 2020 secara detail, mulai dari metode, proses bisnis, waktu pelaksanaan hingga tata cara pengisian Sensus Penduduk Online dengan narasumber kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Dadang Hardiwan.Sensus Penduduk Online kali ini merupakan inovasi baru yang dilaksanakan oleh BPS.  diharapkan masyarakat untuk berpartisipasi aktif pada Sensus Penduduk Online. Khususnya kepada masyarakat dengan mobilitas tinggi dengan memanfaatkan teknologi informasi yang serba online seperti saat ini. Mimin yakin #sahabatdata sudah tahu dong kalau ada sensus penduduk online, bagi yang belum mengisi segera kunjungi laman sensus.bps.go.id yaa..Mari #MencatatIndonesia#bpsjatim

Dukungan DPRD Provinsi Jawa Timur pada pelaksanaan SP2020 Online

PROVINSI JAWA TIMUR   |   02-03-2020    1344

Kamis(27/2) Kusnadi, SH.M.Hum, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur menerima Dadang Hardiwan, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, di ruang rapat Ketua DPRD, dalam rangka silaturahmi dan penjelasan mengenai pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020. Dalam kesempatan tersebut Pimpinan Anggota Dewan memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan SP Online. BPS akan diberi kesempatan untuk melakukan pendampingan pengisian  sensus penduduk online untuk anggota DPRD yang diharapkan akan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Sensus Penduduk 2020.#SP2020#bpsjatim#MencatatIndonesia#bps_statistics#jatimcettar

Kunjungan Deputi Bidang Statistik Sosial BPS memantau perkembangan SP2020 di Provinsi Jawa Timur

PROVINSI JAWA TIMUR   |   02-03-2020    1668

Kamis (27/2) Deputi Bidang Statistik Sosial BPS Republik Indonesia, Margo Yuwono, berkunjung ke Provinsi Jawa Timur dalam rangka melihat perkembangan kegiatan Sensus Penduduk 2020 di Provinsi Jawa Timur. Dalam kunjungannya tersebut, beliau menyempatkan untuk bertemu dengan para Kasie Statistik Sosial BPS Kabupaten/Kota di Jawa Timur serta Tim Humas BPS Provinsi Jawa Timur untuk berbagi pengalaman tentang pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten/Kota serta memberikan arahan terkait pelaksanaan kegiatan besar nasional tersebut. Dalam arahan yang disampaikan, beliau menekankan pentingnya menjaga tujuan besar kegiatan Sensus Penduduk, terutama Sensus Penduduk Online, yaitu untuk mengatasi responden yang sulit tersentuh oleh Petugas Sensus. Selain itu beliau meminta kepada BPS Daerah untuk tetap fokus pada segmentasi target SP Online. #SP2020 #bps_statistics #bpsjatim #MencatatIndonesia

Dukungan DPRD Provinsi Jawa Timur pada pelaksanaan SP2020 Online

PROVINSI JAWA TIMUR   |   02-03-2020    1012

Kamis(27/2) Kusnadi, SH.M.Hum, Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur menerima Dadang Hardiwan, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, di ruang rapat Ketua DPRD, dalam rangka silaturahmi dan penjelasan mengenai pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020. Dalam kesempatan tersebut Pimpinan Anggota Dewan memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan SP Online. BPS akan diberi kesempatan untuk melakukan pendampingan pengisian  sensus penduduk online untuk anggota DPRD yang diharapkan akan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam Sensus Penduduk 2020.#SP2020#bpsjatim#MencatatIndonesia#bps_statistics#jatimcettar

Apel Siaga Sensus Penduduk 2020

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   01-03-2020    583

[APEL SIAGA SENSUS PENDUDUK 2020]Pagelaran sensus penduduk 2020 sudah di depan mata. Pada sabtu esok hari, 15 Februari 2020 portal pendataan mandiri sensus penduduk online telah dibuka. Sebagai tanda kesiapan menghadapi momen akbar tersebut, BPS seluruh indonesia mengadakan Apel Siaga tak terkecuali BPS Provinsi NTT..Bertempat di Halaman BPS Provinsi NTT segenap pegawai BPS Provinsi NTT mengikuti apel siaga. Pada momen tersebut dilakukan pula prosesi cap tangan pada banner sebagai simbol kesiapan BPS untuk mulai #MencatatIndonesia dalam Sensus Penduduk 2020. Jangan lupa ya #sahabatdata 15 Februari - 31 Maret 2020! Update data dirimu di sensus.bps.go.idMencatatIndonesia #sp2020.____Lebih lanjut tentang BPS NTT:📱 Facebook : BPS Provinsi NTT📸 Instagram : bps.ntt🖥 Web : ntt.bps.go.id____

Rapat Koordinasi Eselon III Sensus Penduduk 2020

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   01-03-2020    846

Sensus Penduduk (SP) Online tinggal 8 hari lagi. Bagaimana kira-kira persiapan yang sudah dilakukan BPS se-NTT??? Pagi ini, kepala BPS Provinsi NTT menggelar rapat teknis dengan semua pimpinan BPS kab/kota untuk memantau progres sosialisasi SP Online di daerah masing-masing.Wah, ternyata progres masing-masing daerah sudah sangat gesit ya. Proficiat buat kita semua.Anyway, #sahabatddata jangan lupa ikut berpartisipasi dalam SP Online tanggal 15 Februari-31 Maret 2020 dengan mengisi kuesioner secara mandiri melalui sensus.bps.go.idCaranya mudah loh, tinggal menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga. Cukup 1 orang saja, data sekeluarga sudah bisa diupdate.Apabila ada pertanyaan jangan sungkan menghubungi kami ya.. ____Lebih lanjut tentang BPS NTT:📱 Facebook : BPS Provinsi NTT📸 Instagram : bps.ntt🖥 Web : ntt.bps.go.id____

Rapat Koordinasi Kampus (Rakorpus) Sensus Penduduk 2020

PROVINSI SULAWESI UTARA   |   21-02-2020    1791

(20/02/20) BPS Provinsi Sulawesi Utara mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Kampus (Rakorpus) Sensus Penduduk 2020 yang diadakan di ruang aula lantai 2 Kantor BPS Provinsi. Acara tersebut diawali dengan dance SP2020 oleh tim dancer BPS Provinsi. Selanjutnya sambutan dari bapak Djoni Hatidja, S.Si., M.Si selaku dosen mamtematika Unsrat dan dilanjutkan sambutan oleh Bapak Ateng Hartono, SE., M.Si selaku Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara sekaligus mengukuhkan secara resmi mahasiswa/(i) dan dosen Unsrat sebagai “Sahabat Sensus” .  Paparan dan Pembekalan Sosialisasi SP2020 dijelaskan oleh Kak Bhayu Prabowo dan Kak Nurfadhila Fahmi Utami dengan tema sosialisasi Sensus Penduduk 2020: Peranmu menentukan nasib Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0 . Setelah menerima pembekalan, dilanjutkan pengisian bersama Sensus Penduduk Online 2020 yang dipandu oleh Bapak Muhammad Samsodin. Para mahasiswa dan dosen dibagi dalam beberapa group. Hal ini bertujuan agar group group tersebut nantinya yang akan menjadi agen sensus di Kampus dapat mengajak teman-temannya untuk beraprtisipasi dalam Sensus Penduduk Online 2020. Tak hanya itu, Group tersebut akan membuat group WA dengan memasukkan para kakak-kakak pendamping dari BPS Provinsi fungsinya menjembatangi jika ada problem kampus dan juga pertanyaan teknis terkait SP2020. Para mahasiswa dan dosen sangat berantusias dalam mengisi Sensus Penduduk Online 2020. Di sela-sela kegiatan berlangsung, dimeriahkan dengan kuis SP 2020 dipandu oleh kakak Ratna Sulistyowati dan kak Bregitta Lasut yang membuat acara semakin meriah. Diakhir acara, dilakukan foto bersama dan pembuatan video salam Sahabat Sensus dengan tagline “Saya Sahabat Sensus Siap Mencatat Indonesia”.

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 - Sekretaris Daerah Sulteng

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   20-02-2020    1152

Palu - Selain Gubernur dan Wakil Gubernur, Tim dari BPS Sulteng juga memberikan sosialisasi terkait Sensus Penduduk 2020 kepada Sekretaris Daerah Bapak Hidayat Lamakarate. Satu suara dengan Gubernur dan Wakil gubernur, beliau juga siap menyukseskan pelaksanaan SP2020 ini. Namun menurut beliau belum banyak masyarakat didaerah yang mengetahui cara melakukan Sensus Penduduk secara online. Untuk itu beliau siap jika dibutuhkan untuk memberikan pemahaman terkait SP2020 kepada masyarakat Sulteng. (Humas BPS Sulteng)

Sosialisasi SP2020 di Pengadilan Tinggi Jawa Timur

PROVINSI JAWA TIMUR   |   20-02-2020    1080

Rabu (19/02) Setelah mengikuti kegiatan Revitalisasi Pencanangan Zona Integritas di Pengadilan Tinggi Surabaya, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Dadang Hardiwan, diberikan kesempatan menjelaskan lebih detail perihal Sensus Penduduk online Kepada Ketua Pengadilan Negeri Surabaya, Herri Swantoro, serta mendampingi beliau untuk mengisi Sensus Penduduk Online.Tak lupa, Herri Swantoro juga menyatakan dukungannya perihal kegiatan Sensus Penduduk 2020 serta memberikan instruksi kepada jajarannya untuk ikut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online.Sudahkah anda berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online..?Yuk segera kunjungi laman sensus.bps.go.idMari #MencatatIndonesia#SP2020

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 - Wakil Gubernur Sulteng

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   20-02-2020    1561

Palu - Setelah Pengisian Sensus Penduduk Online oleh Gubernur, Tim BPS Sulteng melanjutkan sosialisasi kepada Wakil Gubernur Sulteng Bapak Rusli Dg Palabbi. Bapak Rusli sangat antusias dengan pelaksanaan SP2020 ini apalagi bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan smartphone atau komputer yang selalu digunakan masyarakat sehari-hari. "Bagaimanapun data hasil Sensus Penduduk nantinya sangat penting, Kamipun sebagai Pemerintah Provinsi tidak akan terlepas dari data yang diberikan oleh BPS untuk perencanaan wilayah kedepannya. Untuk itu mari sama-sama kita mengikuti Sensus Penduduk 2020 kali ini."Ujarnya. (Humas BPS Sulteng)

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Bersama BAMUS Adat Sulteng

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   18-02-2020    667

Palu - Setelah melakukan Sosialisasi SP2020 ke Gubernur Sulawesi Tengah, di hari yang sama, Kamis (13/2), Sosialisasi juga dilaksanakan ke Ketua Badan Musyawarah Adat Sulawesi Tengah, dr. H. Nani Djanggola beserta Pengurus Badan Musyawarah Adat Sulawesi Tengah. Dua hari menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020, TIM dari BPS Sulteng yang digawangi langsung oleh Kepala BPS Sulteng, Drs. Dumangar Hutauruk, M.Si,  terus melakukan Sosialisasi ke berbagai instansi ataupun lembaga termasuk BAMUS Sulteng yang mempunya fungsi untuk menjaga kearifan lokal dan juga merupakan mitra kerja pemerintah.Dengan intensnya pelaksanaan Sosialisasi di lingkup pemprov sulteng, besar harapan agar pencapaian untuk SP online kali ini dapat memenuhi target. (2T)

Rapat Koordinasi Pemerintah dan Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI SUMATRA BARAT   |   18-02-2020    1144

Terhitung hari ini, Sensus Penduduk Online telah berlangsung selama 4 hari. Dalam rangka menyukseskan kegiatan ini, BPS menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Pencanangan dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno di Hotel Grand Inna Padang (18/2).Pada saat yang bersamaan, Gubernur Sumatera Barat juga melakukan pengisian data pada website Sensus Penduduk Online. Selain itu, beliau juga berpesan kepada semua elemen masyarakat Sumatera Barat untuk mengisi sensus penduduk secara online.Bagaimana dengan #SahabatData? Ayo, isi data secara mandiri melalui sensus.bps.go.id sampai tanggal 31 Maret 2020.#MencatatIndonesia#bpssumbar

Siaran Sosialisasi SP2020 di Radio Sonora FM Surabaya

PROVINSI JAWA TIMUR   |   18-02-2020    1128

Ditengah guyuran hujan yang melanda Kota Surabaya, Senin, 17 Februari 2020, Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur, Dadang Hardiwan, diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat luas melalui talkshow di Radio Sonora FM.Tak lupa, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Dadang Hardiwan, memberikan informasi perihal Sensus Penduduk 2020 dimana pelaksanaannya dibagi menjadi 2 tahap yaitu sensus penduduk online mulai tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020 dengan mengunjungi laman:http://sensus.bps.go.idataupun dengan menerima kunjungan petugas pada bulan Juli 2020.

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di CFD

PROVINSI SUMATRA BARAT   |   18-02-2020    812

Kegiatan Sensus Penduduk Online berlangsung hingga 31 Maret mendatang. Upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengisi sensus secara mandiri terus dilakukan. Salah satunya melalui sosialisai.Minggu lalu, BPS Provinsi Sumatera Barat melaksanakan sosialisasi sensus penduduk 2020 di CFD sekitaran Jalan Khatib Sulaiman, Padang.Dalam kegiatan ini, pegawai BPS Provinsi Sumatera Barat  mengajak masyarakat ikut berpartisipasi #MencatatIndonesia pada Sensus Penduduk Online.Bagaimana dengan #SahabatData? Apakah sudah berpartisipasi?Yuk, isi data secara mendiri melalui sensus.bps.go.id!#MencatatIndonesia#bpssumbar

Upacara Bulanan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah dirangkaian dengan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   17-02-2020    452

Palu - Senin (17/02) dilaksanakan Upacara Bulanan Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 bulan berjalan. Pada Upacara hari ini Gubernur Sulawesi Tengah Bapak Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. bertindak sebagai Inspektur Upacara. Bertempat dihalaman Kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Upacara dihadiri oleh seluruh ASN yang berada dilingkungan Provinsi Sulawesi Tengah. Upacara hari ini dirangkaikan dengan kegiatan Sosialisasi pengisian Sensus Penduduk Online yang sudah mulai dapat dilakukan hingga tanggal 31 Maret 2020 nantinya. Terlihat antusiasme dari teman-teman ASN untuk turut berpartisipasi dalam pengisian Sensus Penduduk Online melalui website www.sensus.bps.go.id. Setelah kegiatan upacara, Gubernur Sulteng langsung memulai pengisian Sensus Penduduk Online dan mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Tengah untuk berpartisipasi mengingat pentingnya data Sensus Penduduk 2020 nantinya dalam perencanaan dan pembuatan kebijakan yang akan dicanangkan di Provinsi Sulawesi Tengah. Selain Gubernur, Jajarannya yakni Wakil Gubernur dan Sekertaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah juga menyatakan kesiapan untuk mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 dan akan membantu BPS dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 baik online mulai 15 Februari 2020 sampai 31 Maret 2020, maupun Sensus Penduduk Wawancara 1-31 Juli 2020. (Humas BPS Sulteng)

BPS Provinsi Sulawesi Tengah Awali Sensus Penduduk 2020 Dengan Berpawai

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   17-02-2020    500

Palu - Sabtu (15/02) BPS Provinsi Sulawesi Tengah mengawali Sensus Penduduk 2020 secara online dengan berpawai keliling Kota Palu.Pawai ini diikuti oleh seluruh pegawai BPS Sulteng dengan menggunakan kendaraan berupa mobil dan motor yang sudah disiapkan. Untuk menarik perhatian BPS Sulteng juga membawa maskot dan sound system untuk menyuarakan pelaksanaan Sensus Penduduk Online yang dimulai hari ini. Selain berpawai, para pegawai juga membagikan leaflet yang berisikan informasi singkat terkait bagaimana cara berpartisipasi dalam Sensu Penduduk Online kali ini. Kepala BPS Sulteng, Dumangar Hutauruk mengatakan, pawai yang digelar bertujuan untuk mengingatkan masyarakat bahwa di awal tahun 2020 ini, dilaksanakan kembali Sensus Penduduk. Tujuan Sensus Penduduk untuk mengetahui jumlah, penghasilan dan kebutuhan seperti pendidikan serta kesejahteraan setiap penduduk yang ada di Indonesia, khususnya Sulteng. “Sensus penduduk telah kami mulai hari ini, dengan langkah awal Sensus Penduduk secara online yang mana akan dilanjutkan dengan sensus secara manual seperti di pedesaan yang tak memiliki akses jaringan,” kata Dumangar.Dumangar berharap agar seluruh masyarakat bisa berpartisipasi dalam menyuksekan Sensus Penduduk 2020 ini dengan mengisi pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam form tersebut. Adapun rute pawai yang dilewati para peserta yakni dimulai dari kantor BPS Sulteng melintasi sejumlah jalan di Kota Palu seperti Jalan Moh. Yamin, Basuki Rahmat, I Gusti Ngurah Rai, Puebongo, Kemiri, Kunduri, Palolo, Langsat, WR. Supratman, Diponegoro, Imam Bonjol, Gajah Mada, Sultan Hasanuddin, Mawar, Monginsidi, Tanjung Karang, Tanjung Satu, Moh. Yamin dan kembali di kantor BPS Sulteng. (2T)

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 Kepada Gubernur Sulawesi Tengah

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   17-02-2020    642

Palu - Bertempat di Ruang Kerja Gubernur Sulawesi Tengah , Kamis (13/2) Drs. Dumanggar Hutauruk , M.Si Selaku Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah , menyampaikan penjelasan mengenai tata cara penginputan data Sensus Penduduk Online 2020 kepada Bapak Gubernur Sulteng.Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah Drs. Dumanggar Hutauruk, M.Si menyampaikan bahwa sensus Penduduk secara online akan dilaksanakan mulai tanggal 15 Februari s/d 31 Maret 2020 dan selanjutnya Sensus Penduduk Wawancara oleh petugas sensus mulai tanggal 1 juli s/d 31 juli 2020. Sensus Penduduk Online dapat berhasil sesuai dengan tujuannya jika terdapat kesadaran dari masyarakat untuk berpartisipasi dengan cara mengisi  sendiri data pribadi dan keluarganya sesuai dengan keadaan sebenarnya secara mandiri/online. Gubernur dan jajarannya, Bupati /Walikota beserta seluruh ASN diharapkan dapat menjadi spirit dan mentor untuk kesuksesan pelaksanaan Sensus Penduduk sehingga secara berjenjang Petugas BPS akan menjadwalkan datang kepada masing masing OPD untuk menyosialisasikan pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020 dan meminta Bapak Gubernur berkenan untuk melaunching pelaksanaan Sensus Penduduk pada hari Jum'at 14 Februari 2020 dalam acara Apel Siaga yang bertempat di Kantor BPS Sulteng dan juga melakukan pengisian data Sensus Penduduk Online dihadapan Peserta Upacara Bulanan yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada hari Senin, 17 Februari 2020. Lebih jauh, Kepala BPS Sulteng menyampaikan bahwa sasaran kedua adalah Mahasiswa/i dan masyarakat yang memiliki akses internet. Sementara untuk pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara yang akan dilakukan dengan mendatangi langsung masyarakat yang tidak memiliki akses internet yang akan  dimulai tanggal 1 juli s/d 31 juli 2020. Pada pertemuan kali ini, Kepala BPS Sulteng juga menyampaikan kepada Bapak Gubernur  untuk meneruskan surat edaran kepada seluruh Bupati dan  Walikota se-Provinsi Sulawesi Tengah mengenai dukungan untuk turut menyukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020. Gubernur Sulawesi Tengah,  Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. pada kesempatan ini didampingi oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah Abd. Haris Yotilembah, Kepala Dinas Kominfo Sulteng Farida Lamarauna , menyampaikan  ”Saya sebagai Gubernur sangat mendukung pelaksanaan Sensus Penduduk 2020” apalagi program ini merupakan Program Nasional ” dan Gubernur mengharapkan semoga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik , lancar dan sukses. Pada kesempatan ini Gubernur Sulteng juga meminta agar BPS terus melakukan upaya dan strategi dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara, khususnya masyarakat yang tinggal didaerah terpencil agar mereka bersedia diwawancarai dan jika ada kendala yang dihadapi diharapkan agar BPS terus berkoordinasi dengan Bupati dan Walikota. Diakhir pertemuan Gubernur Sulteng juga menyampaikan akan mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang mana kali ini untuk pertama kalinya dilakukan secara Online. (2T)

Koordinasi Kehumasan Provinsi Kalimantan Barat dalam Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   15-02-2020    760

"Sinergitas dari humas  Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/instansi di Provinsi Kalbar menjadi sangat penting untuk suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020 yang akan dimulai dari tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020." ujar Moh Wahyu Yulianto dalam pembukaan Rapat kali ini.Bertempat di Kantor BPS Provinsi Kalimantan Barat, hari Jum'at, 14 Februari 2020 dengan jumlah undangan 50an peserta dari Tim Humas dari OPD/instansi dan BPS Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan Rapat Koordinasi Kehumasan Provinsi Kalimantan Barat.Tujuan pertemuan kali ini adalah memberikan informasi kepada humas OPD/instansi untuk bersinergi dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020. Sehingga humas tersebut menjadi agen SP Online 2020 di masing-masing OPD/instansi. Wahyu berharap semoga dengan bersinergi dengan tim humas ini, target 30 persen penduduk yang tercatat dalam SP Online 2020 akan berhasil.#MencatatIndonesia#SP2020

Kodam XII/Tanjungpura siap sukseskan SP2020

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   15-02-2020    682

Kemarin, Moh Wahyu Yulianto, kepala BPS Provinsi Kalbar beserta jajarannya mengunjungi Kodam VII/Tanjungpura dalam rangka sosialisasi Sensus Penduduk 2020. Pangdam, Mayjend TNI Muhammad Nur Rahmad beserta jajarannya menyambut kedatangan kami dengan hangat (14/2)Pada kesempatan ini, Moh Wahyu Yulianto menyampaikan bahwa dukungan dari Pangdam beserta jajarannya dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 khususnya SP Online 2020 sangat diperlukan. Sehingga target yang sudah direncanakan akan tercapai."SP 2020 adalah kegiatan besar pemerintah yang dilaksanakan 10 tahun sekali, tentunya kami akan mendukung dan membantu sepenuhnya untuk kesuksesan kegiatan besar ini." Ujar Pangdam XII/Tanjungpura. Beliau juga berpesan, bahwa data dasar yg sudah di terima BPS jangan sampai kecolongan pada pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga keamanan dalam menyimpan data itu sangatlah penting di era digital sekarang ini.Seperti yang kita tahu, bahwa data adalah kekayaan yang lebih mahal dari pada kekayaan alam. Sehingga dengan data, negara dapat merencanakan pembangunan lebih tepat sasaran.#SP2020#MencatatIndonesia

Apel Siaga Sensus Penduduk 2020 (SP2020)

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   15-02-2020    870

Hari ini, jumat, 14 Februari 2020, pegawai BPS Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan apel siaga SP2020. Apel ini bertepatan dengan satu hari menjelang Sensus Penduduk Online, yang akan dilakukan esok hari dari tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020..Dalam sambutan Kepala Badan Pusat Statistik RI yang dibacakan oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Moh. Wahyu Yulianto, disampaikan bahwa Sensus Penduduk 2020 bukan hanya tugas Mabes Sensus Penduduk, bukan hanya tugas Mako Sensus Penduduk, ataupun Kedeputian Sosial, melainkan merupakan tugas bersama. Oleh karena itu, Kepala BPS meminta agar seluruh ASN BPS meningkatkan kepedulian dan "sense of belonging" terhadap kegiatan SP2020..Seusai apel, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat membubuhkan cap tangan pada spanduk Sensus Penduduk 2020 yang bertuliskan #MencatatIndonesia, diikuti oleh Kepala Bidang/Bagian BPS Provinsi Kalimantan Barat, serta seluruh peserta apel siaga. Pada akhir kegiatan, semua peserta melakukan senam SP2020 dilanjutkan dengan jalan santai di sekitar kantor BPS Provinsi Kalimantan Barat..Mari bersama #MencatatIndonesia#sp2020 #bpskalbar

Jelang Sensus Penduduk 2020, BPS Provinsi Kalimantan Timur Gelar Apel Siaga

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR   |   14-02-2020    460

Samarinda - Sehari menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Online, BPS Provinsi Kalimantan Timur melakukan apel siaga di halaman kantor BPS Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (14/2). Apel siaga dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha BPS Provinsi Kalimantan Timur, Nur Wahid. Dalam kegiatan ini, Nur Wahid membacakan pidato tertulis Kepala BPS - Suhariyanto. Dalam pidato tersebut Kepala BPS menyampaikan kepada seluruh jajaran BPS untuk memberikan kontribusi semaksimal mungkin dalam upaya menyukseskan SP2020. Beliau juga meminta agar seluruh jajaran BPS meningkatkan kepedulian dan sense of belonging terhadap SP2020. "Tanya orang tua, saudara, dan tetangga di sekitar rumah Saudara, sudahkah menyelesaikan SP Online? Ada kesulitan atau tidak? Jika ada, segera bantu mereka," kata beliau. Beliau meyakini, dengan demikian, target yang sudah ditetapkan dalam Sensus Penduduk Online dapat direalisasikan.Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan terima kasih untuk semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh BPS Daerah selama tahap persiapan. Dalam tahap pelaksanaan nantinya, beliau berharap agar koordinasi dan komunikasi yang baik dapat terbangun antara petugas lapangan, mako, dan seterusnya, sehingga permasalahan yang muncul dapat segera diselesaikan. Dan tak lupa, untuk tetap memperhatikan aspek administrasi agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.Apel siaga ini diakhiri dengan pembubuhan cap telapak tangan seluruh pegawai BPS Provinsi Kalimantan Timur dengan pewarna di banner putih yang disediakan sebagai simbolisasi dukungan terhadap pelaksanaan SP2020.

Apel Siaga Sensus Penduduk 2020 Online

PROVINSI SULAWESI UTARA   |   14-02-2020    440

Mari bersama kita wujudkan tonggak sejarah dalam perstatistikan nasional melalui Sensus Penduduk Online. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara, Ateng Hartono pada Apel Siaga SP2020 Online yang bertempat di kantor BPS Provinsi Sulawesi Utara (14/2). Hadir dalam kegiatan tersebut seluruh pegawai BPS Provinsi Sulawesi Utara dan BPS Kota Manado. Dalam sambutannya, Ateng kembali mengingatkan beberapa hal yang akan dilakukan untuk mensukseskan SP2020 Online. Yang pertama, “menggerakkan dinas dan instansi” yaitu dengan melakukan pendampingan SP2020 Online ke dinas/instansi. Yang kedua, melakukan sosialisasi pada organisasi keagamaan yang diikuti. Yang ketiga, melakukan pendekatan ke pengurus lingkungan tempat tinggal. Yang keempat, berkolaborasi dengan Relawan SP2020. Relawan SP2020 yang terdiri dari 120 mahasiswa dan 20 dosen akan diundang ke Kantor BPS Provinsi Sulawesi Utara untuk mengikuti Rakorpus. Yang terakhir dan paling penting, pastikan keluarga kita sudah tercatat dalam SP2020 Online. Kegiatan ditutup dengan pembubuhan cap tangan oleh seluruh peserta apel di banner SP2020.

APEL SIAGA SENSUS PENDUDUK 2020 ONLINE, PROVINSI KALIMANTAN UTARA SIAP !

PROVINSI KALIMANTAN UTARA   |   14-02-2020    1160

Jumat (14/02) BPS Provinsi Kalimantan Utara bersama dengan BPS Kabupaten Bulungan melaksanakan Apel Siaga Sensus Penduduk 2020 Online di halaman Kantor BPS Kabupaten Bulungan. Apel siaga yang dihadiri oleh Pegawai BPS Provinsi Kalimantan Utara, BPS Kabupaten Bulungan, dan perwakilan mitra statistik BPS Kabupaten Bulungan berjalan dengan baik. Adapun tujuan dilaksanakannya Apel Siaga Sensus Penduduk 2020 Online ini merupakan momentum yang penting bagi BPS untuk bersama-sama meluruskan niat dan menyatukan derap langkap menyukseskan Sensus Penduduk 2020. Apel Siaga SP2020 Online dilakukan satu hari sebelum kegiatan Sensus Penduduk 2020 Online dimulai, yaitu pada tanggal 15 Februari 2020. Dalam sambutan Kepala Badan Pusat Statistik, Suhariyanto yang dibacakan oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, Eko Marsoro, beliau menyampaikan bahwa Sensus Penduduk 2020 bukan hanya tugas Mabes Sensus Penduduk, bukan hanya tugas Mako Sensus Penduduk, juga bukan hanya tugas Kedeputian Sosial, melainkan Sensus Penduduk 2020 adalah tugas bersama. Kepala BPS dalam sambutannya meminta agar seluruh ASN BPS meningkatkan kepedulian dan sense of belonging terhadap kegiatan Sensus Penduduk 2020. Sebelum Apel Siaga berakhir, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara membubuhkan cap tangan pada banner Sensus Penduduk 2020 yang telah disiapkan, diikuti oleh Kepala BPS Kabupaten Bulungan, Kepala Bidang/Bagian BPS Provinsi Kalimantan Utara, dan seluruh peserta apel siaga. Pembubuhan cap tangan ini dimaksudkan bahwa seluruh peserta Apel Siaga Sensus Penduduk 2020 Online siap menyukseskan Sensus Penduduk 2020. Mari bersama #MencatatIndonesia dalam #SP2020 (berita: dede).

Kita Siap Mencatat Indonesia-Apel Siaga SP2020

PROVINSI KALIMANTAN TENGAH   |   14-02-2020    940

Sensus Penduduk 2020 telah di depan mata. 15 Februari - 31 Maret 2020 merupakan pelaksanan perdana Sensus Penduduk secara online dan dapat dilakukan secara mandiri oleh seluruh penduduk Indonesia, di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja penduduk Indonesia. Penyelenggaraan SP2020 menjadi bukti kredibilitas BPS pada publik sebagai penghasil data statistik yang berkualitas dan terpercaya. Oleh karena itu, Apel Siaga SP2020 merupakan momentum penyemangat seluruh jajaran pegawai BPS untuk berperan aktif  menyukseskan Sensus Penduduk dalam memberikan pemahaman terkait Sensus Penduduk pada masyarakat. Apel Siaga SP2020 dilaksanakan pada hari Jum'at, 14 Februari 2020 dengan dihadiri oleh seluruh jajaran pegawai BPS Provinsi Kalimantan Tengah, BPS Kota Palangkaraya, dan perwakilan dari masing-masing BPS Kabupaten/Kota di halaman BPS Provinsi Kalimantan Tengah, dengan menyanyikan lagu Indonesia Pusaka dan dilanjutkan dengan pembubuhan cap tangan seluruh pegawai BPS sebagai tanda Siap untuk Mencatat IndonesiaGenderang Census War telah dibunyikan. Tidak ada jalan lain selain terus maju dan memenangkan peperangain ini. Mari berjuang bersama-sama. Sensus Penduduk 2020, #MencatatIndonesa! Menuju Satu Data Kependudukan Untuk Indonesia Maju.

Jelang Sensus Penduduk 2020, BPS Provinsi Kalimantan Timur Gelar Apel Siaga

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR   |   14-02-2020    910

Samarinda - Sehari menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Online, BPS Provinsi Kalimantan Timur melakukan apel siaga di halaman kantor BPS Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (14/2). Apel siaga dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha BPS Provinsi Kalimantan Timur, Nur Wahid. Dalam kegiatan ini, Nur Wahid membacakan pidato tertulis Kepala BPS - Suhariyanto. Dalam pidato tersebut Kepala BPS menyampaikan kepada seluruh jajaran BPS untuk memberikan kontribusi semaksimal mungkin dalam upaya menyukseskan SP2020. Beliau juga meminta agar seluruh jajaran BPS meningkatkan kepedulian dan sense of belonging terhadap SP2020. "Tanya orang tua, saudara, dan tetangga di sekitar rumah Saudara, sudahkah menyelesaikan SP Online? Ada kesulitan atau tidak? Jika ada, segera bantu mereka," kata beliau. Beliau meyakini, dengan demikian, target yang sudah ditetapkan dalam Sensus Penduduk Online dapat direalisasikan.Dalam kesempatan ini beliau juga menyampaikan terima kasih untuk semangat dan antusiasme yang ditunjukkan oleh BPS Daerah selama tahap persiapan. Dalam tahap pelaksanaan nantinya, beliau berharap agar koordinasi dan komunikasi yang baik dapat terbangun antara petugas lapangan, mako, dan seterusnya, sehingga permasalahan yang muncul dapat segera diselesaikan. Dan tak lupa, untuk tetap memperhatikan aspek administrasi agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.Apel siaga ini diakhiri dengan pembubuhan cap telapak tangan seluruh pegawai BPS Provinsi Kalimantan Timur dengan pewarna di banner putih yang disediakan sebagai simbolisasi dukungan terhadap pelaksanaan SP2020.

Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula lakukan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN SELATAN   |   13-02-2020    1403

BPS Provinsi Kalimantan Selatan melakukan koordinasi dengan Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka sosialisasi Sensus Penduduk 2020. Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan memberikan dukungan terhadap kegiatan Sensus Penduduk 2020 dengan membantu mensosialisasikan SP2020 melalui pemasangan stiker one way vision di seluruh layanan transportasi massa Bus Rapid Transit (BRT) Banjarbakula yang beroperasi di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru. BRT tersebut memiliki jadwal tertentu setiap hari dan akan berhenti disetiap titik halte yang telah ditentukan. Pemasangan dilakukan pada 10 buah BRT Banjarbakula. Dengan adanya pemasangan stiker one way tersebut, diharapkan Sensus Penduduk dapat disosialisasikan kepada masyarakat di sepanjang jalan A. Yani dari Kota Banjarmasin menuju Kota Banjarbaru

Pemasangan Baliho Sensus Penduduk 2020 oleh Biro Humas dan Protokol Pemprov Kalimantan Selatan

PROVINSI KALIMANTAN SELATAN   |   13-02-2020    1619

BPS Provinsi Kalimantan Selatan melakukan koordinasi dengan Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan terkait publisitas luar ruang untuk sosialisasi kegiatan Sensus Penduduk 2020. Materi bersumber dari BPS Provinsi Kalimantan Selatan yang selanjutnya ditindak lanjuti oleh Biro Humas dan Protokol Provinsi Kalimantan Selatan dengan membuat contoh desain baliho terkait Sensus Penduduk 2020.  Beberapa desain yang dibuat oleh BPS Provinsi Kalimantan Selatan dan Biro Humas dan Protokol Provinsi Kalimantan Selatan selanjutnya diserahkan ke Gubernur untuk dipilih. Baliho telah terpasang pada beberapa titik di wilayah Banjarbaru dan Banjarmasin dan tidak ada biaya untuk sewa tempat, karena semua titik lokasi menggunakan tempat milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Biaya yang dikeluarkan adalah terkait biaya pencetakan baliho dan pemasangannya yang dilakukan oleh penyedia yang dipilih oleh Biro Humas dan Protokol Provinsi Kalimantan Selatan.Berikut daftar titik lokasi pemasangan baliho: 1.      - Jl Ahmad Yani KM 29 (2 Sisi) 2.      - KM 20 Seberang Landasan Bandara ujung (2 Sisi) 3.      - Depan SMA Banua Kalsel (2 sisi) 4.      - Taman Edukasi Lalu Lintas Banua di Banjarmasin (1 Sisi) 5.      - Depan Gedung Wanita Kayutangi di Banjarmasin (1 Sisi) 6.     -  Depan Gedung Veteran Bundaran Kayutangi (1 Sisi) 7.      - Wilayah perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan / dekat Gedung Idham Chalid (1 Sisi) 8.      - Wilayah perkantoran Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan / di depan kantor Balitbangda Provinsi Klaimantan Selatan (1 Sisi)

DPRD Provinsi Kalimantan Utara SIAP Mendukung Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN UTARA   |   12-02-2020    641

“Kami siap mendukung kegiatan Sensus Penduduk 2020, apalagi ini adalah kegiatan besar yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali. Kegiatan ini sangat baik sekali, mengingat bahwa data kependudukan merupakan data dasar dalam perencanaan kebijakan tentunya,” Ucap Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Norhayati Andris kepada tim BPS Provinsi Kalimantan Utara saat melakukan kunjungan ke Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (12/02). Agenda yang telah direncanakan oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, Eko Marsoro ini disambut positif oleh Ketua DPRD Provinsi Kalimatan Utara. Hadir bersama Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Bidang Statistik Sosial, Basran, dan Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik BPS Provinsi Kalimantan Utara, Khairil Anwar.Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara menyampaikan bahwa pada Sabtu nanti (15/02), kegiatan Sensus Penduduk 2020 Online akan dilaksanakan hingga tanggal 31 Maret 2020. Pada kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan kepada Ketua dan Wakil ketua DPRD Provinsi Kalimantan Utara untuk dapat menjadi responden kehormatan pada kegiatan Sensus Penduduk 2020 Online. “Besar harapan kami, Ibu dapat turut menjadi responden kehormatan kami di Provinsi Kalimantan Utara dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020 ini. Harapan kami adalah, dengan menjadi responden kehormatan, masyarakat akan turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020 ini,” ujar Eko Marsoro dalam pertemuan tersebut.Mari bersama #MencatatIndonesia dalam #SP2020 (berita: Dede)

PEGAWAI BPS SELURUH PROVINSI KALIMANTAN SIAP HADAPI SENSUS PENDUDUK 2020

PROVINSI KALIMANTAN SELATAN   |   11-02-2020    1557

Sensus Penduduk Online tinggal menghitung hari. Seluruh pegawai di lingkungan BPS se-Provinsi Kalimantan Selatan telah siap menghadapi Sensus Penduduk Online. Jika kembali membuka persiapan yang telah dilakukan, pada tahun 2019 telah dilaksanakan berbagai kegiatan internalisasi baik berupa capacity building maupun persiapan sarana dan pra sarana yang akan digunakan.Bahkan, pada bulan Desember 2019, telah dilaksanakan beberapa kegiatan seluruh BPS Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan untuk meningkatkan persiapan Sensus Penduduk. Mulai dari Rapat koordinasi Satu Data Kependudukan yang juga mengundang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Provinsi Kalimantan Selatan pada 8-10 Desember 2019. Dilanjutkan dengan Konsolidasi SP2020 KSK dan Tim Sekretariat SP2020 pada 12-15 Desember 2019. Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan Sosialisasi SP2020 di sepanjang Sungai Banjarmasin yang menjadi tempat beraktivitasnya masyarakat Banjarmasin.Setelah itu, dilaksanakan pula Sosialisasi SP2020 pada tanggal 16 Desember 2019 yang menghasilkan Komitmen Dukungan dari puluhan Instansi, Dinas, Lembaga, maupun Pers se-Kalimantan Selatan. Hingga akhirnya, dilaksanakan Pemantapan Anggaran pada tanggal 16-19 Desember 2019 untuk semakin mantapnya keseragaman tujuan dan tujuan suksesnya Sensus Penduduk 2020.Dengan berbagai rangkaian kegiatan persiapan tersebut, pegawai BPS se-Provinsi Kalimantan Selatan semakin mantap dalam melangkah dan menghadapi Sensus Penduduk Online yang sudah di depan mata ini.

ASN Pemda dan Instansi Vertikal di Provinsi Kalimantan Utara Siap Berpartisipasi dalam SP2020

PROVINSI KALIMANTAN UTARA   |   11-02-2020    880

“Yakinkan seluruh Pegawai, baik itu ASN maupun PTT di setiap Dinas/Instansi/OPD Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, bahwa tidak ada satupun diri pribadi maupun keluarga yang tertinggal-catat dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020,” Ujar Sekretaris Daerah, Dr. H. Suriansyah, M.AP. dalam arahan dan sambutan pada Kegiatan Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 (Rakor SP2020) Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (11/02). Rakor SP2020 yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hotel Grand Pangeran Khar ini diikuti oleh 2 (dua) orang perwakilan dari setiap Dinas/Instansi/OPD, tidak hanya di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, melainkan juga perwakilan dari Instansi Vertikal, seperti Kantor Perwakilan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPb) Provinsi Kalimantan Utara, Kementerian Agama Kantor Perwakilan (Kemenag Kanwil) Provinsi Kalimantan Utara, termasuk juga Instansi TNI/Polri. Hadir pula media massa dalam kegiatan ini sebagai jembatan proses publisitas kegiatan Sensus Penduduk 2020 ke masyarakat.Selain merupakan agenda wajib yang diselenggarakan oleh BPS, kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan BPS bersama Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Utara dalam kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, Senin (03/02) lalu. Pada kegiatan Rakor SP2020, BPS Provinsi Kalimantan Utara mengundang dua orang dari setiap Dinas/Instansi/OPD, baik Pemerintah Daerah maupun Instansi Vertikal. Dua orang perwakilan dari setiap Dinas/Instansi/OPD yang hadir pada Rakor SP2020 Provinsi Kalimantan Utara akan menjadi Person in Charge (PIC) kegiatan Sensus Penduduk 2020 di Dinas/Instansi/OPD masing-masing. Tugas dari PIC ini nantinya adalah sebagai agen sosialisasi dan pendamping Dinas/Instansi/OPD dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020, khususnya pada kegiatan Sensus Penduduk Online yang akan diselenggarakan pada 15 Februari – 31 Maret 2020 mendatang. Dalam kegiatan Rakor SP2020, materi rakor disampaikan oleh 3 (tiga) orang narasumber, yaitu Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Kalimantan Utara, Bapak Sumaji, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, Bapak Eko Marsoro, dan Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Kalimantan Utara, Bapak Basran.Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Rakor SP2020 Provinsi Kalimantan Utara, BPS Provinsi Kalimantan Utara kembali akan melakukan kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Pengisian SP2020 secara online di setiap kantor Dinas/Instansi/OPD, sesuai dengan jadwal yang telah dikoordinasikan oleh setiap PIC masing-masing Dinas/Instansi/OPD sebagai bentuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi ASN dalam pengisian Sensus Penduduk 2020 secara Online. Mari bersama #MencatatIndonesia dalam #SP2020 (berita: Dede)

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 dan Pembekalan Pendampingan Sensus Penduduk Online 2020

PROVINSI SULAWESI UTARA   |   11-02-2020    920

4 hari menjelang Sensus Penduduk Online (SP Online) 2020, BPS Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) semakin gencar melaksanakan koordinasi dan sosialisasi. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pendampingan SP Online ke dinas/instansi hingga ke beberapa lembaga pendidikan dalam hal ini SMA/sederajat dan perguruan tinggi yang ada di Kota Manado dan sekitarnya. Dalam rangka kegiatan pendampingan ini, BPS Provinsi Sulut  juga mengundang beberapa instansi yang berada di wilayah sekitar kantor BPS Sulut Jalan 17 Agustus dalam acara Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 yang bertempat di Aula BPS Provinsi Sulut (11/2). Pada kesempatan ini, Kepala BPS Provinsi Sulut menyampaikan terkait rencana pendampingan SP Online dan mengharapkan kerja sama dinas/instansi untuk menyediakan waktu dalam rentang pelaksanaan SP Online untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan SP Online. Kemudian acara dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala Bidang Statistik Sosial, Bapak Dendi Handiyatmo mengenai gambaran umum Sensus Penduduk 2020. Setelah sesi tanya jawab, Bapak Dendi juga melakukan simulasi singkat cara pengisian SP Online.Agenda selanjutnya adalah Pembekalan Pendampingan Sensus Penduduk Online 2020. BPS Provinsi Sulut juga harus mempersiapkan para pegawai yang nantinya akan terlibat dalam pendampingan SP Online. Pembekalan diikuti oleh seluruh pegawai BPS Sulut dan beberapa perwakilan dari BPS kabupaten/kota. Materi yang dibawakan oleh Bapak Dendi mengenai pengisian SP Online serta langkah-langkah untuk mengantisipasi kendala yang mungkin dihadapi dalam pendampingan SP Online.

Kepala BPS mengecek kesiapan BPS Kabupaten/Kota di Jawa Timur menghadapi SP2020

PROVINSI JAWA TIMUR   |   10-02-2020    907

Sabtu(8/2) Kepala BPS Provinsi Jatim, Bapak Dadang Hardiwan mendampingi Kepala BPS RI, Bapak Kecuk Suhariyanto melakukan kunjungan ke kantor BPS Kabupaten Malang dan BPS Kota Malang untuk mengecek kesiapan BPS Kabupaten/Kota menghadapi Sensus Penduduk 2020.#SP2020#MencatatIndonesia

Rapat Pengelolaan Administrasi SP2020

PROVINSI JAWA TIMUR   |   10-02-2020    1014

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020), tidak hanya harus bagus secara teknis, namun juga harus bagus secara administrasi. Pengelolaan administrasi Sensus Penduduk 2020 harus transparan dan akuntabel adalah pesan yang ditekankan oleh Dadang Hardiwan, kepala BPS Provinsi Jawa Timur, saat membuka Rapat Pengelolaan Administrasi SP2020 di Aula lantai III BPS Provinsi Jawa Timur, Kamis (6/2).Rapat Pengelolaan Administrasi SP2020 dilaksanakan selama dua hari dan dihadiri oleh Kasubbaag Tata Usaha, Bendahara, dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dari BPS Kabupaten-Kota se-Jawa Timur.

Rapat Koordinasi SP2020 Bersama Forum Statistik (FORSTAT)

PROVINSI JAWA TIMUR   |   10-02-2020    834

Jum'at(7/2) Kepala BPS Provinsi Jawa Timur bersama dengan anggota Forum Statistik (FORSTAT) Indonesia dan Kepala BPS RI menghadiri Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Dalam Rangka Keterlibatan Perguruan Tinggi dan Mahasiswa di Ijen Suites Resort & Convention Malang.Dengan Rapat Koordinasi diharapkan memperoleh dukungan dan adanya peran serta dari perguruan tinggi dan mahasiswa dalam Sensus Penduduk 2020.Dalam kesempatan ini seluruh anggota FORSTAT menyambut baik dan mendukung kegiatan Sensus Penduduk 2020 baik SP Online (15 Februari - 31 Maret 2020) maupun SP Wawancara (1-31 Juli 2020)#SP2020#MencatatIndonesia

Eksternalisasi Sensus Penduduk 2020 di Rapim dan Rakor Polda Sulteng Tahun 2020

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   07-02-2020    679

Palu - Terkait pendataan sensus penduduk tahun 2020 mendatang, BPS akan melakukannya secara online. Semua institusi dan elemen masyarakat, bersama-sama turut serta dalam menyukseskan pelaksanaan SP2020. Edukasi kepada masyarakat tentang  seberapa penting dan bagaimana cara mengelola data kependudukan perlu dilakukan, termasuk seluruh masyarakat yang sudah terdidik, dimulai dari data pribadi juga harus mendapatkan sosialisasi kinerja sensus secara benar. Melalui kegiatan RAPIM dan RAKOR yang dilaksanakan oleh POLDA Sulteng pada hari Jum'at (7/2), Tim dari BPS Provinsi Sulawesi Tengah berinisiatif untuk melakukan kunjungan sekaligus meningkatkan koordinasi dengan Polda Sulteng untuk menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020.Selain mendapat dukungan secara penuh, KAPOLDA sulteng juga memerintahkan kepada  setiap POLRES  untuk membantu pelaksanaan SP2020 terutama untuk  SP Online dan SP Wawancara serta mitigasi daerah rawan konflik secara umum. (2T)

Sosialisasi Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 Kepada Dinas/OPD di Pemerintah Provinsi Kalimantan Utar

PROVINSI KALIMANTAN UTARA   |   03-02-2020    1242

Sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, Senin (03/02), Seda Pemprov Kaltara mengundang Kepala OPD/Biro beserta Sekretaris dalam rangka rapat star, dimana salah satu agendanya adalah Sosialisasi Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang rapat lantai I Kantor Gubernur Kalimantan Utara.Pada kesempatan tersebut, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, Eko Marsoro menyampaikan terkait apa dan bagaimana Pelaksanaan Sensus Penduduk di tahun 2020 ini. Salah satu materi yang disampaikan berkaitan dengan pelaksanaan Sensus Penduduk Online yang sebentar lagi akan dilaksanakan pada 15 Februari 2020. Materi lain disampaikan oleh Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) BPS Provinsi Kalimantan Utara, Khairil Anwar, yaitu materi terkait langkah-langkah bagaimana melakukan Sensus Penduduk Online. Atensi para peserta rapat pada kegiatan ini sangat baik dan beberapa diskusi terkait pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 pun berjalan dengan baik.“Dari hasil pertemuan ini, kami berharap Bapak/Ibu yang hadir disini dapat menjadi agen sosialisasi Sensus Penduduk 2020 dengan cara menyebarkan informasi terkait hajatan besar ini. Setelah dari pertemuan ini, kami (BPS) juga akan melakukan Rapat Koordinasi Daerah dengan mengundang PIC dari tiap-tiap Dinas/OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara yang rencananya akan dilaksanakan pada 11 Februari mendatang,” kata Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara. Dukungan positif datang dari tiap-tiap Dinas/OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, termasuk Bapak Sekda Pemprov Kaltara. “Nanti dari setiap Dinas/OPD, saya minta ada dua sampai tiga orang perwakilan Dinas/OPD yang akan menjadi PIC dalam pelaksanaan kegiatan Sensus Penduduk Online. Diharapkan para PIC tersebut dapat secara maksimal mendukung program nasional ini,” Ujar Dr. H. Suriansyah, M.AP saat mengakhiri rapat tersebut. Mari bersama #MencatatIndonesia dalam #SP2020 (Berita: Dede Kurniyawan)

Pertemuan Bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Persiapan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN UTARA   |   31-01-2020    839

Jumat (31/1) Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara bersama rombongan melakukan pertemuan bersama Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara. Adapun rombongan dari BPS Provinsi Kalimantan Utara adalah Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Statistik Sosial, dan Kepala Bidang IPDS BPS Provinsi Kalimantan Utara.Pada pertemuan tersebut, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara menyampaikan maksud dari kedatangan tim BPS Provinsi Kalimantan Utara, yaitu terkait dengan persiapan kegiatan Sensus Penduduk 2020, khususnya kegiatan yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan, Sensus Penduduk Online. Sambutan positif datang dari Bapak Sekda Provinsi Kalimantan Utara, Bapak Dr. H. Suriansyah, M.A.P. Beliau mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara akan mendukung sepenuhnya kegiatan Sensus Penduduk 2020 di Kalimantan Utara. “Senin (3/2) setelah apel, nanti tim BPS Provinsi Kalimantan Utara bisa mengikuti briefing/rapat bersama kami. Silahkan disampaikan sekilas terkait Kegiatan Sensus Penduduk 2020 kepada OPD di Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, khususnya kegiatan Sensus Penduduk Online yang sebentar lagi akan dilaksanakan,” ungkap Pak Sekda Provinsi Kalimantan Utara.Tak hanya seputar pelaksanaan Sensus Penduduk Online, hal-hal lain yang didiskusikan yang masih berkaitan dengan kegiatan Sensus Penduduk 2020 adalah persiapan Rakor OPD SP2020, Apel Siaga Juni 2020, dan diskusi bagaimana meningkatkan peran aktif masyarakat, khususnya seluruh Pegawai di OPD Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020. (Berita: Dede)

Dukungan Gubernur Sulawesi Tengah Untuk pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   31-01-2020    627

Palu - Sensus Penduduk 2020 tinggal beberapa hari lagi. Melalui tahapan Sensus Penduduk Online yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020. Dukungan semua pihak sangat dinantikan demi suksesnya SP 2020. Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si mendukung penuh pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Hasil dari Sensus Penduduk 2020 nanti sangat penting bagi perencanaan pembangunan di Provinsi Sulawesi Tengah. Pastikan anda dan orang-orang disekitar anda, tercatat pada Sensus Penduduk 2020. Sensus Penduduk 2020, Mencatat Sulawesi Tengah, Mencatat Indonesia(2T)#BPSSulteng#SP2020#MencatatIndonesia

Sosialisasi Penggunaan IHK/Inflasi & NTP Tahun Dasar 2018 & Sosialisasi SP2020

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   30-01-2020    589

Palu - Bertempat di Aula Lantai 4 BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa, 28 Januari 2020 dilaksanakan sosialisasi terkait penggunaan Indeks harga konsumen (IHK) dan Nilai Tukar Petani (NTP) dengan tahun dasar 2018. Kegiatan ini dirangkaikan juga dengan pemaparan sosialisasi Sensus Penduduk 2020 yang akan dimulai secara online pada tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak Drs.Dumangar Hutauruk , M.Si selaku Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa terdapat beberapa perubahan dengan penggunaan tahun dasar 2018 kali ini, selain pertambahan Kota Luwuk sebagai salah satu kota dalam  indikator survei, juga terjadi pemekaran pada kelompok pengeluaran. Jika diagram timbang indeks harga konsumen dengan menggunakan tahun dasar 2012, jumlah kelompok pengeluaran hanya 7 kelompok. Maka dengan menggunakan tahun dasar 2018, jumlahnya menjadi 11 kelompok. “Adapun jumlah sub kelompok di masing-masing kota antara 34 hingga 43, khusus untuk Kota Palu dan Luwuk adalah 37 sub kelompok,” kata Dumangar. Paket komoditas juga mengalami perubahan. Saat masih menggunakan metode tahun dasar 2012, jumlah paket komoditas secara nasional sebanyak 859. Sementara untuk Kota Palu sebanyak 346 paket komoditas. Adapun saat ini dengan menggunakan tahun dasar 2018, paket komoditas yang masuk dalam SBH untuk Kota Palu sebanyak 360, sedangkan Luwuk 285. Begitupula mengenai proporsi nilai konsumsi mengalami perubahan. Saat penggunaan SBH dengan tahun dasar 2012, proporsi nilai konsumsi untuk makanan secara nasional adalah 35,04 persen dan 40,25 persen untuk Kota Palu. Sementara dengan penggunaan tahun dasar 2018, nilainya berubah menjadi 33,68 persen secara nasional, sedangkan Kota Palu sebesar 33,80 persen dan Luwuk 38,28 persen.“ SBH dengan acuan tahun dasar 2018 ini mulai digunakan terhitung Januari 2020, ujarnya. Disamping Sosialisasi Penggunaan IHK/Inflasi & NTP Tahun Dasar 2018, pada kesempatan ini beliau juga memberikan sosialisasi terkait SP2020 yang sebentar lagi akan dimulai. Kegiatan utama Sosialisasi ini dipandu oleh Bapak Rukhedi, S.Si, MSE selaku Moderator dan Bapak G A Nasser, SE, MM selaku Narasumber. Peserta yang hadir selain dari dinas terkait juga terdapat beberapa wartawan yang juga sudah biasa meliput kegiatan rilis yang dilakukan oleh BPS Sulteng. (2T)

Rapat Pimpinan Lengkap BPS Provinsi Kalimantan Utara dalam Rangka Persiapan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN UTARA   |   30-01-2020    679

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan rapat teknis (ratek) BPS Provinsi se-Indonesia yang diselenggarakan oleh BPS RI pada 20 hingga 22 Januari 2020 lalu, BPS Provinsi Kalimantan Utara menyelenggarakan kegiatan rapat pimpinan lengkap (rapimkap) pada 27 hingga 29 Januari 2020 di Hotel  Royal Tarakan. Pada kesempatan tersebut BPS Provinsi Kalimantan Utara mengundang Kepala BPS dan Kepala/Penanggung Jawab Seksi Statistik Sosial BPS Kabupaten/Kota se-Kalimantan Utara.Tujuan dari diselenggarakannya rapat pimpinan lengkap ini adalah dalam rangka persiapan kegiatan Sensus Penduduk 2020. Paparan materi ratek yang diselenggarakan oleh BPS RI dipaparkan kembali oleh Kepala BPS dan Kepala Bidang/Bagian BPS Provinsi Kalimantan Utara kepada peserta rapat agar informasi dari hasil ratek tersebut dapat segera tersampaikan hingga ke BPS Kabupaten/Kota. Fokus pada hari pertama kegiatan rapimkap BPS Provinsi Kalimantan Utara ini adalah terkait Sensus Penduduk 2020, mulai dari proses bisnis, pengolahan, penjaminan kualitas, administrasi, hingga informasi terbaru kegiatan Sensus Penduduk 2020. Pada hari pertama kegiatan rapimkap, materi disampaikan oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Utara, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Statistik Sosial, Kepala Bidang IPDS, dan Kepala Bidang Neraca Wilayah dan Analisis Statistik.Pada hari kedua, fokus materi yang disampaikan adalah terkait evaluasi dan kegiatan BPS yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Materi pada hari kedua disampaikan oleh seluruh Kepala Bagian/Bidang di lingkungan BPS Provinsi Kalimantan Utara. (Dokumentasi: Rahmat Darmawan/ Berita: Dede Kurniyawan)

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020-MAPOLDA Sulawesi Tengah

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   30-01-2020    480

Palu - Kamis (31/1) dilakukan pertemuan Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Dumangar Hutauruk dengan Kapolda Sulteng Brigjen Pol. Syafril Nursal dalam rangka Silaturahmi dan sosialisasi serta pengenalan Sensus Penduduk 2020 yang akan dilaksanakan sebentar lagi. Dalam pertemuan kali ini disepakati tentang bagaimana BPS dan Kepolisian akan bersama-sama berkolaborasi demi menyukseskan Sensus Penduduk 2020 yang menjadi tugas bersama.(Humas BPS Sulteng)

BPS NTT rambah berbagai media, Sukseskan SP2020

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   28-01-2020    1328

Sensus Penduduk sudah didepan mata. Dalam hitungan hari, portal updating data penduduk pada sensus.bps.go.id akan segera dibuka. Program besar negara yang hanya dilakukan dalam 10 tahun sekali ini tentu patut diketahui halayak umum, seluruh penduduk Indonesia. Oleh karena itu, pagi tadi Kepala BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur, Darwis Sitorus, hadir sebagai bintang tamu dalam acara "Pagi Kupang" yang disiarkan oleh AFBtv Kupang..Dalam acara tersebut, Darwis mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat NTT untuk turut mensukseskan Sensus Penduduk 2020. Darwis juga menegaskan bahwa pada Sensus Penduduk tahun ini masyarakat bisa mengupdate data pribadinya secara mandiri melalui sensus.bps.go.id (Sensus Penduduk Online). Sensus Penduduk Online akan mulai dilaksanakan pada 15 Februari-31 Maret 2020..Pastikan kamu tercatat ya! Sensus Penduduk 2020: #MencatatIndonesia____Lebih lanjut tentang BPS NTT:📱 Facebook : BPS Provinsi NTT📸 Instagram : bps.ntt🖥 Web : ntt.bps.go.id____

Pencanangan SP2020, Berawal di Kabupaten Serang

PROVINSI BANTEN   |   24-01-2020    768

Serang - Kamis (23/1/2020) pada pagi hari nan cerah di area kantor Bupati Kabupaten Serang, Kota Serang, Banten terlihat kesibukan yang tidak biasanya. Beberapa mobil pelat merah milik pejabat pemda, camat dan BPS terlihat disana-sini. Bertempat di lapangan tenis indoor di lokasi kantor tersebut, saat itu sedang berlangsung kegiatan Launching Sensus Penduduk (SP2020). Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Serang ini bisa jadi akan tercacat dalam sejarah SP2020 sebagai pelaksanakan launching SP2020 yang pertama kalinya di Indonesia.Momen ini juga sangat penting untuk sekaligus menyosialisasikan SP2020, karena dihadiri oleh lebih kurang 500 undangan, yang terdiri dari  Forum Komunkasi Pimpinan Derah (Pengadilan Tinggi, Kapolres, Dandim, Kejaksaan Tinggi), Perwakilan Grup koppasus, Wakil Ketua DPRD, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Staf Ahli Bupati, para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Serang, serta Kepala BPS Provisini Banten beserta jajaran, dan seluruh Kepala BPS kabupaten kota di Provinsi Banten.Dihadapan peserta, Sekretaris Utama BPS, Adi Lumaksono menjelaskan, dipilihnya Kabupaten Serang sebagai tempat pertama kali launcing SP2020 ini adalah karena beberapa hal, diantaranya, Kabupaten Serang dibawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati nya adalah kabupaten yang memanfaatkan data BPS sebagai dasar pengambilan kebijakan disemua sektor. “Itu bukan berarti Ibu Bupati minta kepada BPS, tolong angka ini diturunkan atau dinaikan, tidak pernah sama sekali. Karena kami memotret dan independensi BPS ini betul-betul dijaga oleh jajaran di Pemerintah Kabupaten Serang ini”, ujar Adi.Terkait dengan hastag Mencatat Indonesia, lebih lanjut Adi menjelaskan dengan keluarnya UU No 39/2019 terkait dengan Satu Data Indonesia, maka dalam SP ini juga akan mengarah kepada Satu Data Kependudukan.Sebelumnya, dalam sambutannya  Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengucapkan terima kasih dan apresisai yang sangat tinggi dengan dipilihya kabupaten nya sebagai tempat dilaksanakannya launching perdana SP2020 ini. “Alhamdulillah Kabupaten Serang ditunjuk menjadi penyelenggara launching SP tahun 2020 yang pertama se-Indonesia. Terima kasih atas kepercayaan Bapak kepada kami, ini adalah penghargaan kepada kami yang luar biasa”, ucapnya.Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa SP untuk Satu Data Indonesia ini adalah yang amat ditunggu-tunggu. Menurutnya dengan perbedaan data yang terjadi selama ini agak membingungkan jajaran di pemerintahannya dalam membuat program. Karena menurutnya pula, jika datanya salah sudah tentu program yang dibuat juga menjadi tidak tepat bahkan salah sasaran.“Dengan launching ini saya meminta kepada pak camat  di 29 kecamatan, dan seluruh kades di 326 desa untuk bersama-sama mendukung SP ini, karena kegiatan ini sangat penting  yang harus kita dukung. Jadi Pak Adi insyaallah di Kabupaten Serang kita siap dari mulai tingkat kabupaten sampai tingkat desa menyukseskan Satu Data Indonesia ini, karena ini untuk kebutuhan kita semua” tegas Tatu lebih lanjut.Di akhir sambutannya, Bupati yang ramah dan energik ini sekali lagi menegaskan dukungannya terhadap program-program yang akan dilaksanakan BPS. “Tidak usah khawatir di Kabupaten Serang kita siap semua”, janji nya. (#humasnews/Wid, Kurv)

BPS Kalimantan Timur Lakukan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR   |   17-01-2020    781

(15/01/2020) Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur mulai melakukan Sosialisasi secara langsung kepada masyarakat terkait Kegiatan Sensus Penduduk. Beberapa tim telah dibentuk dan ditugaskan untuk melakukan sosialisasi publisitas Sensus Penduduk 2020 di berbagai lokasi di Kota Samarinda. Beberapa titik kegiatan sosialisasi yang dilakukan di tengah bulan Januari ini adalah Pasar Pagi, Mall Mesra Indah, Pasar Segiri dan Pasar Sungai Dama. Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan dengan cara pembagian leaflet, tanya jawab kegiatan sensus dengan masyarakat, dan pemasangan spanduk. Dengan dilakukannya kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat lebih mengenal dan memahami kegiatan sensus penduduk yang akan segera dilaksanakan, baik secara online yang dimulai pada 15 Februari atau wawancara pada bulan Juli 2020. Melalui SP2020, mari bersama #mencatatIndonesia

BPS Kalimantan Timur Kembali Lakukan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR   |   17-01-2020    648

Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur kembali melanjutkan kegiatan sosialisasi Sensus Penduduk 2020. Sosialisasi kali ini dilakukan di wilayah Pasar Sungai Dama, Kota Samarinda. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dalam bentuk pembagian leaflet kepada pengelola, pedagang, maupun pengunjung di lingkungan Pasar Sungai Dama serta pemasangan spanduk SP2020. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui informasi mengenai SP2020 dan dapat turut berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan Sp2020. Masyarakat Kota Samarinda, mari bersama #MencatatIndonesia.

Gubernur Kalimantan Timur Dukung Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR   |   17-01-2020    862

Selasa (14/1/2020), Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Timur melakukan kunjungan ke Kantor Gubernur Kalimantan Timur di Jalan Gajah Mada No 2. Kunjungan BPS Kalimantan Timur dimaksudkan dalam rangka meminta dukungan Gubernur Kaltim, Isran Noor, untuk membantu menyukseskan kegiatan SP2020. Kegiatan ini terbagi menjadi sensus penduduk online yang akan dilaksanakan 15 Februari sampai 31 Maret mendatang, dan sensus penduduk wawancara pada bulan Juli 2020."Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat Kalimantan Timur untuk mendukung dan menyukseskan sensus penduduk Tahun 2020. Segeralah perbaharui data diri anda dan keluarga secara mandiri melalui sensus penduduk online mulai tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Atau dengan memberikan keterangan dan menerima kedatangan petugas sensus pada Juli 2020. Mari bersama mencatat Indonesia," tutur Isran Noor sebagai dukungan terhadap kegiatan tersebut.

SP2020 : Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan

PROVINSI GORONTALO   |   03-01-2020    3351

Tiga penari Maleo berlenggak-lenggok mengantarkan Wakil Gubernur Gorontalo yang didampingi oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo dan Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Gorontalo menuju tempat duduk pada acara Rakor Satu Data Kependudukan. Acara bertema Kolaborasi Menuju Satu Data Kependudukan tersebut digelar di Hotel Maqna Gorontalo pada Kamis (12/12/2019). Rakor Satu Data Kependudukan diselenggarakan oleh BPS Provinsi Gorontalo sebagai wadah untuk meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antara BPS dengan seluruh stakeholder untuk menyukseskan pelaksanaan sensus penduduk 2020 menuju satu data kependudukan. Pemukulan alat musik tradisional khas Gorontalo, Polopalo oleh Wagub Gorontalo, Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Gorontalo dan Forkopimda menandai dibukanya acara Rakor Satu Data Kependudukan. Pada awal acara peserta yang terdiri dari Pemprov, DPRD, Forkopimda, Instansi Vertikal, Pemkab dan Pemkota, Dinas, Akademisi dan Satker Gorontalo lainnya disuguhi penampilan tari Maleo oleh tiga pasang muda-mudi asli Gorontalo. Tari Maleo merupakan tarian kreasi daerah Gorontalo yang diangkat dari spesies endemik Gorontalo yaitu burung Maleo dan berisi pesan untuk melestarikan burung tersebut. Setelah penyampaian welcome remark oleh Kabag Tata Usaha, Zainudin Taniyo, acara dibuka oleh Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim. “Atas nama jajaran Pemerintah Provinsi Gorontalo saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran kita semua di tempat ini, karena Sensus Penduduk 2020 (SP2020) bukan hanya tugas BPS saja tapi juga tugas kita semua.” Ungkap Idris mengawali sambutannya. Lebih lanjut Idris meminta seluruh masyarakat Provinsi Gorontalo untuk mendukung suksesnya pelaksanaan SP2020. “Saya minta kepada seluruh bupati dan wali kota, serta seluruh masyarakat untuk mendukung dan memastikan SP2020 nanti sukses dilakukan di masing-masing wilayahnya. Kepada BPS baik tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk selalu berkoordinasi dan berkolaborasi agar pelaksanaan SP2020 nanti dapat menghasilkan data kependudukan yang akurat” kata Idris. Disambung dengan keynote speech oleh Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Herum Fajarwati, menjelaskan bahwa pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang merupakan sensus ketujuh negara Indonesia nantinya akan sedikit berbeda dibandingkan keenam sensus sebelumnya. Dari sisi metode, jika sebelumnya pelaksanaan sensus menggunakan metode tradisional maka tahun ini metode yang digunakan adalah metode kombinasi dimana data dari Dukcapil digunakan sebagai prelist ke lapangan. “Metode kombinasi inilah yang dipilih untuk metode Sensus Penduduk 2020 di Indonesia, metode ini menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus, yang kemudian dilengkapi dengan sampel survei untuk mendapat data karakteristik lebih detil. SP2020 menggunakan data Dukcapil sebagai prelist  ke lapangan.” kata Herum Lebih lanjut Herum menjelaskan mengenai konsep lama tinggal yang digunakan pada SP2020 juga mengalami penyesuaian menjadi satu tahun. “Kalau pada enam kegiatan sensus yang dulu konsep BPS adalah enam bulan. Enam bulan atau lebih sudah tinggal atau akan tinggal sudah kami catat sebagai penduduk, karena ini konsepnya adalah menyatukan satu data kependudukan, dimana konsep Adminduk adalah 1 tahun maka pada SP2020 nanti, konsepnya menjadi sama untuk yang tinggal atau akan tinggal 1 tahun atau  lebih di wilayah tersebut.” Tak hanya itu Herum juga menjelaskan SP2020 nantinya selain dilakukan melalui wawancara oleh petugas sensus juga dapat dilakukan secara online. “Kapan sensus ini dilakukan ? Tahap pertama adalah pencacahan lengkap yaitu SPO (Sensus penduduk Online) yang dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2020 dan SPW (Sensus Penduduk Wawancara) yang dilaksanakan di bulan Juli. Kemudian tahap kedua adalah pencacahan sampel.” Pada Kesempatan tersebut Herum juga memohon dukungan kepada seluruh peserta yang hadir untuk bersama-sama menyukseskan SP2020. “Kami mohon kepada semua pihak untuk membantu menyebarluaskan informasi SP2020 dan mengedukasi masyarakat sekitarnya/ keluarganya, tentang pentingnya berpartisipasi dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Kemudian menghimbau kepada seluruh pegawai di lingkungan kerjanya, seluruh Jemaah, komunitas binaan, masyarakat sekitar untuk berpartisipasi secara aktif pada Sensus Penduduk Online (15 Februari – 31 Maret 2020) dan menerima kunjungan petugas pada Sensus Penduduk Wawancara (1- 31 Juli 2020)” Acara inti pada kegiatan ini adalah diskusi panel dengan narasumber Kepala BPS Provinsi Gorontalo dan Kepala Dinas Dukcapil, Slamet S.K Bakri, yang dipandu oleh moderator Kepala Bidang Ekonomi Bappeda, Ariyanto Husain. Pada kesempatan tersebut Slamet menyampaikan dukungan dukcapil dalam menyukseskan satu data kependudukan yaitu dengan digunakannya data dukcapil sebagai data dasar dalam SP2020 “Komitmen insan dukcapil dalam mewujudkan visi misi presiden, salah satunya kita sama2 mendukung sensus penduduk 2020 untuk mewujudkan satu data kependudukan. Dengan digunakannya data dukcapil sebagai data dasar dalam sensus penduduk 2020, kita semua berharap bahwa sensus penduduk ini akan dapat mewujudkan data penduduk yang akurat.” ungkap Slamet Mengakhiri sesi diskusi panel, Herum menghimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk memberikan data yang apa adanya pada pelaksanaan SP2020 “Kami berharap Bapak/Ibu sekalian mau memberikan data yang apa adanya pada pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, karena data yang akurat adalah data apa adanya.” pungkasnya

Rapat Teknis Persiapan Sensus Penduduk 2020 BPS Sulawesi Tengah

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   02-01-2020    511

Luwuk - Tanggal 3 dan 4 Desember menjadi tanggal penting untuk diingat. Dalam dua hari ini Para pegawai BPS Kabupaten/Kota dan Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Ratek yang dilaksanakan di Hotel Estrella Kota Luwuk Kabupaten Banggai. Kegiatan ini dibuka pada tanggal 3 Desember langsung oleh Bapak Faizal Anwar selaku Kepala BPS Sulteng. Selanjutnya pada hari pertama kegiatan adalah diskusi dan penyampaian materi terkait Sensus Penduduk 2020. selain itu terdapat juga penyampaian strategi pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 dari teman-teman Koordinator Statistik Kecamatan yang memiliki berbagai macam ide yang tentunya dapat digunakan tahun depan. Selesai hari pertama, kegiatan dilanjutkan dengan Capacity Building di hari kedua tanggal 4 Desember. Bertempat di Wisata Air Terjun Salodik kegiatan hari kedua dipenuhi dengan games untuk melatih kerjasama dan kepemimpinan Pegawai dalam Bekerja di BPS. Setelah Capacity Building Acara dilanjutkan dengan Sharing Motivasi oleh Pak Ibram yang langsung datang untuk bertemu dan berbagi pengalaman semasa di BPS untuk menambah semangat teman-teman pegawai BPS dalam bekerja. Kegiatan ditutup dengan penutupan yang sangat meriah dengan menampilkan bakat-bakat Pegawai BPS selain yang berhubungan dengan statistik, menyanyi, menari, stand up comedy, dan lainnya. Yang berbeda dengan Ratek sebelumnya adalah pada Ratek kali ini konsep yang diambil adalah Under the Sea dengan mengangkat tema "Brave to Dive". Tema ini diambil karena dalam melakukan pendataan harus menggali informasi yang dibutuhkan hingga dalam sama seperti menyelam semakin jauh menyelam maka semakin banyak hal baru yang dilihat dibandingkan dengan hanya melihat dari permukaan. (Humas BPS Sulteng)

Workshop Kepala Seksi Statistik Sosial dan Sekretariat Persiapan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   02-01-2020    599

Luwuk - Bertempat di Hotel Santika, Luwuk  Kamis (5/12) dilaksanakan Pertemuan Kepala Seksi Statistik Sosial dengan Tim Sekretariat SP2020 dari BPS Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah. Kegiatan ini membawa misi besar dalam langkah awal persiapan pelaksanaan SP2020 di Provinsi Sulawesi Tengah dan sebagai upaya konsolidasi kekuatan internal BPS Provinsi dan Kabupaten/kota. Berbagai permasalahan, kendala, tantangan yang mungkin dapat terjadi disaat pelaksanaan nanti di diskusikan untuk mendapatkan solusi sehingga selalu ada plan B dalam setiap rencana-rencana suksesnya SP2020 mendatang. (Humas BPS Sulteng)

BPS Sulawesi Tengah gelar Koordinasi dan Kolaborasi Komunitas dalam Sukseskan SP2020

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   19-12-2019    547

Palu - Gema Sensus Penduduk 2020 kian terdengar. Koordinasi dan kolaborasi dari berbagai pihak sangatlah penting dilakukan dalam hajatan besar BPS tahun depan, untuk itu dibutuhkan landasan yang kuat untuk menopang salah satu pekerjaan besar BPS di tahun 2020 mendatang. "Menyatukan Keberagaman untuk Mewujudkan Satu Data Kependudukan Indonesia 2020" Begitu tema yang diangkat untuk acara spesial kali ini. Mengambil tempat di Hotel Best Western Palu, hadir sebagai peserta berbagai komunitas yang ada di Kota Palu. Mulai dari komunitas suku, budaya hingga komunitas hobi dan olahraga. semua komunitas secara serentak siap turut serta dalam menyukseskan SP2020. Beberapa materi SP2020 disampaikan secara ringan dan menyenangkan oleh Bapak Faizal Anwar selaku Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah. Panitia juga mempersiapkan sensus online sederhana guna lebih memberikan pemahaman secara nyata manfaat pelaksaan Sensus Penduduk nantinya. Selain itu, diberikan juga sebuah spanduk untuk diisikan pesan dan semangat dukungan dari masing-masing komunitas untuk kesuksesan SP2020 nantinya.

Sosialisasi SP2020 - Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   19-12-2019    428

Palu - Sosialisasi SP2020 Goes to Campus kembali dilanjutkan, Jum'at (13/12) TIM MAKO BPS Provinsi Sulawesi Tengah dan BPS Kota Palu bersama-sama mengunjungi Kampus Universitas Tadulako Palu tepatnya adalah Fakultas Ekonomi. Peserta sosialisasi kali ini berasal dari mahasiswa dan mahasiswi yang masih menjalani kuliah semester 3. Karena audience adalah kalangan milenial,  patra narasumber memberikan materi yang dikemas sangat menarik sehingga antusiasme mahasiswa dan mahasiswi menjadi semakin tinggi. Tidak hanya materi, TIM MAKO SP2020 BPS Sulteng juga memberikan beberapa kuis seputar SP2020 yang sudah dijelaskan dalam materi. Kegiatan diakhiri dengan membuat video dukungan untuk sukseskan penyelenggaraan Sensus Penduduk 2020.#SatuDataIndonesia#BPSSulteng#SP2020#MencatatIndonesia

Jalan Santai Menuju SP2020

PROVINSI ACEH   |   18-12-2019    635

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh bekerja sama dengan Harian Serambi Indonesia menyelenggarakan jalan santai  dalam rangka Sosialisasi Sensus Penduduk 2020, Minggu, 12 Desember 2019. Kegiatan jalan santai ini terpusat di Blang Padang, Banda Aceh. Kepala BPS Provinsi Aceh, Wahyudin, melepas ribuan peserta jalan santai pukul 07.30 WIB. Selama kegiatan, peserta berjalan santai dengan tertib mengikuti rute yang ditentukan dan mendapat pengawalan voorijder Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banda Aceh. Dalam kegiatan jalan santai ini, beragam hadiah menarik (doorprize) turut dibagikan. Peserta bernomor undian 05413 adalah yang beruntung membawa pulang hadiah utama berupa sepeda motor. Demikian kemeriahan kegiatan jalan santai Sosialisasi Sensus Penduduk 2020. Jangan lupa untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online melalui laman website sensus.bps.go.id mulai 15 Februari s.d. 31 Maret 2020. Bantu kami #MencatatIndonesia. # #SP2020

Gaungkan Sensus Penduduk 2020, BPS Babel Libatkan Semua Pihak untuk Turut Berpartisipasi

PROVINSI KEP. BANGKA BELITUNG   |   18-12-2019    547

Ruang Pasir Padi Lt. 3 - Pemprov Babel (18/12). BPS Babel melakukan sosialisasi SP2020 dan penandatangan komitmen dukungan SP2020 di lingkungan Organisasi Pemerintah Daerah, Institusi dan Lembaga Terkait dengan mengundang Forkompinda, Instansi vertikal, BUMN, Perguruan Tinggi, Pimpinan Pondok Pesantren, Lembaga Keagaman, serta Redaktur Media Massa. Dibuka oleh Asisten Adminiatrasi Umum Pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung Bpk. Darlan Sp.D MM. Beliau mengharapkan kita semua membangun komitmen bersama baik pemerintah daerah, maupun semua pihak serta membantu menyampaikan informasi SP2020 ke semua media. Beliau juga mengingatkan agar tetap bekerja dengan dengan ikhlas. Selanjutnya dalam sesi diskusi dengan moderator Harjo Teguh Ilmiana, Kabid Statistik Sosial BPS Provinsi dan narasumber Kepala BPS Provinsi Ibu Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami disampaikan bahwa dasar kegiatan SP2020 adalah amanat UU no 16 tahun 1997 serta rekomendasi PBB. SP2020 nantinya akan dimanfaatkan sebagai dasar evaluasi RPJMN dan SDGs serta perencanaan berbagai bidang. SP2020 nantinya akan menggunakan metode kombinasi dimana Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan menggunakan data kependudukan dan catcatan sipil sebagai data dasar. Selain itu dijelaskan juga bahwa SP2020 dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap. Yang pertama yakni melalui Sensus Penduduk Online (SPO) yang dilaksanakan di bulan Februari dan Maret dan Sensus Penduduk Wawancara (SPW) yang dilaksanakan pada bulan Juli 2020. Pada SP2020 nantinya BPS akan menerapankan pemanfaatan teknologi melalui penggunaan gadget/tablet oleh petugas dalam pengumpulan data dilapangan guna pelaksanaan kegiatan yang lebih efektif dan efesien. Pada akhir diskusi narasumber mengaharapkan dukungan penuh kepada semua undangan untuk berpartisipasi baik secara online di bulan Februari Maret serta mengajak sekelilingnya, selain itu  menerima petugas dan menjawab pada Sensus Penduduk Wawancara di bulan Juli serta membantu BPS dalam Mencatat Indonesia. Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan komitmen dukungan SP2020 oleh semua Dinas/instansi, BUMN, Perguruan Tinggi, Pimpinan Pondok Pesantren, Lembaga Keagaman, serta Redaktur Media Massa yang hadir. #SP2020#MencatatIndonesia

Car Free Day SP2020

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   17-12-2019    572

Ada yang berbeda dengan Car Free Day Kupang Sabtu kemarin. Yap rombongan BPS Provinsi NTT, BPS Kabupaten Kupang dan BPS Kota Kupang membirukan jalan El Tari Kupang. Hal ini dilakukan dalam rangka Sosialisasi Sensus Penduduk 2020. Agenda besar Indonesia yang akan berlangsung dalam hitungan beberapa minggu tersebut sangat penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat luas, mengingat Sensus Penduduk 2020 adalah wajib bagi seluruh penduduk Indonesia dimanapun berada. Nah dalam event tersebut, selain sosialisasi, BPS NTT juga mengadakan jalan santai dan zumba bersama. #sahabatdata jangan lupa ya ikut Sensus Penduduk 2020! Update data dirimu secara online di sensus.bps.go.id, pada 15 Februari 2020 - 31 Maret 2020..____Lebih lanjut tentang BPS NTT:📱 Facebook : BPS Provinsi NTT📸 Instagram : bps.ntt🖥 Web : ntt.bps.go.id

Workshop Sekretariat dan Humas SP2020 BPS Kabupaten/Kota se Kalimantan Barat

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   12-12-2019    455

Bertempat di Hotel Grand Mahkota Pontianak, pada 9-10 Desember 2019 lalu, BPS Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Workshop Sekretariat dan Humas Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Sekabupaten-kota Provinsi Kalimantan Barat. Acara ini dihadiri oleh 56 peserta yang berasal dari BPS Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat. Adapun tujuan dari acara untuk menjelaskan tugas dan fungsi kesekretariatan Markas Koordinasi (MAKO) dan Humas SP2020, sebagai kelanjutan dari kegiatan yang dilaksanakan oleh BPS RI.Dalam pidatonya, Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Pitono, MAP mengharapkan terjadinya sinergi dan kerja sama yang baik antar Sekretariat MAKO SP2020 dan Humas di BPS, sehingga SP2020 dapat tersosialisasikan dengan baik dan dapat dikenal oleh seluruh komponen masyarakat. Acara ini juga diselingi dengan evaluasi kegiatan Matching Satuan Lingkungan Setempat (SLS)  oleh Kepala Bidang Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik, Ulah Tri Wibowo, S.Si, M.Si. Matching SLS merupakan salah satu langkah awal yang mendukung keberhasilan pelaksanaan SP2020.Mari, bahu membahu Mencatat Indonesia.

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 bersama Instansi Vertikal dan OPD Provinsi Lampung

PROVINSI LAMPUNG   |   12-12-2019    528

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 bersama Instansi Vertikal dan Organisasi Perangkat Daerah Tingkat Provinsi Lampung dilaksanakan pada hari Rabu 11 Desember 2019 bertempat di Hotel Emersia Bandar Lampung. Kepala BPS Provinsi Lampung, Yeane Irmaningrum dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sensus Penduduk adalah pekerjaan besar, besar dari sisi jumlah objek yang harus didatanya yaitu seluruh penduduk Indonesia. Beliau juga berharap pada kegiatan sosialisasi ini dan inovasi pada metode pendataan khususnya pelaksanaan SP2020 di Provinsi Lampung menjadi lebih lancar dan mudah dan menghasilkan data sensus yang berkualitas. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, yang menegaskan bahwa Data merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam pembangunan, baik sebagai dasar dalam perencanaan maupun sebagai alat dalam mengevaluasi program-program pembangunan.    

Forum Komunikasi Publisitas Sensus Penduduk 2020

PROVINSI SULAWESI UTARA   |   10-12-2019    524

Dalam rangka mensosialisasikan kegiatan sensus penduduk kepada mahasiswa dan media, BPS Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Forum Komunikasi Publisitas Sensus Penduduk 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2019 di hotel Four Point, Manado, Sulawesi Utara. Beberapa pembicara yang turut hadir di kegiatan tersebut adalah Dr. Ateng Hartono SE, M.Si selaku kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara, Noldy Tuerah, Ph.D. selaku kepala Ekonom di Provinsi Sulawesi Utara. Dalam pidatonya Ateng Hartono menyampaikan strategi sensus penduduk tahun 2020 dan mengharapkan media dapat membantu penyampaian strategi tersebut kepada masyarakat agar setiap penduduk dapat di cacah dengan baik. Pernyataan ini juga didukung oleh bapak Noldy Tuerah. Beliau menyampaikan bahwa dengan data yang akurat akan mendukung perencanaan kebijakan di segala sektor pembangunan di provinsi Sulawesi Utara.

Warga Jakbar Siap Sukseskan SP2020

PUSAT   |   10-12-2019    722

Jakarta Barat - Waktu belum menunjukkan pukul 06.30 WIB, namun barisan massa dari berbagai lapisan telah berjajar rapi mengikuti alunan irama senam SKJ dan aerobik. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari acara Sosialisasi Sensus Penduduk Online Tahun 2020 (SPO2020) yang diselenggarakan oleh BPS Kota Jakarta Barat bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat dan Bank DKI, Minggu (08/12) di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), Hayam Wuruk, Jakarta Barat.Hadir Kepala BPS Provinsi DKI Jakarta, Buyung Airlangga, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat (Sudin LH Jakbar), Edy Mulyanto mewakili Walikota Jakarta Barat, Kepala BPS Kota Jakarta Barat selaku tuan rumah, Munawaroh, Kepala BPS Kota Jakarta Timur, Banua Rambe, dan Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Seribu, Pudji Pangastuti. Tak mau ketinggalan para mitra BPS Kota Jakarta Barat, dan juga ibu-ibu PKK dari beberapa kelurahan di Jakarta Barat turut memeriahkan acara tersebut.Acara diisi dengan sosialisasi SP2020 dari Buyung Airlangga yang dilanjutkan Edy Mulyanto. Senam SP2020, serta kuis dan hadiah-hadiah yang menarik serta dipandu MC Yulian Deehan dari King Management yang membawakan acara secara apik, masyarakat pun dilibatkan dalam bentuk game berhadiah dan sumbang lagu. Suasana panggung terasa lebih meriah dengan kehadiran artis Oza Kioza (anggota grup musik duo serigala), yang menghentak panggung dengan lagu yang sedang favorit saat ini “Entah Apa Yang Merasukimu” diiringi goyang tiktok oleh massa yg hadir.Dalam kesempatan itu, Buyung mengajak seluruh warga DKI, khususnya Jakarta Barat untuk berpartisipasi aktif menyukseskan gelaran 10 tahunan tersebut.“Sensus Penduduk 2020!” pekik Edy di awal sambutannnya, yang dijawab \"Mencatat Indonesia\" secara serempak dan semangat oleh pengunjung yang hadir. Itu pertanda bahwa Jakarta Barat memang siap menyukseskan Sensus Penduduk 2020,” ujarnya. Lebih lanjut Edy mengharapkan bahwa semua warga terdaftar, karena sensus ini sangat berguna termasuk untuk kepentingan lingkungan hidup. Dengan mengetahui jumlah penduduk yang pasti, akan diketahui berapa sampah yang dihasilkan di Jakarta Barat.Erita, salah seorang Mitra, menyampaikan tekadnya untuk membantu menyosialisasikan SP2020 ini ke lingkungan tempat tinggalnya. “Saya mau sosialisasikan kepada warga saya terutama Kelurahan Keagungan, dengan datang ke rumah-rumah warga, tapi izin dulu ke RT RW,\" jelasnya. Ketika ditanya apakah optimis bahwa warga akan melakukan pendataan, Erita menyatakan optimis sekali. “Kalo dia yang ga mau, saya yang mauin.Tapi Insya Allah semua pada mau, warga juga pasti akan menerima,” ujarnya semangat.Dila, seorang warga yg hadir yang juga anggota PKK mengatakan bahwa dia baru tahu adanya sensus ini dari adanya sosialisasi pada hari ini. Dia dengan antusias mengatakan bahwa dirinya dan juga temannya mau berpartisipasi dalam sensus online ini. “Kalo online nggak susahlah, tinggal ngikutin aja prosedurnya, download di aplikasi, tapi BPS sosialisasi ke warga dulu,” pesannya.Secara terpisah, Munawaroh mengharapkan dengan adanya acara sosialisasi ini, masyarakat aware bahwa Februari 2020 nanti akan ada Sensus Penduduk. “Saya berharap SPO ini berhasil, karena SPO cocok sekali diterapkan di Jakbar ini, karena banyak kawasan elit dan apartemen. Mereka juga bisa kapan saja melakukan sensus, saya ingin target online ini 30 persen”, harapnya. Selanjutnya Munawaroh juga akan melakukan sosialisasi ke apartemen, dan juga sensus goes to school ke beberapa SMA di Jakarta Barat.

Gandeng Humas K/L se-Indonesia, SP2020 Kian Siap Untuk Berlayar

PUSAT   |   10-12-2019    706

Jakarta – Tak sia-siakan kesempatan, Badan Pusat Statistik (BPS) manfaatkan Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) kali ini untuk menyosialisasikan Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Kegiatan yang diadakan pada Rabu (04/11) dan bertempat di Best Western Hotel, Jakarta ini dihadiri oleh perwakilan puluhan kementerian/lembaga (K/L) yang tergabung sebagai anggota bakohumas. Lewat forum ini, BPS ingin kembali menegaskan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) punya peran besar dalam menyukseskan SP2020. Utamanya dalam meningkatkan response rate Sensus Penduduk Online (SPO).Staf Ahli Menteri Bidang Hukum Kementerian Komunikasi dan Informatika, Henri Subiakto, menyatakan bahwa sensus penduduk tidak semata hanya milik BPS, ”BPS hanya mencatat. Pengguna datanya nanti ya kementerian-kementerian ini juga. Karena tanpa data, kebijakan bisa tidak tepat. Bisa melenceng” , ungkapnya. Hendri berharap, humas pemerintah yang ada di tiap K/L bisa ikut menyosialisasikan pelaksanaan SP2020 kepada para pegawai di instansinya masing-masing. Sependapat dengan Hendri, Kecuk Suhariyanto selaku Kepala BPS juga mengungkapkan, “Kesuksesan SP2020 nanti adalah sukses kita semua. Jadi kuncinya satu, yaitu kolaborasi.”Selanjutnya, Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Margo Yuwono mengajak seluruh peserta forum untuk mengenal SP2020 lebih jauh. Margo bercerita mengenai inovasi yang ada di SP2020, mulai dari penggunaan metode kombinasi hingga adanya cara pengisian baru, yaitu pengisian secara online yang dapat dilakukan dengan cara mengakses laman resmi sensus selama 15 Februari – 31 Maret 2019. Selain itu, Margo menjelaskan bahwa BPS juga telah menjalin kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data baik yang dikumpulkan secara online maupun wawancara.

Rapat Strategi Penguatan Lapangan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI SULAWESI UTARA   |   09-12-2019    430

Dalam rangka koordinasi dan penyetaraan konsep dan strategi, BPS Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Rapat Strategi Penguatan Lapangan Sensus Penduduk 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 - 8 Desember 2019 di hotel Mercure Manado Tateli Resort and Convention, Minahasa, Sulawesi Utara. Beberapa pembicara yang turut hadir di kegiatan tersebut adalah Roby Darmawan, M.Eng. selaku ketua Markas Besar Sensus Penduduk 2020 di BPS, Dr. Ateng Hartono SE, M.Si selaku kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara, Sumbodo Aji Cahyono S.Si., M.A selaku kepala Bidang IPDS BPS Provinsi Sulawesi Utara, dan Ir. Royke Oct Rawung MM selaku Kepala Bagian Tata Usaha BPS Provinsi Sulawesi Utara. Kegiatan ini tidak hanya dihadiri oleh pegawai BPS Provinsi Sulawesi Utara saja, tetapi juga turut mengundang seluruh staf dan KSK BPS Kabupaten/Kota se-Sulawesi Utara yang juga turut serta memeriahkan acara tersebut dengan berbagai bentuk pesembahan kesenian daerah dan modern.  

Rapat Koordinasi Persiapan Sensus Penduduk 2020 BPS-Dinas Dukcapil se-Sulawesi Utara

PROVINSI SULAWESI UTARA   |   09-12-2019    597

Dalam rangka koordinasi dan penyetaraan konsep dan strategi, BPS Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Sensus Penduduk 2020 BPS-Dinas Dukcapil se-Sulawesi Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2019 di hotel Four Point, Manado, Sulawesi Utara. Beberapa pembicara yang turut hadir di kegiatan tersebut adalah Dr. Ateng Hartono SE, M.Si selaku kepala BPS Provinsi Sulawesi Utara, Dendi Handiyatmo SST, M.Si. selaku kepala Bidang Sosial BPS Provinsi Sulawesi Utara, dan Drs. Tonny CH. Panungkelan selaku Kepala Seksi PIAK dan Pemanfaatan data Bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Utara. Dalam pidatonya Ateng Hartono menyampaikan pentingnya koordinasi antar dinas Dukcapil dan BPS Kabupaten/Kota untuk mewujudkan satu data Indonesia.

Kunjungan Kerja ke Bappeda dalam Rangka Sosialisasi dan Koordinasi SP2020

PROVINSI KEP. BANGKA BELITUNG   |   06-12-2019    492

Pangkalpinang (Kamis, 5/12), bertempat di ruang kerjanya, Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fery Insani menyambut baik kedatangan rombongan dari BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Rombongan yang dipimpin oleh Dwi Retno selaku kepala BPS, mengutarakan maksud dan tujuan kedatangan ke Bappeda. Selain menjaga hubungan baik antara kedua instansi, juga bertujuan mensosialisasikan agenda besar BPS yakni Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang nantinya terbagi dalam 2 tahap. Tahap 1 dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2020 untuk Sensus Penduduk Online (SPO) dan tahap 2 dilaksanakan pada bulan Juli 2020 untuk Sensus Penduduk Wawancara (SPW). Dwi Retno juga menyampaikan perlunya dukungan dari semua pihak termasuk dukungan dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sehubungan dengan itu, BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung rencananya akan melaksanakan acara bertema "Sosialisasi SP2020 dan Penandatanganan Komitmen Dukungan dalam Rangka Menyukseskan Sensus Penduduk 2020" pada tanggal 18 Desember 2019 di Aula Kantor Gubernur. Semua Kepala OPD akan diundang, termasuk juga pihak-pihak swasta dan lembaga kemasyarakatan yang ada di Bangka Belitung.Bak gayung bersambut, Fery Insani mengapresiasi rencana kegiatan ini. Beliau dengan tangan terbuka siap membantu membuat surat edaran dari Gubernur untuk ditujukan kepada semua Kepala OPD agar bisa hadir pada kegiatan yang dimaksud. #SP2020#MencatatIndonesia

Apel RabuSP 4 Desember 2019 - LK Individual sebagai langkah konkrit SP2020

PROVINSI KEP. BANGKA BELITUNG   |   06-12-2019    457

Pangkalpinang – Pelaksanaan Apel RabuSP (4/12) dipimpin oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Reflin Arda. “Mari kita dengarkan capaian dan rencana kerja dari Tim Sekretariat SP2020” ucap beliau sebelum memulai arahannya. Setiawan Karyadi, wakil ketua sekretariat SP2020 BPS Provinsi membacakan program-program yang sudah dilaksanakan BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mensukseskan SP2020 serta rencana kerja yang akan dilaksanakan kedepannya.Dalam arahannya, Reflin menyampaikan terima kasih kepada semua pegawai atas progess yang sudah dicapai. Beliau juga mengingatkan agar seluruh pegawai menyusun strategi dan langkah konkrit dalam mensukseskan SP2020 yang sudah di depan mata. “Saya meminta kepada seluruh pegawai agar membuat Lembar Kerja (LK) individual yang berisi jumlah target rumah tangga yang mengisi Sensus Penduduk Online (SPO) dan Januari 2020 dikumpulkan ke Tim Sekretariat” tutup beliau mengakhiri arahannya. #SP2020

SP2020 di Dies Natalis ke- 18 FIMPA

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   05-12-2019    389

FMIPA Universitas Tanjungpura Pontianak memperingati  Dies Natalis yang ke-18 pada hari Sabtu, 30 November 2019 bertempat di Gedung Baru FMIPA Untan. Peringatan yang dikemas dalam agenda jalan Sehat ini dihadiri oleh para Dosen, karyawan beserta keluarga dan mahasiswa FMIPA. Dekan FMIPA H Afghani Jayuska, S.Si., M.Si melepas langsung peserta jalan sehat yang mengambil rute Gedung baru FMIPA ke jalan A Yani dan masuk ke jalan Perdana kembali ke Gedung Baru FMIPA Untan. Tampak di barisan paling depan, kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat Ir. Pitono MAP didampingi beberapa Kabid dan Kabag BPS Provinsi Kalimantan Barat. Dengan Menggunakan kaos bertemakan Sensus Penduduk 2020 Pitono hadir memenuhi undangan dari Dekan FMIPA, untuk mengikuti kegiatan jalan sehat  serta memberikan sambutan. Sepanjang jalan santai tampak terjadi pembicaraan yang akrab antara dua petinggi tersebut. Rangkaian kegiatan ini diakhiri dengan pemotongan tumpeng, senam bersama, serta pengundian doorprise. Kepala BPS dan Kabag Tata Usaha BPS Provinsi Kalimantan Barat juga memperoleh penghargaan dengan menerima potongan tumpeng oleh Dekan FMIPA. Dalam sambutannya Pitono berpesan kepada para mahasiswa untuk dapat memanfaatkan dengan baik masa-masa pendidikan, memanfaatkan fasilitas kampus yang ada guna menunjang program belajar, serta berpesan agar selalu bangga menjadi Mahasiswa FMIPA. Kedepannya diharapkan hubungan yang harmonis antara BPS dan Universitas Tanjung Pura dapat terus terjalin, mengingat sesaat lagi BPS akan melaksanakan Sensus Penduduk 2020, dukungan dan peran serta Universitas (dalam hal ini mahasiswa) sangat diharapkan. Goes to Campus salah satu program publisitas SP2020 yang sudah diagendakan untuk dilaksanakan di event selanjutnya. Selamat dan Sukses Dies Natalis ke- 18 FIMPA Universitas Negeri Tanjung Pura.

BPS Provinsi Sulawesi Tengah Gelar Sosialisasi Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   03-12-2019    1102

Palu - Untuk pertama kalinya BPS Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Workshop Wartawan se-Sulawesi Tengah. Dibuka langsung oleh Bapak Faizal Anwar selaku Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah, kegiatan ini dihadiri langsung oleh wartawan baik dari media cetak maupun online yang biasa memberikan asupan berita kepada Masyarakat Sulawesi Tengah.Bertempat di Lantai 11 Best Western & Coco Hotel Palu, Jum'at (29/11/2019) Puluhan jurnalis dari media cetak, radio, dan online di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti Workshop Wartawan bertema “Sinergitas dalam Menyukseskan Sensus Penduduk 2020 dan Penyebarluasan Informasi Data Badan Pusat Statistik (BPS)".Dalam sambutannya Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi tengah, Bapak Faizal Anwar, menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyampaian informasi, dimana media menjadi corong utama bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi. Peran serta media, baik cetak maupun elektronik sangat penting dalam menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 di Sulawesi Tengah. Tanpa bantuan media, sensus penduduk yang dilaksanakan setiap 10 tahun itu tidak akan terlaksana sesuai dengan harapan dan target. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman insan pers terhadap cara kerja BPS dalam menyajikan setiap data yang ada.Melalui workshop ini, media memilliki pandangan yang sama dengan apa yang disampaikan oleh BPS. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keakraban antara BPS dan pihak Media menjelang pelaksanaan SP2020 mendatang.

Sosialisasi SP2020 di CFD Jakarta Barat

PROVINSI DKI JAKARTA   |   02-12-2019    426

Hai sobat data, yuk meriahkan #carfreeday Sosialisasi #SensusPenduduk2020 yang akan diselenggarakan pada Minggu, 8 Desember 2019 di sepanjang Jl. Hayam Wuruk - Jl. Gajah Mada Jakarta Barat (depan Hotel Grand Paragon).Ada senam, live music, photobooth, games-games seru dan pastinya doorprize.Di kegiatan ini sobat akan lebih tahu bagaimana setiap kita bisa berkontribusi positif dalam mensukseskan pembangunan bangsa. Mari sukseskan #SP2020#MencatatIndonesia

SP2020 : KOLABORASI MENUJU SATU DATA KEPENDUDUKAN

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   29-11-2019    593

Pada tahun 2020, BPS akan melakukan kegiatan besar, yakni Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Salah satu bentuk persiapan yang dilakukan oleh BPS Provinsi Kalimantan Barat adalah koordinasi seluruh satuan kerja BPS yang berada di wilayah Kalimantan Barat melalui kegiatan Rapat Teknis Daerah (Ratekda) Persiapan SP 2020 Tahun 2019. Kegiatan Ratekda ini dilaksanakan di Hotel Maestro Pontianak dari tanggal 19 – 21 November 2019, dengan peserta yang berasal dari BPS Provinsi Kalimantan Barat, maupun kabupaten/kota. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat, Bapak Ir. Pitono, M.Ap.Dalam sambutannya, beliau menyatakan bahwa SP2020 akan menggunakan metodologi yang berbeda dengan sensus sebelumnya, di mana data registrasi penduduk dari Dukcapil sebagai data dasar pelaksanaan sensus penduduk di lapangan. Hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan  Satu Data Kependudukan di Indonesia, sejalan dengan semangat Perpres No.39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.  Perubahan metodologi ini akan berdampak pada seluruh aspek, baik aspek teknis maupun non-teknis, seperti perubahan proses bisnis yang harus dipersiapkan dalam waktu yang relatif singkat. Dengan adanya proses bisnis yang baru ini, beliau berpesan kepada seluruh jajaran BPS, baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota, agar mampu berkoordinasi dan berkolaborasi dalam proses persiapan, pencacahan lapangan, sekaligus menentukan strategi mitigasi yang tepat untuk setiap tahapan yang tidak berjalan sesuai dengan perencanaan.

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 - DWP Sulawesi Tengah

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   28-11-2019    435

Palu - Bertempat di Kantor Dharma Wanita Persatuan Provinsi Sulawesi Tengah, kegiatan Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan oleh TIM MAKO BPS Provinsi Sulawesi Tengah, pada hari Kamis, 14 November 2019.Dipandu langsung oleh Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak Moh. Wahyu Yulianto, S.Si, SST, M.Si dan Wakil Ketua MAKOBapak Henry Simanjuntak, SST, M.Si, acara sosialisasi berlangsung begitu meriah melihat antusiasme Ibu-Ibu Darma Wanita Persatuan Provinsi Sulawesi Tengah dalam menyukseskan SP2020 mendatang. (2T)#SatuDataIndonesia#BPSSulteng#SP2020#MencatatIndonesia

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 - Korem 132/Tadulako

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   28-11-2019    404

Palu - TIM MAKO SP2020 BPS Provinsi Sulawesi Tengah kembali melakukan Sosialisasi Sensus Penduduk pada hari Jum’at,15 November 2019, bertempat di lapangan KOREM 132 Tadulako Palu.Kegiatan diawali dengan paparan materi terkait SP2020 oleh Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak Moh. Wahyu Yulianto, S.Si, SST, M.Si kemudian dilanjutkan dengan Quiz seputar SP2020 dan diakhir dengan pembuatan Video dukungan KOREM untuk kesuksesan SP2020 mendatang. (2T)#SatuDataIndonesia#BPSSulteng#SP2020#MencatatIndonesia

Ratekda Persiapan SP2020 BPS NTT

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   26-11-2019    481

Sensus Penduduk 2020 (SP 2020) adalah kegiatan besar yang akan dilaksanakan BPS ditahun 2020. Untuk itu, perlu persiapan yang matang untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Salah satu bentuk persiapan yang dilakukan oleh BPS Provinsi NTT adalah koordinasi dan konsolidasi seluruh satker BPS yang berada diwilayah Nusa Tenggara Timur melalui kegiatan Rapat Teknis Daerah (Ratekda) Persiapan SP 2020 Tahun 2019..Mengusung tema Konsolidasi Menuju Satu Data Kependudukan, kegiatan Ratekda dilaksanakan di Hotel Aston Kupang dari tanggal 17 November – 21 November 2019 dengan peserta sejumlah 185 orang yang berasal dari BPS Provinsi dan BPS Kab/Kota. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur Bapak Darwis Sitorus, SSi, M.Si.Dalam sambutannya, beliau menyatakan SP2020 bukan hanya sebuah kegiatan besar melainkan kegiatan yang special dan menentukan keberadaan Indonesia dalam modernisasi pelaksanaan sensus penduduk. Mengapa spesial? Karena pada SP2020, BPS akan melakukan sebuah lompatan besar dengan melakukan “modernisasi” pada 2 area pelaksanaan sensus yaitu area metodologi dan area teknologi. Untuk itu sangat dituntut perubahan mekanisme kerja untuk menyukseskan proses implementasi modernisasi tersebut..Diakhir kegiatan Ratekda juga akan dilakukan penandatanganan kesepakatan atas berbagai komitmen yang sudah dicapai dalam Ratekda.____Lebih lanjut tentang BPS NTT:📱 Facebook : BPS Provinsi NTT📸 Instagram : bps.ntt🖥 Web : ntt.bps.go.id____

Sosialisasi SP2020 di Car Free Day Rawamangun

PUSAT   |   26-11-2019    492

Jakarta – Lautan manusia membanjiri jalan pemuda dekat Jakarta International Velodrome. Berolahraga bersama dengan iringan lagu Sensus Penduduk yang dikemas layaknya flashmob, membuat suasana semakin meriah. Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) yang berlokasi di Rawamangun dijadikan ajang untuk menyosialisasikan kegiatan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang sudah semakin dekat. CFD di Rawamangun yang dilakukan dua kali setiap bulan, dimanfaatkan BPS Kota Jakarta Timur sebagai momentum untuk menginformasikan kegiatan SP2020 kepada masyarakat. “Ini bagian dari sosialisasi SP2020. Kita ingin memastikan bahwa informasi SP2020 menyebar luas ke masyarakat sehingga partisipasi pada saat Sensus Penduduk Online cukup tinggi. Kita berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur,” ucap Banua Rambe, Kepala BPS Kota Jakarta Timur.SP2020 akan dilaksanakan secara dua tahap, yaitu Sensus Penduduk Online (SPO) pada Februari-Maret 2020 dan Sensus Penduduk Wawancara (SPW) pada Juli 2020. “Data Penduduk ini sangat diperlukan khususnya bagi Pemerintah Jakarta Timur agar tepat sasaran untuk menentukan kebijakan, demi kita semua,” jelas Buyung Airlangga, Kepala BPS Provinsi DKI Jakarta, di atas panggung utama.Senada dengan Buyung, M. Anwar, Walikota Jakarta Timur pun mengimbau kepada ribuan warga yang hadir untuk menyambut baik kegiatan SP2020. “Kita wajib menyukseskan Sensus Penduduk ini. Karena kalau data kita salah, maka akan fatal ke depannya,” ucapnya saat memberi sambutan sekaligus membuka acara sosialisasi SP2020.

Matangkan SP2020 melalui Pelatihan Instruktur Utama

PUSAT   |   11-11-2019    586

Jakarta – “Untuk pertama kalinya sensus penduduk akan menggunakan data yang bersumber dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil. Ini merupakan hal istimewa dalam sejarah Sensus Penduduk di Indonesia,” ucap Ahmad Jaelani, Inspektur Utama BPS saat membuka kegiatan pelatihan Instruktur Utama (Intama) Sensus Penduduk 2020 (SP2020) di Hotel Gran Melia (11/11). Pelatihan ini bertujuan mematangkan konsep, definisi serta memberikan penjelasan dan pemahaman yang sama tentang pengumpulan data SP2020. Calon Intama yang dilatih terdiri atas 25 orang pejabat eselon empat dan fungsional BPS pusat ditambah 10 orang BPS daerah yang sudah diseleksi. “Dengan melibatkan teman-teman daerah, harapannya akan memperkaya masalah-masalah apa yang akan muncul di lapangan,” jelas Ahmad Jaelani.Selama enam hari efektif, peserta akan mendalami dan mengelaborasi bagian besar dalam sensus penduduk, yaitu kegiatan lapangannya. Selain penjelasan materi konsep dan definisi, juga akan dilakukan role playing menggunakan kuesioner yang sudah final.“Ya, kuesioner SP2020 sudah difinalkan. Satu kuesioner itu hanya terdapat 21 pertanyaan yang menyangkut variabel individu, pekerjaan, perumahan, dan pendidikan,” ungkap Mariet Tetty selaku ketua penyelenggara. Sementara pertanyaan yang lebih rinci dan lebih banyak akan dilaksanakan pada pencacahan sampel di tahun 2021.Konsep serta definisi yang jelas dan mengacu pada panduan internasional yang digunakan dalam SP2020 harus dipahami secara baik oleh para instruktur utama. Hal ini menjadi titik awal untuk menjamin data hasil SP2020 yang akurat dan terbanding.

SP2020 Hadir di Festival Bahari Kepri

PUSAT   |   10-11-2019    466

Tanjung Pinang – ”Sebagai wilayah bahari, penduduk Kepulauan Riau (Kepri) tersebar dibanyak pulau hingga daerah terpencil. Hasil Sensus Penduduk 2020 (SP2020) sangat penting bagi pemerintah Provinsi Kepri untuk menyusun perencanaan pembangunan agar kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan dengan baik.\" Demikian testimoni Wakil Gubernur Kepri, Isdianto dalam pembukaan acara Festival Bahari yang akan berlangsung selama 5 hari (5-10/11).Festival yang digelar untuk yang ke-empat kalinya ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pariwisata dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dalam rangka ulang tahun Provinsi Kepri.Berbagai acara digelar seperti perlombaan tradisional, pameran produk UKM dan ekonomi kreatif, tabligh akbar, pentas seni, panggung hiburan, serta kegiatan menarik lainnya. Ciri khas dari Festival Bahari Kepri adalah adanya Event Yacht Rally yang diikuti oleh berbagai negara. Pembukaan dilaksanakan pada Selasa malam (5/11) di Gedung Daerah Provinsi Kepri. Sensus Penduduk 2020 (SP2020) hadir dalam pembukaan tersebut dalam bentuk pemutaran video highlight SP2020 serta penyerahan plakat dari Kepala Biro Humas dan Hukum BPS, Endang Retno Sri Subiyandani mewakili Kepala BPS RI kepada Wakil Gubernur Kepri.“Acara ini strategis sekali untuk menyosialisasikan SP2020 karena bersifat international. Adanya hubungan baik antara BPS dengan Pemda Kepri dan Dinas Pariwisata membuat BPS Provinsi Kepri dapat menyisip sosialisasi SP2020 dengan tidak berbayar,” ujar Zulkifli, Kepala BPS Provinsi yang ikut mendampingi Yani, panggilan akrab Endang Retno ketika penyerahan plakat ke Wagub.Diakhir acara, Yani tampil menyosialisasikan SP2020 kepada media yang hadir dalam acara tersebut. “SP2020 dilakukan dengan dua tahapan, secara online dan wawancara. Penduduk yang tidak mendapat akses internet akan didata oleh petugas dengan wawancara secara langsung.\"Acara ditutup dengan berbagai tarian dan nyayian khas melayu serta menabuh gendang bersama-sama Wakil Gubernur Kepri, perwakilan Kemenpar serta tamu undangan yang hadir.

BPS Bali Audiensi ke Korem 163 Wira Satya Sampaikan Rencana Sensus Penduduk 2020

PROVINSI BALI   |   08-11-2019    889

Denpasar (15/10) - Rombongan BPS Provinsi Bali dipimpin langsung oleh Ir. Adi Nugroho, M.M., didampingi 4 orang Kabag/Kabid dan 1 orang Staf. Pada kesempatan tersebut Kepala BPS Provinsi Bali menyampaikan maksud kedatangan untuk beraudiensi dengan pihak Korem 163/Wira Satya.   “Pertama tentunya kami melakukan silaturahmi dengan satuan TNi dalam hal ini Korem 163/Wira Satya. Selanjutnya ada misi lain dalam rangka berkoordinasi dan memohon bantuan pihak Korem membantu BPS Provinsi Bali menghadapi pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 atau SP2020,” papar Adi Nugroho. Lanjutnya, pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 sudah dalam beberapa bulan ke depan tepatnya pada Bulan Februari dan Maret 2020. Mekanisme pelaksanaannya berbeda dengan Sensus Penduduk yang sudah dilaksanakan pada periode sebelumnya. Adi Nugroho menjelaskan di SP2020 nanti sensus penduduk dilaksanakan dengan sistem online, lebih kepada Web Sensus. Jadi untuk linknya bisa di akses melalui komputer atau ponsel pintar. Setiap penduduk dengan memanfaatkan gadget atau ponsel pintarnya langsung dapat mendata tentang diri bersangkutan sebagai penduduk Indonesia melalui aplikasi yang ada. Sementara pada Sensus Penduduk periode sebelumnya masih bersifat manual dimana petugas mendatangi ke lapangan. Menurutnya peran TNI termasuk instansi lain seperti Kepolisian dan Pemerintahan akan membantu BPS untuk menjadi personel leader dalam mensosialisasikan penerapan aplikasi sensus penduduk berbasis online tersebut kepada keluarga, sanak saudara, tetangga dan masyarakat. Memang dengan penerapan aplikasi ini butuh pemahaman dan bagaimana cara pengisian pendataannya. Dengan Tim IT yang ada di BPS maka akan dilatihkan kepada para personel yang nantinya menjadi leader di masyarakat. Kasrem 163/Wira Satya merespon positif apa yang menjadi keinginan BPS untuk melibatkan TNI sebagai tenaga sosialisasi dan pelatih ataupun pemandu di lapangan. “Hal ini akan kami laporkan ke Bapak Danrem, semoga apa yang menjadi harapan pihak BPS dapat terlaksana sesuai rencana,” jelas Kasrem. Kasrem mengungkapkan kegiatan bersinergi antara TNI dengan instansi lainnya dalam mendukung program-program pemerintah sudah banyak dilakukan dan pihak TNI sangat mendukung pelaksanaannya. DI lapangan kita memiliki Babinsa yang dapat dilatihkan dan mendukung program sensus penduduk mendatang. Sebagaimana diketahui pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 bertujuan untuk menyatukan data kependudukan Indonesia secara de yure yang berbasis Kartu Tanda Penduduk atau KTP dan secara de facto yang berdasarkan pendataan di lapangan. Semuanya bermuara pada mendapatkan data yang valid terkait jumlah penduduk Indonesia.

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di Lingkungan OPD Provinsi Bali

PROVINSI BALI   |   08-11-2019    651

Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 di lingkup Pemerintah Provinsi Bali, dihadiri undangan seluruh Kepala OPD Provinsi Bali (atau perwakilan) beserta dengan 3 orang staf dari masing-masing OPD.Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, 29 Oktober 2019 bertempat di Gedung Wisma Sabha Kantor Gubernur Bali.Badan Pusat Statistik kembali menggaungkan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 melalui kegiatan sosialisasi di tingkat OPD.Pada sesi diskusi peserta tampak antusias bertanya proses dan tata cara pelaksanaan Sensus Penduduk Online yang akan digelar pada tahun 2020 nanti. Ke depannya BPS Provinsi Bali mengharapkan Sensus Penduduk makin dikenal di seluruh kalangan masyarakat.Bantu kami #MencatatIndonesia melalui SENSUS PENDUDUK ONLINE 2020Aku, kamu, kita, semuanya begitu berarti, pastikan tercatat dalam sensus penduduk online 2020.#SensusPenduduk2020#sp2020

Sekda Dewa Indra Ajak Kepala OPD dan TNI-POLRI Bantu Sukseskan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI BALI   |   08-11-2019    2181

Peningkatan jumlah penduduk pada setiap daerah mewajibkan Pemerintah melalui Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sensus penduduk secara tertata dan terstruktur. Hal ini dilakukan sebagai langkah awal menghitung jumlah penduduk, mengetahui sebaran penduduk, mengumpulkan data kependudukan sekaligus mengumpulkan informasi untuk digunakan dalam pembangunan. Untuk itu, sensus penduduk yang dilaksanakan sepuluh (10) tahun sekali ini disiapkan lebih awal oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Edukasi kepada masyarakat tentang  penting dan bagaimana cara mengelola data kependudukan perlu dilakukan, termasuk seluruh masyarakat yang sudah terdidik, dimulai dari data pribadi juga harus mendapatkan sosialisasi kinerja sensus secara benar. Terkait pendataan sensus penduduk tahun 2020 mendatang, BPS akan melakukannya secara online. semua instusi dan elemen masyarakat, bersama-sama turut serta dalam menyukseskan pelaksanaan SP2020, sehingga mampu mengatasi kesulitan yang dirasakan saat meng-input data sensus penduduk pada bulan Februari-Maret 2020 mendatang. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra saat membuka Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) dan Sosialisasi Kegiatan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) BPS Provinsi Bali, di Harris Hotel Denpasar, Kamis (17/10). Selain itu sosialisasi juga harus terus di genjot mulai dari memerintahkan tiga (3) staf pada setiap OPD yang bekerja mensosialisasikan kinerja sensus penduduk 2020 (SP2020) dan di awasi langsung oleh Kepala OPD terkait yang kemudian diteruskan seacra berantai. Lebih lanjut Sekda Dewa Indra menyampaikan bahwa seluruh lapisan pemerintah di lingkungan Provinsi Bali, Anggota TNI-POLRI bahkan Lembaga Layanan Dikti juga dapat mengambil peran dalam sosialisasi menyukseskan SP2020 bulan Februari-Maret 2020 mendatang. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali Adi Nugroho mengatakan bahwa untuk memudahkan setiap warga melakukan input data, Badan Pusat Statistik (BPS) akan menyatukan sensus data penduduk kedalam format digital dan menyatukan data kependudukan, dengan cara menjawab sejumlah pertanyaan dan mengisi data pribadi seacra lengkap. Sebagai aparat pemerintah, diminta agar melalui pendekatan yang dititip melalui OPD Provinsi Bali mendapat jaminan seluruh aparat menyelesaikan sensus online yang kemudian ditularkan kepada keluarga, sanak famili dan juga teman teman dilingkungan nya. Kegiatan Rapat Koordinasi ini dilaksanakan selama tiga (3) hari dan dihadiri oleh Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Kepala Kependudukan dan Capil Provinsi Bali, sejumlah pejabat dan anggota BPS seluruh Kabupaten dan Kota se-Bali.

Solopos Siap Sukseskan SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   01-11-2019    411

Suksesnya SP2020 Februari-Maret 2020 mendatang sebagai even besar nasional perlu mendapat dukungan dari berbagai kalangan dengan memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan lengkap, sehingga pada akhirnya masyarakat dengan penuh kesadaran mau dan mampu berperan secara aktif.Solopos Group sebagai bagian dari media informasi publik menyatakan siap membantu sebagai penyambung informasi BPS ke masyarakat luas. Hal ini dinyatakan oleh General Manager Digital Solopos.com, Tri Wahyudi ketika berkunjung ke BPS Provinsi Jawa Tengah hari ini, Kamis (31/10/2019), didampingi oleh Ass. Manager Digital, Fernando dan Radio Solopos, Natalia. Kehadiran mereka diterima oleh Ketua Persiapan Pelaksana SP2020 Provinsi Jawa Tengah, Moh. Saichudin beserta jajarannya dan Koordinator Wilayah BPS Solo raya, Agus Sudibyo.Dengan pertemuan ini diharapkan menjadi awal kerjasama dalam sosialisasi program nasional ini, serta dapat menginformasikan produk data BPS yang lain agar sampai kepada masyarakat luas.Semoga.... 📝TKJ📷 humas/aning@bpsprovjateng#SP2020#SensusPenduduk2020#sensuspenduduk#MencatatIndonesia#bpsprovjateng@bps_statistics@bpsprovjateng@koransolopos

Internalisasi Sensus Penduduk 2020 BPS Provinsi Jawa Barat

PROVINSI JAWA BARAT   |   01-11-2019    2630

Bandung, 29 Oktober 2019. Bertempat di Aula Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat, kembali digelar Internalisasi Sensus Penduduk 2020 (SP2020) kepada seluruh pegawai organik, dengan narasumber Ir. Rd. Gandari Adianti Aju Fatimah, M.Si, Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Jawa Barat. Internalisasi ini adalah internalisasi tahap tiga, dari rangkaian internalisasi dan sosialisasi SP2020 di BPS Provinsi Jawa Barat.Tahun 2020 Indonesia kembali akan menyelenggarakan Sensus Penduduk. Sesuai dengan amanat Undang-undang No 16 Tahun 1997, UN  (2017) Principles and Recommendation for Population and Housing Cencuses Revision 3 dan Perpres No 39 Tahun 2019, Badan Pusat Statistik (BPS) diamanatkan melaksanakan Sensus Penduduk. SP2020 adalah sensus ketujuh sejak kemerdekaan Indonesia.Sensus penduduk dilaksanakan dengan tujuan untuk mendapatkan informasi jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk. Manfaat yang dapat diperoleh dari SP2020 adalah mengetahui jumlah penduduk menurut wilayah sampai wilayah lingkungan terkecil (RT); diperoleh data dasar yang dapat digunakan untuk pengambilan kebijakan pembangunan seperti penyediaan sarana kesehatan, pendidikan, perumahan, dan lain sebagainya; serta manfaat tertib administrasi kependudukan.Berbeda dengan pelaksanaan sensus sebelumnya, SP2020 akan menggunakan metode kombinasi. Metode ini merupakan rekomendasi PBB, dimana pelaksanaan sensus menggunakan tiga metode, yaitu metode tradisional, metode berbasis data registrasi, dan metode kombinasi. Metode kombinasi dilakukan dengan memanfaatkan data administrasi kependudukan dari Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil sebagai data dasar pelaksanaan sensus, yang dikombinasikan dengan pencacahan secara tradisional oleh petugas BPS pada bulan Juli 2020. Metode kombinasi pada SP2020 merupakan implementasi nyata dari Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Hal baru yang juga akan diselenggarakan pada SP2020 adalah adanya Sensus Penduduk Online pada Februari-Maret 2020. Sensus Penduduk Online merupakan bentuk peran serta dan partisipasi seluruh penduduk Indonesia dalam mengisi datanya sendiri. Jika selama ini petugas BPS mendatangi rumah penduduk secara door to door, maka pada Sensus Penduduk Online, masyarakat Indonesia memiliki pilihan untuk mengisi datanya sendiri pada Februari-Maret 2020 melalui https://sensus.bps.go.id. Bagi masyarakat yang belum melakukan Sensus Penduduk Online dan belum terdaftar pada Daftar Penduduk, maka pada bulan Juli 2020 petugas akan melakukan pendataan ke setiap bangunan setelah sebelumnya dilakukan verifikasi data bersama ketua RT. Hasil dari pendataan ini, maka pada bulan Juli 2020 Indonesia akan memiliki data stock penduduk Indonesia. Data penduduk hasil SP2020 merupakan data strategis dalam mendukung upaya pencapaian target SDGs pada 2030. Kegiatan internalisasi ini sebagai langkah mendasar untuk menguatkan pemahaman dan semangat seluruh pegawai BPS Provinsi Jawa Barat dalam menyukseskan SP2020. Suksesnya SP2020 nanti, sangat tergantung pada tingkat partisipasi seluruh komponen masyarakat. Menjelang era data kependudukan baru, mari sama-sama berpartisipasi dalam menyukseskan Sensus Penduduk 2020, melalui Sensus Penduduk Online pada Februari-Maret 2020 (Tim Sekretariat SP2020 BPS Provinsi Jawa Barat).

Peresmian MAKO SP2020

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   18-10-2019    481

Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat merupakan sebuah kegiatan besar yang dilaksanakan oleh BPS sepuluh tahun sekali.Untuk mewujudkan SATU DATA INDONESIA, diperlukan sebuah sistem kerja yang 'compatible' dan sedapat mungkin menutup semua lubang resiko yang ada.Oleh karena itu, dibentuklah Sekretariat Daerah Sensus Penduduk 2020 yang disebut sebagai Markas Koordinasi (MAKO) tingkat provinsi untuk kelancaran pelaksanaan SP2020.Tim MAKO menjadi bagian dari Tim Persiapan SP2020 dengan tugas utama sebagai jembatan (bridge) secara internal dalam Tim persiapan SP2020 di Provinsidan menjadi jembatan antara BPS Kabupaten/Kota dengan BPS Pusat.Kemarin, 17 Oktober 2019,telah dilaksanakan pengukuhan Tim Persiapan dan Markas Koordinasi (MAKO) Sensus Penduduk 2020,yang bertempat di Gedung BPS Provinsi Kalimantan Barat. Dipimpin langsung oleh Bapak Ir. Pitono, MAP selaku Kepala BPS Provinsi Kalimantan Barat,kegiatan ini berlangsung dengan baik.Semoga dengan adanya MAKO SP2020, Kegiatan Sensus Penduduk 2020 berjalan lancar...Mari sukseskan Sensus Penduduk 2020...!!#SP2020 #BPSKalbar #MencatatIndonesia

Memasyarakatkan SP2020 bersama UNDANA

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   09-10-2019    568

Sebanyak lebih dari 500 mahasiswa UNDANA pagi ini (03/10) berkumpul di aula untuk mengikuti matrikulasi persiapan kuliah kerja nyata. Mahasiswa tersebut nantinya akan disebar ke berbagai penjuru NTT untuk menerapkan ilmu yang didapatkan sekaligus berbagi pengetahuan dengan masyarakat setempat. Momen ini tentu tidak disia-siakan oleh tim Markas Komando (MAKO) SP2020 BPS NTT. Dipandu oleh Bpk Yezua Harnold (Ketua MAKO SP2020 BPS NTT) BPS mensosialisasikan kepada teman-teman mahasiswa mengenai seluk beluk SP2020. Mengenai pentingnya SP2020, kapan SP2020 akan dilaksanakan, metode apa yang akan digunakan, apa yang harus disiapkan masyarakat dan sebagainya. Melalui sosialisasi ini diharapakan teman-teman mahasiswa dapat menjadi perpanjangan tangan BPS untuk mensosialisasikan mengenai SP2020 ke berbagai penjuru NTT.____Lebih lanjut tentang BPS NTT:📱 Facebook : BPS Provinsi NTT📸 Instagram : bps.ntt🖥 Web : ntt.bps.go.id____

Seminar HSN 2019 dan Kick Off Publisitas Sensus Penduduk 2020

PUSAT   |   07-10-2019    789

Sebagai acara puncak dalam rangkaian Peringatan Hari Statistik Nasional Tahun 2019, BPS menggelar Talkshow Hari Statistik Nasional bertema “Menuju Indonesia Maju dengan SDM dan Data Berkualitas” yang digandeng dengan acara Kick Off Publisitas Sensus Penduduk 2020, (26/9).Dengan mengambil konsep budaya Kalimantan Timur, aula Lantai 10 BPS disulap dengan nuansa ala Dayak beserta infografis data kependudukan setiap provinsi di tiap jendelanya. “BPS seperti mengingatkan kita kembali, kalau ibu kota kita mau pindah ke Kalimantan Timur, kita harapkan kualitas SDM kita sudah siap,” sapa Brigita Manohara, moderator talkshow.Sebelum talkshow, Kick Off Publisitas SP2020 dilakukan ditandai dengan tiupan sumpit (senjata tiup khas Dayak) dari Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto. Ini menandakan mulai dari momen Hari Statistik Nasional 2019 ini, sosialisasi SP2020 akan masif dilakukan se-Indonesia. “Kita berprinsip sensus penduduk milik bersama, dan setiap jiwa sangat berarti,” menurut Kecuk.Acara bincang-bincang dibuka oleh paparan Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Margo Yuwono. “Apa yang dilakukan untuk mencapai SDM unggul? Pembangunan manusia sejak dini, sehingga penyerapan dunia kerja menjadi baik, sekaligus mempersiapkan SDM menuju lansia yang aktif dan mandiri,” ungkapnya. Selain Margo, talkshow juga menghadirikan pakar ekonomi, Faisal Basri; D Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Kawasan, Sonny Harry Harmadi; dan publik figur, Tasya Kamila.“Kalau kita ngomongin SDM Indonesia, pendidikan kita kurang di critical thinking, kita terbiasa dengan dikte. Aku pingin suatu saat nanti anak-anak muda dapat dimasukan di kementerian/lembaga untuk ikut juga dalam pengambilan kebijakan,” harap Tasya. Untuk itu sangat penting bagi generasi muda untuk melek data. Dan literasi data ini yang juga diterapkan oleh Sonny di jajaran kementeriannya. “Untuk mengambil keputasan yang akan diambil oleh menteri atau presiden, itu kan harus didasarkan data. Itu yang saya coba untuk mengajak teman-teman di kementerian agar melek kepada data, menjadikan data sebaai bahan pengambil keputusan. Kritis boleh, tapi asal berdasarkan data,” ungkapnya.

Tahukah Bahwa BPS Secara Resmi Melakukan Kick-Off Media Publisitas SP2020 ?

PROVINSI JAWA TENGAH   |   03-10-2019    497

Tahukah #SahabatData, selain merayakan #HariStatistikNasional pada tanggal 26 September 2019, BPS juga secara resmi melakukan Kick-Off Media Publisitas SP2020 ?Hal tersebut berarti media publisitas yang telah dibuat dapat digunakan secara resmi dan disebarluaskan secara masif melalui beragam kanal. Mulai detik itu juga, penggunaan logo dan entitas SP2020 akan digunakan sebagai identitas dalam setiap kegiatan yang dilakukan oleh BPS.Pada #RabuSP kali ini, #Statmin berikan cuplikan beberapa media publisitas yang sudah dikerjakan ya. Yuk sebarkan info tentang #SP2020 pada lingkungan sekitar sebagai bentuk kontribusi pada negara.O iya, apakah #SahabatData ada ide untuk membuat media publisitas yang belum dan harus #Statmin buat untuk #SP2020 ?@bpsprovjateng#rabusp#sensuspenduduk2020#sp2020 #mencatatindonesia #bpsprovjateng#bpsjateng #datamencerdaskanbangsa

Sosialisasi SP2020 di Fakultas MIPA Universitas Tadulako

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   01-10-2019    411

Palu - Menjelang Sensus Penduduk 2020 yang sebentar lagi akan dilaksanakan. BPS Sulteng terus melakukan sosialisasi mengenai SP2020 ke masyarakat. Sabtu (14/09) peserta sosialisasi merupakan Mahasiswa dan Mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Tadulako yang kebetulan sedang melaksanakan Student Day. Materi Sensus Penduduk dibuat menjadi sangat ringan sehingga Mahasiswa dan Mahasiswi yang menjadi peserta sangat antusias dalam mendengarkan, tidak lupa diadakan juga kuis untuk menambah keseruan acara. Kegiatan diakhiri dengan pembuatan foto dan video dukungan dalam penyuksesan Sensus Penduduk 2020. (Humas BPS Sulteng)

Sosialisasi SP2020: UKAW! Mencatat Indonesia

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   01-10-2019    389

Udara panas dan terik matahari tidak menyurutkan semangat mahasiswa UKAW (Universitas Kristen Artha Wacana) pada sabtu kemarin (15/09) saat mengikuti Sosialisasi SP2020 oleh BPS NTT. Sebanyak 1527 mahasiswa UKAW nampak antusias menyimak materi yang disampaikan oleh perwakilan BPS NTT. Dikemas dengan fun dan santai, sosialisasi ini merupakan salah satu upaya BPS NTT untuk meningkatkan kesadaran berbagai kalangan tentang pentingnya sensus penduduk 2020, termasuk mahasiswa. Di akhir acara, mahasiswa UKAW mengikrarkan antusias mereka untuk turut serta mensukseskan SP2020. UKAW! MENCATAT INDONESIA! Besong jangan mau kalah oo, yuk turut Sukseskan Sensus Penduduk 2020!#mencatatindonesia #sp2020____Lebih lanjut tentang BPS NTT:📱 Facebook : BPS Provinsi NTT📸 Instagram : bps.ntt🖥 Web : ntt.bps.go.id____

*SP2020: Untuk Data Penduduk yang Lebih Akurat Lagi*

PROVINSI JAWA TENGAH   |   26-09-2019    461

“Lebih baik punya satu sumber data saja. Dari pada dua sumber data yang masing-masing mengklaim datanya akurat,” ujar Bambang PS. Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dalam Rateknas Kepala BPS Kabupaten/Kota di Yogyakarta, (11/9). Kehadiran Bambang membawa pesan bahwa satu data kependudukan menjadi jawaban atas kebutuhan akan data kependudukan yang lebih akurat.. “Saya sangat setuju dengan satu data kependudukan. Jangan kebiasaan punya beberapa versi. Beberapa versi ini jadi alternatif. Masalahnya data ga boleh ada alternatif. Demokratisasi ini jangan membuat data collection atau data verification ini jadi bias. Yang ingin saya bangun ini semangat untuk menuju satu data,” ungkap Bambang.. Menurut Bambang, kalaupun data dihasilkan oleh institusi yang berbeda-beda, tapi harus tetap konsisten dan keluarnya harus tetap satu data yang representatif, akurat, serta memenuhi kaidah statistik. “Karena itu lewat Perpres Satu Data dan Rancangan Perpres Statistik Hayati, ke depan harapannya data kependudukan itu satu, baik data berdasarkan sensus maupun dari administrasi kependudukan. Jadi kita buat konsistensi. Setelah punya basis data yang konkret dan solid, maka data tersebut harus selalu di-update secara berkala, konsisten, dan akurat, sehingga kita punya data penduduk yang lebih akurat lagi,” ujarnya.. Melihat konsep acara yang outer space, Bambang pun berpesan kepada jajaran BPS. “BPS jangan hanya futuristik di depan, tapi juga dalam menyajikan data. Saatnya BPS mencatatkan diri sebagai NSA (National Statistics Agency, red) yang sudah makai big data secara masif. Kami sambut baik SP2020 sebagai langkah menuju satu data kependudukan, untuk penyempurnaan data adminduk. SP ini produk statistik yang unik dan paling penting. Karena data dasar banyak digunakan untuk perumusan kebijakan. Ini momen luar biasa, 10 tahun sekali. Apalagi SP ini mau dikerjakan milenialnya BPS,” pungkasnya.

Momment Talling Glasi Bersih SP2020 di Kabupaten Jembrana

PROVINSI BALI   |   25-09-2019    498

Masih dari "Gumi Mekepung" Jembrana, tempat pelaksanaan Gladi Bersih Sensus Penduduk 2020. Senin, 19 Agustus 2019 dilaksanakan penyisiran terhadap kelompok penduduk tuna wisma dan awak kapal. Penyisiran diawali dengan rapat bersama antara Tim Mako BPS Provinsi Bali, Tim TaskForce Gladi Bersih SP2020, perwakilan dari BPS RI serta tim dari BPS Provinsi. Turut hadir dalam kegiatan ini anggota keamanan dari unsur TNI dan Polri. Penyisiran dilaksanakan di seluruh desa yang menjadi lokasi Gladi Bersih Sensus Penduduk 2020 pada malam hari di sepanjang jalan untuk seluruh wilayah Gladi Bersih. Dimanapun sahabat data berada, seberapa pun jauhnya, sahabat data begitu berarti! Bantu kami #MENCATATINDONESIA. Yuk update mandiri data diri melalui Sensus Penduduk Online. Sensus Penduduk 2020. MENCATAT INDONESIA.   #sp2020 #sensuspenduduk2020 #penduduk #data #bali #indonesia #mencatatindonesia

RAPAT EVALUASI AKHIR PELAKSANAAN GLADI BERSIH SP2020 DI KABUPATEN JEMBRAPA

PROVINSI BALI   |   25-09-2019    490

Sensus Penduduk 2020 sudah didepan mata, segala persiapan telah disiapkan. Gladi bersih pun telah dilaksanakan dan Jembrana menjadi salah satu kabupaten yang mendapatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari sejarah. Jembrana terpilih sebagai salah satu tempat pelaksanaan Gladi Bersih SENSUS PENDUDUK 2020. Proses bisnis SP2020 telah dilaksanakan. Untuk meningkatkan kualitas mutu pelaksanaan, BPS Provinsi Bali melaksanakan evaluasi akhir pelaksanaan Gladi Bersih SP2020. Bertempat di Prime Plaza Hotel, Denpasar - Bali, BPS Provinsi Bali menggelar Evaluasi Akhir Pelaksanaan Gladi Bersih SP2020. Dibuka oleh Dr. Heru Margono M.Sc (Kepala Direktorat Pengembangan Metodologi Sensus dan Survei), Kepala BPS Provinsi Bali berserta jajarannya, Kepala Kabupaten/Kota se Bali, Kepala Seksi Statistik Sosial BPS Kabupaten Kota se Bali, Tim Mako SP2020 BPS Provinsi Bali, dan Tim Mako SP2020 BPS Kabupaten Jembrana. Dalam acara ini dibawakan paparan oleh Dr. Edi Setiawan MSE, M.Sc (Kepala Subdirektorat Statistik Mobilitas Penduduk dan Tenaga Kerja Direktorat Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan), Mery Linda Kesuma SST, MPP, M.A, Ph.D (Ketua Mako SP2020 BPS Provinsi Bali) dan Suprapto S.Si, M.Si (Ketua Mako SP2020 BPS Kabupaten Jembrana).   #sensuspenduduk2020 #sp2020 #mencatatindonesia #penduduk #bali #indonesia #satudata #kependudukan #bps

SP2020: Untuk Data Penduduk yang Lebih Akurat Lagi

PUSAT   |   13-09-2019    815

“Lebih baik punya satu sumber data saja. Dari pada dua sumber data yang masing-masing mengklaim datanya akurat,” ujar Bambang PS. Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dalam Rateknas Kepala BPS Kabupaten/Kota di Yogyakarta, (11/9). Kehadiran Bambang membawa pesan bahwa satu data kependudukan menjadi jawaban atas kebutuhan akan data kependudukan yang lebih akurat.  “Saya sangat setuju dengan satu data kependudukan. Jangan kebiasaan punya beberapa versi. Beberapa versi ini jadi alternatif. Masalahnya data ga boleh ada alternatif. Demokratisasi ini jangan membuat data collection atau data verification ini jadi bias. Yang ingin saya bangun ini semangat untuk menuju satu data,” ungkap Bambang.Menurut Bambang, kalaupun data dihasilkan oleh institusi yang berbeda-beda, tapi harus tetap konsisten dan keluarnya harus tetap satu data yang representatif, akurat, serta memenuhi kaidah statistik. “Karena itu lewat Perpres Satu Data dan Rancangan Perpres Statistik Hayati, ke depan harapannya data kependudukan itu satu, baik data berdasarkan sensus maupun dari administrasi kependudukan. Jadi kita buat konsistensi. Setelah punya basis data yang konkret dan solid, maka data tersebut harus selalu di-update secara berkala, konsisten, dan akurat, sehingga kita punya data penduduk yang lebih akurat lagi,” ujarnya.Melihat konsep acara yang outer space, Bambang pun berpesan kepada jajaran BPS. “BPS jangan hanya futuristik di depan, tapi juga dalam menyajikan data. Saatnya BPS mencatatkan diri sebagai NSA (National Statistics Agency, red) yang sudah makai big data secara masif. Kami sambut baik SP2020 sebagai langkah menuju satu data kependudukan, untuk penyempurnaan data adminduk. SP ini produk statistik yang unik dan paling penting. Karena data dasar banyak digunakan untuk perumusan kebijakan. Ini momen luar biasa, 10 tahun sekali. Apalagi SP ini mau dikerjakan milenialnya BPS,” pungkasnya.

Internalisasi Kegiatan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI BANTEN   |   09-09-2019    619

Internalisasi Kegiatan SP2020 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 28 Agustus 2019 di kantor BPS Provinsi Banten. kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan dan memperkuat pemahaman kegiatan SP2020 diantara pegawai dan MAKO (Sekretariat) SP2020 se-Provinsi Banten serta launching e-mail resmi SP2020 BPS Provinsi Banten (sp2020.banten@bps.go.id) sebagai salah satu media koordinasi. Untuk lebih menyebarluaskan lagi kegatan SP2020 Sosialisasi ke pihak eksternalpun dilakukan diantaranya ke Mahasiswa.Sensusu Penduduk (SP) merupakan sensus terbesar yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) untuk mendata seluruh penduduk Indonesia setiap 10 tahun sekali. SP2020 menjadi SP ketujuh yang dilaksanakan di Indonesia. Sensus Penduduk 2020 (SP2020) bertujuan untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Data SP2020 sangat diperlukan sebagai dasar perencanaan pembangunan sampai dengan wilayah terkecil. Berbagai program bantuan dari pemerintah untuk masyarakat tentu juga akan memerlukan data kependudukan yang dihasilkan SP2020. #MENCATATINDONESIA #JAWARADATA #SP2020

Gladi Bersih SP2020 di Surakarta

PROVINSI JAWA TENGAH   |   28-08-2019    412

Seiring berlangsungnya evaluasi akhir Gradi Bersih SP2020, usai sudah rangkaian panjang proses Gladi Bersih SP2020 di Surakarta. .Proses gladi bersih yang cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran terutama tim persiapan dan mako BPS Kota Surakarta selama 2,5 bulan terakhir..Gladi bersih yang melaksanakan tidak hanya sebagian tetapi seluruh tahapan rencana pelaksanaan SP2020. Atau lebih tepat miniatur SP2020.. PR selanjutnya adalah merumuskan dan mencari solusi segala masukan, kendala dan permasalahan yang selama itu ada yang sangat dimungkinkan juga muncul di tingat nasional..Evaluasi akhir sendiri berlangsung di Paragon Hotel dan Restauran Surakarta, yang diikuti oleh perwakilan Mako BPS Provinsi dan seluruh kepala Kabupaten/Kota serta Kasi Sosial/Mako se Jawa Tengah. Acara dibuka dengan sambutan oleh Sestama BPS-RI Adi Lumaksono dan diskusi kelompok berkaitan permasalahan proses bisnis SP2020 yang dipandu oleh Direktur SIS Muhamad Romzi..Pada kesempatan tersebut juga dibeberkan secara lengkap kronologis dengan segala permasalahannya selama proses gladi bersih berlangsung oleh Plh Kepala BPS Kota Surakarta Agus Sudibyo. Terimakasih warga Jebres dan rekan-rekan BPS Kota Surakarta atas jasamu untuk Indonesia..#bpsprovjateng#sp2020#sensuspenduduk#sensuspenduduk2020

Sosialisasi SP2020 BPS Provinsi Sulawesi Tengah ke Rekan Media dan Pers

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   23-08-2019    366

Palu - Hari ini Senin (5/08) dilaksanakan Sosialisasi SP 2020 bersama para wartawan dan rekanan dari media. Bertempat di ruang vikon sementara kantor BPS Provinsi Sulawesi Tengah, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman awal terkait akan dilaksanakannya Sensus Penduduk 2020 di tahun yang akan datang. (2T)

Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   16-08-2019    942

#Sahabat StatistikRangkaian kegiatan pemetaan dan pemutakhiran muatan wilkerstat SP2020 sudah memasuki tahap-tahap akhir. Kegiatan pemetaan lapangan untuk menentukan titik batas sls dan titik batas infrastruktur telah selesai dilaksanakan. Proses pembuatan peta digital titik batas sls dan titik infrastruktur juga telah selesai. Selanjutnya dilaksanakan kegiatan rekonsiliasi batas wilkerstat antarprovinsi se-Pulau Jawa dan dilanjutkan dengan kegiatan rekonsiliasi batas wilkerstat antar kabupaten/kota se-Jawa Tengah.Rekonsiliasi batas antarprovinsi di pulau Jawa telah dilaksanakan pada awal bulan Agustus 2019 bertempat di aula lantai 5 BPS Provinsi Jawa Tengah.Sebagai tindak lanjut dari kegiatan rekonsiliasi batas antarprovinsi se-Pulau Jawa adalah pelaksanaan rekonsiliasi batas wilkerstat kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah (14-16/8) bertempat di aula lantai 5 BPS Provinsi Jawa Tengah. Acara rekonsiliasi dibuka oleh kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono, M.A.#Sahabat Statistik, rekonsiliasi batas wilkerstat kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan dengan tujuan menghasilkan peta digital wilkerstat yang berkualitas, tidak ada gap dan overlap antarwilayah. 📝 [KJ, dyast]#bpsprovjateng #JatengGayeng #SensusPenduduk2020 #SP2020

Audiensi BPS Prov Jateng terkait Persiapan Sensus Penduduk 2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   14-08-2019    741

"Single data untuk Indonesia, inilah saatnya...maka digitalisasi dan partisipasi menjadi penting , sehingga keputusan berdasarkan data yang valid dari BPS, akan menjadikan sebuah keputusan yang tepat"Itulah kalimat penutup dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima audiensi BPS Prov Jateng terkait Persiapan Sensus Penduduk 2020. Audiensi yang berlangsung di Wisma Puri Gedeh, Semarang (12/8) juga dihadiri Kepala Diskominfo, Kepala Bappeda dan Kepala Dispermadesdukcapil Jawa Tengah.Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap mendudung dan mensukseskan Sensus Penduduk 2020. Beliau memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk membantu baik dalam sosialisasi maupun dalam pelaksanaan nanti.Pastikan anda berpartisipasi pada Sensus Penduduk Online, Menuju Satu Data IndonesiaSP2020 MENCATAT INDONESIA📝 [Humas, Yy]#bpsjawatengah #bpsprovjateng #SahabatStatistik #jatenggayeng #SP2020 #SensusPenduduk2020

Roadshow SP2020 Hari Ke-1 BPS Provinsi Sulawesi Tengah (Lanjutan)

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   05-08-2019    441

Palu - Dalam rangka mensukseskan Sensus Penduduk 2020, maka BPS Provinsi Sulawesi Tengah perlu melaksanakan sosialisasi SP2020  diantaranya dengan cara audiensi dengan pimpinan daerah, stakeholder terkait, kolaborasi dengan media massa, sosialisasi kepada masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media sosial, iklan, tulisan-tulisan, dan lain sebagainya.Mengawali Roadshow hari pertama kali ini, Selasa (30/7) Rombongan TIM MAKO SP2020 BPS Provinsi Sulawesi Tengah  berkunjung ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan setelah Apel Pagi. Sosialisasi dilaksanakan dengan suasana ceria menggunakan kuis dan perekaman video dukungan dari Disnakertrans untuk suksesnya SP2020. Beberapa poin penting terkait SP2020 juga disosialisasikan langsung oleh Bapak Ir. Faizal Anwar. M.T selaku Kepala BPS Sulawesi Tengah. Para Pegawai sangat antusias dalam menyambut kegiatan ini dan semua siap untuk turut berpartisipasi dalam pendataan SP2020 di tahun yang akan datang. #BPSSulteng#SP2020#Disnakertrans#RabuSP

Roadshow SP2020 Hari Ke-2 BPS Provinsi Sulawesi Tengah

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   05-08-2019    406

Palu - Seperti beberapa hari yang lalu, roadshow SP2020 kembali dilaksanakan pagi ini, Kamis (1/8) di Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah.  Rombongan Tim Mako SP2020 Sulteng disambut oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah Richard Arnaldo, SE., MSA beserta jajaran pejabat strukturalnya. Seperti sebelumnya, selain sosialisasi kegiatan juga diwarnai ceria peserta karena ada hadiah menarik dari Tim Mako SP2020 Sulteng bagi peserta yang bisa menjawab kuis yang diberikan. Seluruh Pegawai Dinas Perindustrian dan Perdagangan siap menyukseskan Sensus Penduduk 2020. Anda Tercatat Data Akurat !#BPSSUlteng#SP2020#Disperindag#RabuSP#andatercatatdataakurat

Roadshow SP2020 Hari Ke-1 BPS Provinsi Sulawesi Tengah

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   05-08-2019    393

Palu - Dalam rangka mensukseskan Sensus Penduduk 2020, maka BPS Provinsi Sulawesi Tengah perlu melaksanakan sosialisasi SP2020  diantaranya dengan cara audiensi dengan pimpinan daerah, stakeholder terkait, kolaborasi dengan media massa, sosialisasi kepada masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media sosial, iklan, tulisan-tulisan, dan lain sebagainya.Mengawali Roadshow hari pertama kali ini, Selasa (30/7) Rombongan TIM MAKO SP2020 BPS Provinsi Sulawesi Tengah  berkunjung ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan setelah Apel Pagi. Sosialisasi dilaksanakan dengan suasana ceria menggunakan kuis dan perekaman video dukungan dari Disnakertrans untuk suksesnya SP2020. Beberapa poin penting terkait SP2020 juga disosialisasikan langsung oleh Bapak Ir. Faizal Anwar. M.T selaku Kepala BPS Sulawesi Tengah. Para Pegawai sangat antusias dalam menyambut kegiatan ini dan semua siap untuk turut berpartisipasi dalam pendataan SP2020 di tahun yang akan datang. #BPSSulteng#SP2020#Disnakertrans#RabuSP

Sosialisasi SP2020 di Tengah Gempita Festival Bumi Rafflesia

PROVINSI BENGKULU   |   25-07-2019    466

Bengkulu- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu melakukan sosialisasi Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Sosialisasi yang dilakukan di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu bertepatan dengan momen Festival Bumi Rafflesia yang saat ini sedang berlangsung. Turut serta dalam acara tersebut Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani dan Kepala Bidang Statistik Sosial Budi Kurniawan.Yuk Sukseskan Sensus Penduduk 2020. Anda Tercatat, Data Akurat!

SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   16-07-2019    521

Mengukir Sejarah di Pulau Dewata.Liuk gerak penari legong cilik menyambut kedatangan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil, Zudan Arif, bersama Deputi Bidang Statistik Sosial BPS, Margo Yuwono. Kehadiran dua tokoh penting kependudukan tersebut disambut Ketua Forum Masyarakat Statistik (FMS), Bustanul Arifin dalam Lokakarya FMS bertajuk "Menuju Satu Data Kependudukan" siang (10/7) tadi. Dihadiri oleh anggota FMS bidang kelompok kerja kependudukan, seluruh kepala BPS Kabupaten/Kota di lingkungan provinsi Bali, pegawai dinas dukcapil provinsi Bali, serta beberapa lembaga terkait, lokakarya menghadirkan paparan sistematis oleh pemilik data, diwakili oleh Zudan dan Margo, serta pengguna data yang diwakili oleh Kepala Lembaga Demografi FEUI, Turro Selrits Wongkaren, dan peneliti ekonomi pembangunan Universitas Udayana, IGW. Murjana Yasa.Kepala BPS Provinsi Bali, Adi Nugroho, dalam sambutannya mengatakan bahwa Provinsi Bali beruntung dipilih menjadi salah satu pelaku sejarah penyatuan data kependudukan. Data hasil Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang menggunakan basis data dukcapil menurutnya akan menjadi milik bersama, pemerintah dan masyarakat. "Jika masing-masing punya (data) yang baik, tentu akan lebih baik jika memiliki satu data yang baik digunakan secara bersama-sama. Mari ajak masyarakat untuk melakukan sensus online, sehingga mereka tahu, sebenarnya manfaat dan pentingnya data mereka seperti apa," ujarnya.Pendapat Adi tersebut diamini oleh Zudan. Ia meyakinkan bahwa Single Identity Number (SIN) merupakan solusi untuk menghindari adanya penduduk berdata ganda dan polemik berkepanjangan di masyarakat. "Pelaku sejarahnya bukan kita pak, tapi BPS dan Dukcapil," tegas Arifin saat memberikan kesimpulan untuk menutup lokakarya. Ia mengaku berterima kasih pada dukungan Pemerintah Provinsi Bali, khususnya Kabupaten Jembrana, yang menurutnya luar biasa. Menurut pengamatannya di lapangan, BPS tidak boleh terlalu membebani masyarakat dengan banyak pertanyaan dalam pelaksanaan sensus online saat SP2020 tahun depan. Sebelumnya (9/7), FMS berkesempatan untuk mengunjungi Desa Sangkaragung. Salah satu lokasi pelaksanaan Geladi Bersih SP2020. #RabuSP#SP2020

GLADI BERSIH CAWI SENSUS PENDUDUK 2020 di SOLO

PROVINSI JAWA TENGAH   |   16-07-2019    751

Gladi Bersih CAWI Sensus Penduduk 2020 di Solo.Minggu, 30 Juni 2019, bertempat di Taman Cerdas kawasan Technopark, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, BPS Kota Surakarta mematangkan persiapan Gladi Bersih Sensus Penduduk 2020 dengan melakukan sosialisasi pelaksanaan sensus mandiri menggunakan internet atau Computer Assisted Web Interviewing (CAWI) kepada 128 ketua RT se-kelurahan jebres.Acara sosialisasi dibuka oleh Camat Jebres, Agung Riyadi, yang mewakili Walikota Surakarta. Dalam sambutannya, Agung mengingatkan pentingnya data Sensus Penduduk 2020 (SP2020) bagi perencanaan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, maupun perumahan. Ia turut berbangga karena dari sekitar 76 ribuan desa/kelurahan di Indonesia, kelurahan jebres terpilih menjadi salah satu kelurahan yang menjadi pilot pelaksanaan SP2020. Untuk itu, ia berharap agar semua ketua RT yang hadir, turut mensukseskan pelaksanaan gladi bersih maupun pelaksanaan sensus yang sesungguhnya.Pada kesempatan yang sama, Plt kepala BPS Kota Surakarta, Agus Sudibyo menjelaskan sekilas tentang sensus penduduk yang dilaksanakan di Indonesia. Ia juga menjelaskan 7 tahapan yang akan dilaksanakan pada pelaksanaan SP2020, mulai dari tahapan sosialisasi&konsolidasi, hingga pencacahan lapangan. Agus juga menjelaskan tentang pentingnya uji coba CAWI di Kelurahan Jebres bagi penyempurnaan proses bisnis sensus penduduk pada tahun 2020 mendatang.Setelah sesi materi, acara dilanjutkan dengan praktik melakukan sensus mandiri (CAWI). Semua ketua RT diminta mengisi (mengupdate) data keluarga mereka masing-masing secara online (menggunakan internet) melalui website yang sudah disiapkan. Dibutuhkan waktu sekitar 20 menit bagi seorang peserta untuk mengupdate data 4 anggota keluarganya.Dari keseluruhan acara, sosialisasi pelaksanaan sensus mandiri terbilang lancar. Peserta begitu antusias menyimak materi serta mempraktekkan pengisian CAWI secara online. Setelah pulang, para ketua RT ini bertugas untuk mensosialisasikan pelaksanaan sensus mandiri (CAWI) di lingkungan RT masing-masing, sekaligus memastikan minimal 15 warganya untuk melakukan pengisian sensus online tersebut.

Evaluasi Pelaksanaan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   16-07-2019    417

Tak Ada Gading yang Tak Retak,Sebagus apapun suatu kegiatan direncanakan,pasti ada celah yang memungkinkan munculnya kelemahan. Oleh karenanya, pada hari Selasa (9/7) BPS Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020. Bertempat di Aula Lantai 5 sebanyak 35 orang Kasi IPDS BPS Kabupaten/Kota, sebagai penanggung jawab kegiatan pemetaan di kabupaten, hadir untuk mengikuti kegiatan ini.Kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan pemetaan yang dilakukan BPS sebagai salah satu persiapan menyongsong SP2020.Dengan kualitas peta yang baik,diharapkan pelaksanaan SP2020 bisa berjalan sukses.📷📝 [KJ, chie]#bpsprovjateng#jatenggayeng#sahabatstatistik#evita#simdasi#sp2020 #sensuspenduduk2020

Spirit Kolaborasi dalam Sensus Penduduk 2020

PUSAT   |   03-07-2019    850

Jakarta - Tari Kecak dan Bahtera Asmara melenggang khidmat pertanda dimulainya \"Coordination Meeting and Indonesian Population Census Capacity Building\" di Aula Gedung 1 Lantai 10 BPS, (24/6). Acara yang dihadiri oleh perwakilan kementerian/lembaga dan PBB ini merupakan forum untuk mengenalkan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) sekaligus menginformasikan persiapan BPS dalam melaksanakan SP2020. UNSD Headquarters menyatakan dukungannya kepada BPS, mulai dari sisi teknis hingga diseminasi dalam SP2020. Namun, Interregional Advisor on Population and Housing Census UNSD Headquarters, Meryem Demirci mengatakan bahwa diperlukan diskusi lebih dalam terhadap metode kombinasi yang akan digunakan dalam SP2020. Dukungan juga dinyatakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). “Kami jelas akan melakukan kolaborasi dengan BPS dalam Sensus Penduduk 2020 dengan memberikan data registrasi penduduk,” ujar Direktur Informasi Administrasi Kependudukan Dirjen Dukcapil Kemendagri, Akhmad Sudirman Tavipiyono. Tavi menambahkan bahwa data hasil sensus nantinya akan diberikan kembali ke Dirjen Dukcapil untuk melengkapi dan memperbarui data registrasi penduduk sebelumnya.Kolaborasi BPS-Kemendagri dikomentari oleh Direktur Perencanaan Kependudukan dan Perlindungan Sosial Bappenas, Maliki. Ia mengatakan bahwa kolaborasi tersebut dapat menghasilkan data kependudukan yang konsisten. Data yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan sebagai dasar pengambilan kebijakan yang efektif dan intervensi pemerintah dalam bidang kependudukan.“Ini adalah inovasi yang sangat baik sekaligus tantangan yang penuh risiko. Kami tentunya mengharapkan dukungan yang lebih banyak lagi dari berbagai pihak terkait Sensus Penduduk 2020,” ujar Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto. 

BUMI DUAN LOLAT JADI SAMPEL GLADI BERSIH SP2020

PROVINSI MALUKU   |   24-06-2019    366

Bumi DUAN LOLAT atau Kabupaten Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku salah satu Kabupaten dari 6 (enam) Kabupaten se Indonesia yang terpilih sebagai lokasi pelaksanaan Gladi BersIh SP2020.  Untuk itu, pada hari Rabu 12 Juni 2019 BPS Provinsi Maluku melaksanakan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh Kepala BPS Provinsi Maluku, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar, para pimpinan OPD terkait, Camat dan Kepala Desa yang terpilih sebagai sampel dan tentunya Tim SP2020 BPS RI. Gladi bersih ini bertujuan untuk menyempurnakan instrumen dan proses bisnis SP2020 pada tahapan koorinasi, konsolidasi dan pencacahan lapangan dengan metode Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) dan Paper and Pencil Interviewing (PAPI) yang mencakup evaluasi pelaksanaan koordinasi dan konsolidasi, meteri dan pelaksanaan publisitas di wilayah SLS, pelaksanaan CAPI/PAPI serta evaluasi manajemen lapangan dan aplikasi CAPI/PAPI. Desa/Keluarahan yang menajdi sampel gladi bersih antara lain Kelurahan Saumlaki, Desa Lorulun, Desa Atubul Dol dan Desa Atubul Da. Diharapkan dengan rapat koordinasi ini seluruh jajaran terkait Pemkab. Kepulauan Tanimbar dapat mendukung penuh seluruh tahapan SP2020#SP2020suksesPembangunanOK

Launching Tim Persiapan SP2020 Dan Markas Koordinasi (MARKO) SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   18-06-2019    407

Ada yang lain di acara Happy Monday (HM) BPS Provinsi Jawa Tengah edisi Senin 27 Mei 2019 di Aula Lantai 5 BPS Provinsi Jawa Tengah. Pasalnya, HM kali ini khusus membahas persiapan Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Acara HM diawali dengan kegiatan Launching Tim Persiapan SP2020 dan Markas Koordinasi (Mako) SP2020 Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Pembentukan Tim Persiapan ini bertujuan untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan persiapan SP2020 di Jawa Tengah. Selain itu, tim persiapan ini juga bertugas untuk memperlancar koordinasi dan komunikasi antara BPS pusat dan daerah.Pelaksanaan SP2020 semakin dekat, persiapan yang dilakukan BPS Provinsi Jawa Tengah juga semakin kuat. Sudah siapkah kita menyambut SP2020?Nantikan update perkembangan SP2020 hanya di @bpsprovjateng !📝 [KJ, mirayu]📷 [dwia, herry]#bpsprovjateng#bpsjateng#BecauseEveryoneCounts#SensusPenduduk2020

Kegiatan lapangan pemetaan dan pemutakhiran muatan wilayah kerja statistik (wilkerstat) SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   18-06-2019    405

Kegiatan lapangan pemetaan dan pemutakhiran muatan wilayah kerja statistik (wilkerstat) SP2020 sudah selesai pada 22 mei 2019. Namun, rangkaian kegiatan pemetaan belum berhenti. Masih ada serangkaian kegiatan pemetaan dan pemutakhiran muatan wilkerstat SP2020 yang harus diselesaikan...#SahabatStatistik masih penasaran dengan kelanjutan dari kegiatan pemetaan dan pemutakhiran muatan wilkerstat SP2020?Nantikan info statistik yang akan datang...Tetap stay tune di channel @bpsprovjateng📝📷 [KJ, hesti]

PENGUKUHAN TIM PERIAPAN DAN MARKAS KOORDINASI (MAKO) SENSUS PENDUDUK 2020

PROVINSI SULAWESI TENGAH   |   17-06-2019    727

Palu - Sensus Penduduk 2020 (SP2020) yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat adalah sebuah kegiatan besar yang dilaksanakan oleh BPS sepuluh tahun sekali. Tidak cukup hanya menjadi kegiatan besar untuk mendapatkan jumlah penduduk Indonesia. SP2020 merupakan kegiatan yang spesial dan menentukan keberadaan Indonesia dalam modernisasi pelaksanaan Sensus Penduduk. BPS akan melakukan sebuah lompatan besar dengan melakukan 'modernisasi' pada pelaksanaan sensus penduduk kali ini. Secara metodolgi BPS akan beralih dari traditional method menuju combine method. Dari sisi tekhnologi untuk pertama kalinya BPS menggunakan multimode data collection, yaitu menggunakan Pen and Paper Interviewing (PAPI), Computer Aided Web Interviewing (CAWI) dan Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI).Dua lompatan besar ini dilakukan BPS sebagai bentuk inovasi menuju SATU DATA INDONESIA, dan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan sebuah sistem kerja yang 'compatible' dan sedapat mungkin menutup semua lubang resiko yang ada. Sebuah sistem kerja yang mengalirkan sirkulasi informasi yang menguatkan seluruh bidang kerja yang ada. Untuk itu dibentuklah Sekretariat Daerah Sensus Penduduk 2020 yang disebut sebagai Markas Koordinasi (MAKO) tingkat provinsi untuk kelancaran pelaksanaan SP2020 baik secara teknis maupun administrasi.Bertempat di Halaman depan Gedung BPS Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu 12 Juni 2019 dilaksanakan pengukuhan Tim Persiapan dan Markas Koordinasi (MAKO) Sensus Penduduk 2020. Dipimpin langsung oleh Bapak Ir. Faizal Anwar, M.T selaku Kepala BPS Provinsi Sulawesi Tengah, kegiatan ini berlangsung dengan baik. Satu pesan penting dari Beliau adalah Penggunaan metode yang berbeda dari 6 Sensus Penduduk sebelumnya harus dapat disosialisasikan dengan baik sehingga akan dihasilkan data yang berkualitas.Tim MAKO menjadi bagian dari Tim Persiapan SP2020 dengan tugas utama sebagai jembatan (bridge) secara internal dalam Tim persiapan SP2020 di Provinsi dan menjadi jembatan antara BPS Provinsi dengan BPS Pusat. Tugas dan fungsi MAKO tidak hanya bersifat administratif namun juga harus mendukung teknis manajemen lapangan dan Teknologi Informasi, penjamin kualitas dan mitigasi resiko, serta mendorong kelancaran koordinasi dan publisitas SP2020. (2T)

Pelatihan Pengolahan Peta untuk Sensus Penduduk 2020

PROVINSI KALIMANTAN TENGAH   |   16-05-2019    2578

Sensus Penduduk 2020 sebentar lagi. Berbagai proses persiapan SP2020 telah dilakukan. Salah satunya adalah kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik Sensus Penduduk (Wilkerstat SP2020) yang dilaksanakan untuk mendapatkan kerangka induk yang mutakhir. Rangkaian kegiatan ini terdiri dari tahap kegiatan lapangan dan pengolahan. Kegiatan pengolahan peta adalah mengolah peta hasil pemetaan lapangan menjadi peta digital yang mutakhir dan muatan wilkerstat per SLS dalam setiap desa/kelurahan. Oleh karena itu, BPS Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan pelatihan petugas pengolahan peta dan rekap desa pada tanggal 29 April  ̶  1 Mei 2019. Pelatihan dilaksanakan di Hotel Luwansa Palangka Raya. Pelatihan diikuti oleh 55 orang peserta. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi SDM petugas pengolahan. Selain itu, pelatihan ini dimaksudkan untuk menyatukan pemahaman mengenai proses pengolahan data dan peta digital. Diharapkan dengan kegiatan ini, BPS Kabupaten/Kota dapat melakukan kegiatan pengolahan peta sesuai aturan, tata cara, dan kriteria yang baku. Dengan demikian maka akan meningkatkan kualitas dari desain sensus dan survei, pengumpulan data lapangan, analisis, sampai dengan diseminasi data.

Bung Itung SP2020 Beraksi di Ulang Tahun Ke 55 Sulawesi Tenggara

PROVINSI SULAWESI TENGGARA   |   14-05-2019    521

BPS Provinsi Sulawesi Tenggara turut berpartisipasi dalam Sultra Tenun Karnaval 2019, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Sulawesi Tenggara Ke-55. Sultra Tenun Karnaval yang disaksikan oleh masyarakat Sulawesi Tenggara juga merupakan moment yang tepat untuk mensosialiasikan kegiatan BPS. Dengan Tema "Sukseskan Sensus Penduduk 2020", BPS Provinsi Sulawesi Tenggara menampilkan Bung Itung sebagai Maskot. Barisan karnaval BPS Provinsi Sulawesi Tenggara terdiri dari 20 peserta untuk menggambarkan bahwa Sensus Penduduk akan dilaksanakan pada tahun 2020. Maskot bung dipakaiakan topi dan sarung adat salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara (Buton) yang menunjukkan bahwa Sensus Penduduk juga akan dilaksanakan di Sulawesi Tenggara. BPS Provinsi Sulawesi Tenggara mengucapakan Selamat Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Tenggara ke-55. Semangat Sultra untuk menyukseskan Program Garbarata, Semangat BPS untuk menyukseskan Sensus Penduduk 2020. Anda Tercatat, Data Akurat.

Pemetaan dan Pemutakhiran Wilkerstat SP2020

PROVINSI SULAWESI TENGGARA   |   14-05-2019    442

BPS sedang menyelenggarakan salah satu kegiatan penting lho! Output berupa peta hasil kegiatan yang diselenggarakan di seluruh Indonesia ini akan digunakan sebagai kerangka induk dan wilayah kerja saat pendataan SP2020 tahun depan. Tidak hanya itu, kerangka induk ini juga akan digunakan sebagai master penarikan sampel dalam kegiatan-kegiatan survei BPS di masa yang akan datang. . Haus dan lapar, panas terik, hujan badai, rumput liar, tebing curam, dan sungai besar, bukanlah halangan bagi petugas pemetaan untuk menghasilkan peta terbaik bagi bangsa Indonesia.

Pelatihan Pengolahan Peta dan Rekap Desa Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   02-05-2019    484

Hai #sahabatdata, abis liburan makin seger nih ya pasti.. Mimin ada info nih, Pada tahu kan 2020 nanti akan ada Sensus Penduduk? Nah, dalam rangka kegiatan Sensus Penduduk 2020, BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur telah melakukan berbagai persiapan lho... Salah satunya adalah pemetaan dan pemutakhiran muatan wilayah kerja statistik SP2020. Pada kegiatan tersebut dilakukan pemutakhiran batas-batas wilayah SLS sebagai kerangka kerja dalam kegiatan SP2020 nanti. Saat ini kegiatan tersebut masih berlangsung di seluruh Indonesia nih #sahabatdata.. Setelah itu, data yang masuk tentu perlu diolah terlebih dahulu agar mendapatkan output yang terintegrasi seluruh Indonesia. Nah.. untuk menunjang kelancaran proses pengolahan pemetaan tersebut, pagi ini, bertempat di Hotel Neo Aston Kupang, sebanyak 77 peserta dari berbagai kab/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur dikumpulkan untuk mengikuti kegiatan Pelatihan Pengolahan Peta dan Rekap Desa Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan wilayah Kerja Statistik SP2020. "Bagaimana kabar teman-teman semua? Sehat?" Sapa Ibu Maritje Pattiwaelapia selaku Kepala BPS Provinsi NTT saat membuka kegiatan tersebut. Kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari efektif sampai tanggal 4 Mei 2019 ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan tahapan-tahapan dalam pengolahan data Pemeteaan dan Pemutakhiran Wilayah Kerja Statistik SP2020 agar didapat output yang tepat dan terpercaya.

Pelatihan Calon Petugas Pengolahan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik SP2020 P

PROVINSI LAMPUNG   |   29-04-2019    1738

Bandar Lampung- Senin, 29 April 2019 Pembukaan kegiatan Pelatihan Calon Petugas Pengolahan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik SP2020 Provinsi Lampung di Hotel Yunna Bandar Lampung yang dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Lampung Yeane Irmaningrum, S, MA. Yang didampingi oleh Plt Kepala Bidang IPDS BPS Provinsi Lampung Ir. Dwiyana Suharyati. Pelaksanaan kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 dilakukan di seluruh desa/kelurahan pada 514 kabupaten/kota. Kegiatan ini terdiri dari dua tahapan, yaitu tahap pertama kegiatan lapangan (Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020), serta tahap kedua kegiatan pengolahan (Pengolahan Peta dan RD). Kegiatan pengolahan Peta dan RD dimaksudkan untuk menghasilkan peta digital yang mutakhir dan muatan wilkerstat per SLS dalam setiap desa/kelurahan. Pemanfaatan teknologi geospasial dimaksimalkan untuk meningkatkan kualitas peta wilayah kerja statistik. Teknologi yang tersedia ini mencakup pemanfaatan citra satelit, perangkat Global Positioning System (GPS), Aplikasi Geografic Information System (GIS) dan Aplikasi Wilkerstat. Untuk itu peningkatan kompetensi SDM juga harus dilakukan untuk menyatukan pemahaman mengenai proses pengolahan data dan peta digital. Dengan peta wilayah kerja statistic yang berkualitas, dapat mendukung peningkatan kualitas dari desain sensus dan survey, pengumpulan data lapangan, analisis, sampai dengan diseminasi data. Pelatihan yang akan berlangsung hingga 30 April 2019 diikuti oleh 90 peserta dengan rincian 85 orang dari BPS Kabupaten/Kota (Organik sejumlah 43 orang dan Mitra berjumlah 42 orang) dan 5 orang peserta dari BPS Provinsi Lampung.

Pelatihan Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   11-04-2019    416

Tahun 2019 adalah tahun persiapan menuju Sensus Penduduk 2020 (SP2020).Banyak kegiatan dilakukan BPS untuk mencapai data SP2020 yang baik. Seperti bulan Maret-April 2019 ini misalnya, BPS Kabupaten/Kota se-Indonesia termasuk di Jawa Tengah melaksanakan Pelatihan Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 di wilayah masing-masing.Selain kualitas data yang selalu menjadi prinsip utama BPS, persoalan administrasi pun tidak kalah penting dalam kegiatan ini. Bertempat di Aula BPS Provinsi Jawa Tengah (27/3), Kepala Subbagian Tata Usaha dari 35 BPS Kabupaten/Kota di Jawa Tengah berkumpul untuk membahas Pengelolaan Administrasi Pelatihan Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020.Harapannya, administrasi yang tertib dan akuntabel dapat tercapai dalam rangka mendukung suksesnya Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020.

Pelatihan Petugas Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 tahun 2019

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   27-03-2019    819

Dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) dibutuhkan kerangka induk yang lengkap, akurat, relevan, dan mutakhir sampai pada level kerja blok sensus (BS). Kegiatan Penyusunan Peta Dasar dan Informasi Muatan Wilayah Kerja Statistik (Wilkerstat) SP2020 telah dilakukan sejak 2018 dan telah menghasilkan peta dasar SP2020 yang terdiri dari peta desa/kelurahan dan BS. Pada tahun 2019, peta dasar tersebut akan digunakan dalam kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020. Peta dasar ini akan dilengkapi dengan informasi satuan lingkungan setempat (SLS). Terhitung tanggal 10-14 Maret 2019, BPS Provinsi NTT telah menyelenggarakan Pelatihan Petugas Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih para calon Instruktur Daerah agar mampu menyampaikan materi pelatihan kepada Pemeta dengan baik. Pelatihan berlangsung di Hotel Neo Aston Kupang dengan jumlah peserta sebanyak 42 orang terdiri dari 30 orang dari BPS Kabupaten/Kota 8 orang dari BPS  Provinsi, 2 orang Instruktur Nasional serta 3 orang Panitia penyelenggara.

Pelatihan Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik SP2020

PROVINSI KALIMANTAN BARAT   |   25-03-2019    391

Pelatihan Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik SP2020 Kab/Kota Se-Kalimantan Barat 2019 merupakan  kegiatan BPS untuk persiapan Sensus Penduduk 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 18-22 Maret 2019 bertempat di Hotel Ibis Pontianak. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah 34 peserta, dimana 28 orang merupakan peserta kab/kota dan 6 orang dari provinsi termasuk innas dan panitia. Selain kegiatan formal, dilaksanakan role playing untuk uji praktek lapangan di beberapa Blok Sensus yang telah ditentukan di Pontianak Kota juga diadakan pendalaman untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta pelatihan terhadap materi yang telah disampaikan oleh instruktur nasional.

Pelatihan Instruktur Daerah (Inda) Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI PAPUA   |   20-03-2019    470

Sensus Penduduk 2020 (SP2020) akan dilaksanakan kembali oleh BPS pada tahun 2020. salah satu upaya dalam mencapai data berkualitas adalah tersedianya kerangka induk wilayah kerja statistik yang mutakhir. kerangka induk yang dibuat BPS selama ini terdiri dari peta dan muatan blok sensus (BS). untuk melengkapi berbagai metode yang akan digunakan dalam sensus dan survei selanjutnya, maka kerangka induk tersebut akan dilengkapi dengan informasi Satuan Lingkungan Setempat (SLS). dengan demikian, metode kegiatan agak berbeda dengan kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik (wilkerstat) yang sudah dilakukan sebelumnya. untuk mencapai hasil yang optimal, salah satu tahapan kegiatan yang sangat penting adalah pelatihan Instruktur Daerah (Inda). pelatihan Inda Pemetaan di Provinsi Papua dilaksanakan selama tiga hari efektif pada tanggal 14-16 Maret 2019 bertempat di hotel Grand Abe. peserta berjumlah 39 orang yang berasal dari 21 kabupaten/kota. 

Pelatihan Calon Instruktur Daerah (Inda) Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI SUMATRA BARAT   |   18-03-2019    1605

Sahabat data, Mulai hari Selasa (12/03) kemarin, BPS Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Pelatihan Instruktur Daerah (Inda) Pemetaan dan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik (Wilkerstat) Sensus Penduduk (SP) 2020. Acara yg digelar di Hayam Wuruk (HW) Hotel Padang tersebut dilaksanakan selama 4 (empat) hari yakni dari tanggal 12 hingga 15 Maret 2019 dan dibuka oleh Kepala BPS Provinsi Sumatera Barat, Dr. Ir. Sukardi, M.Si. Pelatihan Instruktur Daerah (Inda) Pemetaan dan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik (Wilkerstat) Sensus Penduduk (SP) 2020 diikuti sebanyak Tiga puluh tujuh peserta yang berasal dari BPS Provinsi Sumatera Barat serta perwakilan BPS Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 tahun 2019, adalah untuk melengkapi kerangka induk yang akan digunakan sampai dengan 10 tahun ke depan.  Untuk melengkapi kerangka induk, dibutuhkan antara lain peta wilkerstat atau data spasial dalam format analog dan format digital serta muatan SLS berupa jumlah bangunan sensus, jumlah KK, kriteria dominan dan seterusnya. Modifikasi desain sensus dan survei BPS yang selama ini digunakan. Kerangka induk yang semula berisi blok sensus (BS) sebagai wilkerstat terkecil akan dilengkapi dengan satuan lingkungan setempat (SLS) beserta muatannya. Dalam pelatihan ini juga dilakukan role playing yang dipandu langsung oleh Kepala Bidang IPDS BPS Provinsi Sumatera Barat, Bapak Ichsan serta didampingi kedua orang innas Bapak Nunu dan Ibu Nila. Simulasi kegiatan lapangan, mulai dari identifikasi wilayah; mengunjungi ketua SLS untuk mendapatkan info batas wilayah, jumlah keluarga serta muatan dominan; penelusuran wilayah; penghitungan muatan; penggambaran batas SLS; serta geotagging batas SLS dan infrastruktur. Pada foto berikut terlihat peserta pelatihan bersemangat dan antusias sekali melaksanakan role playing tersebut.

Pelatihan Pemetaan dan Pemutakhiran Wilkerstat SP2020

PROVINSI SULAWESI TENGGARA   |   18-03-2019    585

Sensus Penduduk Bentar Lagi, mungkin sering dengar bahwa Sensus Penduduk akan dilaksanakan di tahun 2020. Perhelatan besar pendataan dengan siklus 10 tahunan ini akan dilaksanakan dengan combine method yang menggunakan prelist data registrasi penduduk yaitu data KTP Elektronik.Untuk mempersiapkan SP2020 ini BPS Sulawesi Tenggara Melaksanakan Pelatihan Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020. Dalam kegiatan Pemetaan saat ini ada yang berbeda dengan wilkestat sensus penduduk 2010 yang menggunakan basis Blok Sensus, untuk mempersiapkan SP2020 wilkerstat ini yang digunakan adalah satuan lingkungan setepat terkecil (RT, RW, Dusun,Lingkungan). Hal ini untuk mengakomodir pelaksanaan SP2020 yang menggunakan basis data registrasi penduduk. Dari pelatihan ini instruktur daerah akan mengajar petugas di kabupaten/kota untuk menyamakan konsep, definisi dan Standar operasional prosedur pelaksanaan kegiatan pemetaan dan pemutahiran muatan wilkerstat SP2020.

Pelatihan Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik SP2020

PROVINSI KALIMANTAN TIMUR   |   18-03-2019    514

Pada tanggal 13-15 Maret 2019, Badan Pusat Statistik provinsi Kalimantan Timur mengadakan kegiatan Pelatihan Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik Sensus Penduduk 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 23 peserta dari BPS Kabupaten/Kota dan dibuka langsung oleh Ir. Atqo Mardiyanto M.Si, Kepala Badan pusat Statistik Provinsi Kalimantan Timur. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini adalah “titik awal” dari Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Beliau juga menyampaikan bahwa salah satu upaya dalam mencapai data berkualitas adalah tersedianya kerangka induk wilayah kerja statistik yang mutakhir. Kerangka induk yang dibuat BPS selama ini terdiri dari peta dan muatan blok sensus (BS). Untuk melengkapi berbagai metode yang akan digunakan dalam sensus dan survei selanjutnya, maka kerangka induk tersebut akan dilengkapi dengan informasi Satuan linngkungan Setempat (SLS). Dengan demikian, metode kegiatan pada Pemetaan 2019 ini agak berbeda dengan kegiatan pemetaan dan pemutakhiran muatan wilayah kerja statistik (wilkerstat) yang sudah dilakukan sebelumnya. Pada hari ke-tiga pelatihan, beliau juga menyempatkan diri untuk mengawasi secara langsung pelaksanaan “role playing” di wilayah sekitar tempat pelatihan.

Pelatihan Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI MALUKU   |   18-03-2019    622

Menyongsong SP2020 yang akan dilaksanakan tahun depan, BPS Provinsi Selindo melaksanakan Pelatihan Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020. BPS Provinsi Maluku menyelenggarakan pelatihan mulai 15-17 Maret 2019 di Hotel Amaris Ambon. Peserta sebanyak 14 orang yang terdiri dari 10 orang yang berasal BPS Kabupaten/Kota dan 3 orang dari BPS Provinsi. Instruktur Nasional (INNAS) pelatihan ini adalah Ibu Rita Ginting yang sehari-hari sebagai Kepala Seksi Jaringan dan Rujukan Statistik sekaligus penanggung jawab pemetaan di Maluku. Kegiatan pelatihan pemetaan ini selain dibekali materi oleh INNAS, perserta juga turun langsung ke lapangan untuk mempraktekan ilmu yang didapat dengan menyusuri lorong-lorong dan batas satuan lingkungan setempat (SLS) yang lebih dikenal dengan sebutan RT, tapi sebelum itu peserta mendatangi Ketua RT untuk melaporkan kegiatan sekaligus mengorek informasi dan keterangan batas wilayah RT tersebut. Demikian sekilas tentang Pelatihan Instruktur Daerah Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020, semoga para Instruktur Daerah dapat melatih petugas lapangan di wilayah tugasnya masing-masing dengan baik dan tetap mempedomani setia materi dan buku panduan yang telah diberikan. Semoga nantinya peta yang dihasilkan betu-betul mumpuni sehingga saat digunakan untuk SP2020, petugas dapat mengetahui dengan jelas batas-batas wilayah kerjanya.#suksesSP2020

Pelatihan Innas Pemetaan: Penentu Arah SP2020

PUSAT   |   13-03-2019    900

Batam - \"Kami ucapkan selamat bertugas dalam kegiatan pelatihan innas pemetaan,\" sapa Zulkipli, Kepala BPS Provinsi Kepulauan Riau. Bersama Direktur Pengembangan Metodologi Sensus dan Survei BPS, Heru Margono, Zulkipli mendampingi M. Ari Nugraha, Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik (MIS) BPS membuka Pelatihan Instruktur Nasional (Innas) Pemetaan dan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik (Wilkerstat) Sensus Penduduk (SP) 2020, (25/2).Kesan serius nampak dalam acara pembukaan malam itu. Sembilan puluh peserta yang berasal dari BPS pusat serta perwakilan BPS provinsi seluruh Indonesia bersiap untuk memodifikasi desain sensus dan survei BPS yang selama ini digunakan. Kerangka induk yang semula berisi blok sensus (BS) sebagai wilkerstat terkecil akan dilengkapi dengan satuan lingkungan setempat (SLS) beserta muatannya.\"Ini menjadi tantangan ke depan bagi tim MIS. Kami membuka diri jika dalam kelas nanti ada masukan mengenai proses bisnis bagaimana kegiatan seharusnya dilakukan. Jangan sampai pada 2020 kita menyesal tidak melakukan hal-hal yang sempat tebersit saat pelatihan,\" papar Ari. Ia juga menekankan bahwa kerangka induk berdasarkan BS 2018 dan SLS harus dikelola dan dipelihara dengan baik.Dalam pelatihan ini juga akan dilakukan simulasi kegiatan lapangan, mulai dari identifikasi wilayah; mengunjungi ketua SLS untuk mendapatkan info batas wilayah, jumlah keluarga serta muatan dominan; penelusuran wilayah; penghitungan muatan; penggambaran batas SLS; serta geotagging batas SLS dan infrastruktur.

Pelatihan Inda Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI SUMATRA UTARA   |   11-03-2019    2426

Sensus Penduduk (SP) 2020 adalah sensus penduduk ke-7 sejak Indonesia merdeka. Sejak tahun 2018, persiapan SP2020 bidang kerangka induk sudah dilakukan. Salah satu unit kerja yang bertanggung jawab atas penyusunan dan pengembangan kerangka induk BPS adalah Direktorat Pengembangan Metodologi Sensus dan Survei Badan Pusat Statistik (BPS) adalah melaksanakan penyusunan dan pengembangan kerangka induk. Kerangka induk yang lengkap, akurat, relevan, dan mutakhir pada wilayah kerja statistik (wilkerstat) akan dijadikan sebagai dasar perencanaan dan pelaksanaan sensus dan survei BPS. Wilkerstat terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan dan blok sensus (BS). Kerangka induk yang dibuat BPS selama ini terdiri dari peta dan muatan BS. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pengembangan kerangka induk terus dilakukan. Pada prinsipnya, kerangka induk yang dibangun adalah untuk memenuhi kebutuhan kegiatan sensus dan survei BPS yang menggunakan berbagai macam metode statistik. Tahun 2018, Kegiatan Penyusunan Peta Dasar dan Informasi Muatan Wilkerstat SP2020 telah menghasilkan peta dasar SP2020 yang terdiri dari peta desa/kelurahan dan BS. Selain itu juga telah dilakukan ground check/ground truth pada 15.420 BS terpilih. Tahun 2019, peta dasar tersebut akan digunakan dalam kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020. Peta dasar ini akan dilengkapi dengan informasi satuan lingkungan setempat (SLS). Pelaksanaan Kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020 dilakukan di seluruh desa pada 514 kabupaten/kota. Kegiatan ini terdiri dari dua tahapan, yaitu tahap pertama kegiatan Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat, serta tahap kedua kegiatan Pengolahan Peta dan dokumen muatan wilkerstat. Dokumen muatan wilkerstat yang diolah adalah SP2020-RS dan SP2020-RD. Selanjutnya kegiatan tahap kedua disebut Pengolahan Peta dan RD. Agar kegiatan Pemetaan dan Muatan Wilkerstat ini dapat berlangsung dengan baik sesuai dengan standard operational procedure  (SOP) yang telah ditetapkan, diperlukan sumber daya manusia yang memahami tahapan kegiatan tersebut secara menyeluruh dengan baik, sehinggga diperlukan pelatihan Inda ini. Pelatihan Inda Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilayah Kerja Statistik SP2020 diselenggarakan oleh BPS Provinsi Sumatera Utara selama 3 hari efektif mulai tanggal 4 -8 Maret 2019 yang dibagi menjadi 3 kelas di Cambridge Hotel, Jl. S.Parman No. 217 Medan. Pelatihan ini diikuti oleh 79 peserta yang terdiri 67 peserta dari BPS Kabupaten/Kota dan 12 peserta dari BPS Provinsi Sumatera Utara.

Tes wawancara dan seleksi petugas Pemetaan Wilkerstat SP2020

PROVINSI SUMATRA SELATAN   |   06-02-2019    1607

Salah satu kegiatan tes wawancara dan seleksi petugas dalam rangka Pemetaan Wilkerstat SP2020 BPS Kota Palembang Tahun 2019, Tgl 6 - 8 Februari 2019

Pilot SP2020 Kota Bandung, Jawa Barat

PROVINSI JAWA BARAT   |   30-01-2019    1042

Kota Bandung kembali menjadi salah satu lokasi Pilot Sensus Penduduk 2020 bersama Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Hari ini dilaksanakan Sosialisasi Ujicoba SP2020 Metode Kombinasi di Kantor Kelurahan Sukamiskin, Kota Bandung.Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala BPS Provinsi Jawa Barat Dody Herlando, Camat Arcamanik Firman Nugraha, Lurah Sukamiskin Farida Agustini, dan Kepala BPS Kota Bandung Lilis Pujiawati. Turut juga hadir perwakilan dari Mabes SP2020 Badan Pusat Statistik antara lain Margaretha Ari Anggorowati, Nashrul Wajdi, Diah Ikawati dan Nuraini. Selengkapnya

KALWEDO, Peta Mutakhir Menuju SP2020

PROVINSI MALUKU   |   23-10-2018    542

Peta wilayah kerja statistik (wilkestat) sudah saatnya diperbaharui bahkan penambahan peta baru untuk menjawab kondisi daerah yang mengalami pemekaran dan pembangunan permukiman dan perumahan yang begitu pesat.  Keakuratan batas wilayah yakni batas Desa, batas Kecamatan, batas Kabupaten/Kota, batas Provinsi dan batas Negara mutlak diperlukan untuk SP2020. Ground check di Desa Klis dan Desa Mwain Kecamatan Moa Kabupaten Maluku Barat Daya

LANGKAH AWAL SENSUS PENDUDUK 2020 dan PENGOLAHAN SURVEI STRUKTUR ONGKOS TANAMAN HORTIKULTURA

PROVINSI JAWA TENGAH   |   13-09-2018    427

Karena dilaksanakan pada tanggal dan tempat yang sama, acara pembukaan dua acara yang digawangi bidang IPDS ini dilaksanakan bersamaan. Meskipun demikian, kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di lain kelas.Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah, Sentot Bangun Widoyono, didampingi Kabid Statistik Produksi dan Kabid Statistik Sosial berkenan membuka acara yang dihelat di Pandanaran Hotel Semarang dari tanggal 12 hingga 14 September 2018 tersebut.

Pelatihan Petugas UC PES SP2020

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   23-08-2018    471

Kegiatan Pelatihan Petugas Uji Coba (UC) Post enumeration Survey (PES) Sensus Penduduk 2020 (SP2020) telah dilaksanakan pada tanggal 23 sampai 27 Agustus 2018. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPS Provinsi NTT didampingi Kabid IPDS dengan peserta dari Kabupaten Manggarai Barat.Kegiatan ini dilakukan sebagai dasar evaluasi instrumen dan untuk memperoleh informasi lainnya seperti prosedur pelaksanaan lapangan dan prosedur pengolahan data.SUKSESKAN SP2020👉👉

Subbag Tata Usaha BPS Kab/Kota se-Jawa Tengah siap mendukung dan menyukseskan SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   25-07-2018    381

Subbag Tata Usaha BPS Kab/Kota se-Jawa Tengah siap mendukung dan menyukseskan SP2020.Foto di atas adalah momen saat Kepala BPS Provinsi Jawa Tengah berfoto bersama dengan peserta rapat penyusunan laporan keuangan di Pandanaran Hotel Semarang, Selasa (24/07)(HUMAS/dwia)#sp2020 #DataMencerdaskanBangsa #bpsprovjateng

Uji Coba Ground Check Penyusunan Peta Dasar & Informasi Muatan Wilayah SP2020

PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR   |   11-07-2018    938

Uji coba ground check oleh peserta pelatihan Petugas Penyusunan Peta Dasar & Informasi Muatan Wilayah Kerja Statistik SP2020 pada hari terakhir pelatihan (11/07). Tujuan kegiatan ini untuk mengecek dan mengambil foto serta koordinat landmark batas blok sensus. Peserta pelatihan berasal dari seksi IPDS seluruh BPS Kabupaten/Kota di NTT, dan Bidang IPDS BPS Provinsi NTT.

ROAD TO SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   10-07-2018    613

#Sahabatstatistik, Sensus Penduduk tahun 2020 (SP2020) sudah diambang pintu. Saatnya genderang "perang" menuju suksesnya SP2020 ditabuh.Sebagai tahap awal pelaksanaan SP2020, Badan Pusat Statistik akan menyelenggarakan Penyusunan Peta Dasar dan Informasi Muatan Wilkerstat SP2020.Tujuan kegiatan ini adalah untuk menyediakan peta serta kerangka sampel yang lengkap, akurat, relevan, dan mutakhir pada wilayah kerja statistik (wilkerstat). Sebelum kegiatan dilaksanakan, maka perlu memberikan pelatihan kepada calon petugas, seperti yang saat ini sedang dilaksanakan di MG Setos Hotel Semarang mulai tanggal 10 s.d 15 Juli 2018. Pelatihan dibagi dlm 2 gelombang, dan pada gel l dibuka oleh Martin Suanta, SE, M.Si, Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Jawa Tengah. Dalam pengarahannya, Martin Suanta menegaskan bahwa SP2020 harus berjalan dengan sukses. Kuncinya adalah pada tahap perencanaan dan persiapan2 yang dilakukan menjelang pelaksanaan SP2020. Salah satunya yaitu Penyusunan Peta Dasar dan Informasi Muatan Wilkerstat SP2020. (HUMAS/Aning)#bpsprovjateng#sp2020#twentytwenty#bps#statistik

'Try Out' Pelatihan Petugas Pemetaan dan Pemutakhiran Muatan Wilkerstat SP2020

PROVINSI JAWA TENGAH   |   04-02-2018    467

Happy holiday, sahabat statistik! Salah satu sesi dalam pelatihan petugas Pemetaan dan Pemutakhiran muatan Wilkerstat SP2020 adalah try out. Peserta diajak turun ke lapangan untuk mencoba langsung dalam memutakhirkan muatan di salah satu blok sensus. Ada yang beda dengan dalam pelatihan ini adalah penggunaan aplikasi android 'SW Maps' untuk menentukan batas-batas blok sensus. Jadi kalau ada orang di sekitarmu motret2 pake hape belum tentu lagi selfie atau motretin kamu, ya guys... Tapi tenang, petugas kami dilengkapi identitas dan surat tugas. Laporkan kepada pihak berwajib bila bertemu orang yang mencurigakan. Salam statistik 😀 .#jatenggayeng#bpsprovjateng @ Pesonna Hotel Semarang