Nomor Katalog | : | 1202001 |
Nomor Publikasi | : | 02100.2102 |
ISSN/ISBN | : | |
Tanggal Rilis | : | 5 Mei 2021 |
Ukuran File | : | 16.76 MB |
Abstraksi
Tahun 2020 merupakan
tahun yang penuh tantangan. Sejak kasus Covid-19 masuk ke Indonesia pada awal
Maret 2020 dan berkembang menjadi pandemi, perubahan secara drastis terjadi di
segala aspek kehidupan, tidak terkecuali perubahan cara kerja BPS sebagai
sebuah organisasi. Adanya pandemi Covid-19 membuat BPS belajar banyak hal, seperti
adanya “physical distancing” memaksa
seluruh pegawai BPS untuk meng-upgrade
diri terhadap penggunaan teknologi dan aplikasi, melakukan berbagai kegiatan
seperti rapat dan pelatihan serta pengumpulan data dengan cara yang lebih
simpel, efektif, dan efisien.BPS telah mampu melakukan adaptasi
dengan cepat terkait penyesuaian proses bisnis atas pelaksanaan kegiatan selama
tahun 2020 sebagai dampak adanya pandemi Covid-19. Hal ini terbukti BPS mampu
menyelesaikan seluruh kegiatan dan mencapai target yang ditetapkan sesuai
jadwal yang telah ditentukan, baik untuk kegiatan survei rutin BPS, maupun
berbagai kegiatan besar yang merupakan prioritas nasional, diantaranya yaitu Pelaksanaan
Sensus Penduduk 2020, Pendataan Statistik Pertanian Tamanan Pangan Terintegrasi
Dengan Metode Kerangka Sampel Area, Pendataan Potensi Desa (Podes), Penyusunan Inter Regionl Input Output (IRIO), dan
Penyusunan Neraca Satelit Pariwisata Nasional (TSA). Tentunya hal ini karena
adanya kerja keras, disiplin yang tinggi, serta komunikasi dan koordinasi yang
baik dari seluruh pegawai BPS baik di pusat maupun di daerah.Pelaksanaan kegiatan
BPS tahun 2020 ini dapat dinilai berhasil. Hal ini tercermin dari berbagai
pencapaian prestasi yang diraih BPS, baik dalam hal pengelolaan teknis maupun pengelolaan
administrasi. Dalam hal pengelolaan teknis, BPS berhasil melakukan penyesuaian
proses bisnis kegiatan besar yaitu Sensus Penduduk 2020 (SP2020) dalam waktu
singkat dan dengan budget yang terbatas serta melakukan rilis bersama dengan
Kementerian Dalam negeri terkait data SP2020 dan Data Administrasi Kependudukan
2020 pada 21 Januari 2021. Sedangkan dalam hal pengelolaan administrasi, BPS
berhasil memperoleh predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)
untuk satker BPS Kabupaten Gianyar dan
BPS Kota Madiun, memperoleh Peringkat XIII “Memuaskan” pada Kategori Lembaga
Pemerintah Non Kementerian berdasarkan Hasil Pengawasan Tahun 2019 dari Arsip
Nasional Republik Indonesia (ANRI), mempertahankan predikat Wajar Tanpa
Pengecualian (WTP) untuk penyajian laporan keuangan Tahun 2019, dan meraih berbagai
penghargaan lainnya dibidang pengelolaan administrasi selama tahun 2020 oleh satker BPS daerah. Selain itu,
akhir tahun 2020, BPS juga telah berhasil merampungkan penyederhanaan
organisasi dan penyetaraaan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional
dengan harapan dapat mempercepat proses dan meningkatkan kualitas pelayanan
publik serta dalam rangka penguatan kelembagaan. Keberhasilan atas
pelaksanaan seluruh kegiatan dan pencapaian prestasi BPS tahun 2020 yang
terangkum dalam Laporan Aktivitas BPS Tahun 2020 ini harus menjadi pendorong
dan semangat untuk terus meningkatkan diri dalam hal memberikan data yang
berkualitas dan beragam, memberikan pelayanan yang baik bagi pengguna data,
terus melakukan kolaborasi dan inovasi, terus meningkatkan kompetensi,
keterampilan dan keahlian, serta terus berbenah dalam hal pengelolaan
administrasi terutama pelaksanaan proses administrasi yang benar dan tepat
waktu.
Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa
senantiasa meridhoi dan meringankan langkah kita bersama untuk tetap bisa
menjalankan tugas dan peran kita masing-masing sebagai insan statistik serta
bersama-sama membangun BPS agar menjadi “Penyedia
Data Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju”.