Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Tujuh Arah Perubahan, Wujud Transformasi dan Reformasi Birokrasi BPS

Tujuh Arah Perubahan, Wujud Transformasi dan Reformasi Birokrasi BPS

21 Januari 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Surabaya - Topik mengenai Reformasi Birokrasi (RB) telah lama digaungkan. Upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pekerjaan pun terus menerus dilakukan. Bagaimana kelanjutannya?

Materi mengenai RB dan pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2022 menjadi pembahasan utama dalam Rapat Pimpinan Lengkap (Rapimkap) yang berlangsung di Vasa Hotel, Surabaya (19/1). Pertanyaan mengenai bagaimana paradigma RB di era saat ini dan bagaimana mengawal RB di BPS menjadi ihwal yang dibahas tuntas oleh seluruh pimpinan BPS yang hadir.

Apresiasi disampaikan oleh Kepala BPS, Margo Yuwono, terhadap capaian kinerja seluruh satuan kerja di BPS baik pusat maupun daerah pada tahun 2021. Margo seraya mengingatkan bahwa pada tahun selanjutnya RB bukan hanya sekadar pemenuhan kewajiban. "Tolong semua pimpinan yang hadir untuk berani mengambil peluang, merancang strategi baru, dan senantiasa bertumbuh. Harus responsif dan adaptif terhadap perubahan," ujar Margo.

Buku 7 Arah Perubahan merupakan jawaban BPS atas pertanyaan bagaimana transformasi di BPS dilakukan. Tahun ini BPS akan berfokus dalam beberapa quick wins salah satunya adalah bagaimana meningkatkan kapabilitas organisasi (internal) dan mendorong kolaborasi statistik (eksternal).

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB, Erwan Agus Putranto, dihadirkan sebagai narasumber dalam Rapat Pimpinan Lengkap hari pertama. Peran BPS dalam Reformasi Birokrasi pemerintah menjadi materi yang disampaikan. Erwan menyampaikan pentingnya pergeseran paradigma tatanan baru birokrasi untuk peningkatan kualitas pengelolaan data. "Rendahnya efektivitas program pemerintah dikarenakan kondisi
yang inefisien. BPS harus menjadi solusi permasalahan tersebut," jelasnya.

Agenda Rapimkap dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian kinerja seluruh pimpinan tinggi yang hadir. Sore harinya agenda diisi dengan pembagian komisi untuk membahas Evaluasi Arah Perubahan BPS Tahun Pelaksanaan 2021. Esok hari, Rapimkap masih akan dilanjutkan dengan paparan masing-masing deputi terkait dengan program kerja utama masing-masing pada tahun 2022.

#HumasNews
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik