Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data 2019
Nomor Katalog : 1399013
Nomor Publikasi : 03210.2001
ISSN / ISBN : 2302-7738
Tanggal Rilis : 2020-01-23
Ukuran File : 4.3 MB
Abstraksi
Survei
Kebutuhan Data (SKD)adalah survei
yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS)untuk mengidentifikasi kebutuhandata statistikdan tingkat kepuasan konsumenterhadap data dan pelayanan BPS.SKDdilaksanakansejak tahun 2005.Responden
pada SKD 2019 adalah konsumen yang menerima pelayanan dari unit Pelayanan
Statistik Terpadu (PST) BPS dengan cara tatap muka atau datang langsung ke unit
PST BPS serta tanpa tatap muka baik melalui telepon, faksimili, e-mail, surat,
website, maupun layanan statistik online.Secara
umum, tujuan pelaksanaan SKD2019adalah mendapatkan bahan evaluasi dari konsumen
sebagai pendukung peningkatan kualitas data dan informasi statistik.Hasil SKD 2019disajikan
dalam bentuk publikasi yang berisi analisis karakteristik konsumen, analisis
kebutuhan data, analisis kepuasan kualitas data,dananalisis
performa unit layanan.Analisis ini dilengkapi dengan penyajian dalam bentuk
Indeks Kepuasan Konsumen (IKK).Ruang lingkup analisis hasil SKD 2019 adalah PST
BPS Pusat.
Hasil SKD menunjukkan
bahwa konsumen di PST BPS Pusat didominasi oleh konsumen yang berasal
darilembaga pendidikan dan penelitian dalam
negeri(65,13%).Secara umum, konsumen merasa puas terhadap data yang
diperoleh dari penyedia data BPS Pusat yang ditunjukkan dengan persentase
konsumen yang merasa puas terhadap kualitas data BPS sebesar
98,33%.Kepuasan konsumen terhadap pelayanan di PST BPS Pusat digambarkan
melalui IKK. Nilai IKK PST BPS Pusat adalah 81,92.