Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data BPS 2021
Nomor Katalog : 1399013
Nomor Publikasi : 03200.2124
Tanggal Rilis : 2021-12-23
Ukuran File : 5.4 MB
Abstraksi
Undang-undang RI Nomor 25 Tahun 2009 tentang
Pelayanan Publik mengatur bahwa setiap penyelenggara pelayanan publik
berkewajiban untuk melaksanakan evaluasi terhadap kinerja pelaksana pelayanan
publik. Salah satu bentuk evaluasi ini diwujudkan melalui penyelenggaraan
Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagaimana yang diatur dalam PermenpanRB
Nomor 14 Tahun 2017.BPS
telah menyelenggarakan SKM secara rutin tiap tahun yang diintegrasikan ke dalam
Survei Kebutuhan Data (SKD). Survei ini selain bertujuan untuk mendapatkan tingkat kepuasan
konsumen terhadap pelayanan data BPS, juga bertujuan untuk mengidentifikasi
kebutuhan data dan tingkat kepuasan konsumen terhadap kualitas data yang
dihasilkan BPS.Hasil dari pelaksanaan SKD 2021 salah satunya
disajikan dalam publikasi dengan judul “Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data
BPS 2021” sebagai bentuk laporan dari penyelenggaraan SKD. Publikasi ini
memberikan penjelasan secara deskriptif mengenai performa unit layanan,
perilaku anti korupsi, kebutuhan data, dan kepuasan konsumen terhadap
kualitas data BPS. Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dan Indeks Persepsi Anti
Korupsi (IPAK) merupakan indikator utama yang disajikan dalam publikasi ini.