Statistik E-Commerce 2019
Nomor Katalog : 8101004
Nomor Publikasi : 06320.1902
ISSN / ISBN : 978-602-438-290-2
Tanggal Rilis : 2019-12-18
Ukuran File : 1.55 MB
Abstraksi
Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
berdampak pada perubahan di berbagai bidang, seperti sosial, ekonomi, politik,
dan budaya, serta berdampak pada perubahan gaya hidup, termasuk pola konsumsi
serta cara berjualan dan berbelanja masyarakat. Di era ini, masyarakat
memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk membeli dan/atau menjual
barang dan/atau jasa melalui internet. Fenomena ini dikenal dengan e-commerce. Fenomena e-commerce menyediakan pilihan cara
berbelanja bagi masyarakat dengan tidak perlu datang langsung ke toko.
Publikasi ini menyediakan potret dan gambaran potensi dan
perkembangan usaha e-commerce seperti
jumlah usaha e-commerce, nilai
transaksi, jumlah tenaga kerja, jenis barang/jasa yang dijual, media yang
digunakan, metode pengiriman barang/jasa, dan alasan usaha tidak melakukan
penjualan online.
Data strategis yang dihasilkan dapat digunakan oleh
pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat luas untuk perumusan berbagai
kebijakan, perencanaan, alat monitoring dan evaluasi, serta untuk melakukan
penelitian ilmiah terkait dengan e-commerce.