Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Penganugerahan 10 Desa Cinta Statistik Terbaik

Penganugerahan 10 Desa Cinta Statistik Terbaik

7 Desember 2021 | Kegiatan Statistik


BPS menganugerahkan penghargaan kepada 10 Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) Terbaik Tahun 2021 hari ini dalam acara bertajuk “Award Desa Cantik, Dari Data Menuju Sejahtera”, (6/12) di Hotel Shangri-la Jakarta. Sepuluh desa terbaik adalah Kelurahan Beringin Jaya (Sumatra Selatan), Desa Karya Makmur (Kepulauan Bangka Belitung), Desa Pangalengan (Jawa Barat), Desa Maduretno (Jawa Tengah), Desa Tamansuruh (Jawa Timur), Desa Pesanggrahan (Jawa Timur), Desa Kutuh (Bali), Desa Mujur (Nusa Tenggara Barat), Desa Apung (Kalimantan Utara), dan Desa Kota Raya Selatan (Sulawesi Tengah).

Penghargaan diberikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa dan Kepala BPS, Margo Yuwono kepada para kepala desa dan pembina statistik desa terbaik tersebut. Margo mengucapkan, “Terima kasih kepada 100 desa yang sudah sama-sama meningkatkan literasi statistik tentang desa. Kepada 10 desa yang terpilih, saya ucapkan selamat, kontribusi bapak/ibu luar biasa. Harapannya ini sebagai pendorong semangat bagi desa-desa lainnya, supaya pengelolaan dan pemanfaatan data menjadi lebih baik dan pembangunan desa mandiri dan desa sejahtera bisa terwujud.”

Suharso mengatakan jika Desa Cantik sudah terwujud dengan baik, basis-basis data sudah dapat berbunyi dan efektivitas penganggaran akan lebih baik. “Jika seluruh desa sudah menjadi Desa Cantik, maka pemborosan akan diminimalisir dan perencanaan pembangunan akan benar-benar berdasarkan data yang tersedia dengan baik, benar-benar berdasarkan kebutuhan dan prioritas,” ujar Suharso.

Program Desa Cantik dimulai BPS pada Februari 2021 kepada 100 desa terpilih di Indonesia. Program ini bertujuan meningkatkan kompetensi aparatur desa dalam pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan desa dapat lebih tepat sasaran. Program ini juga upaya untuk mewujudkan target SDGs desa No. 17.

Acara "Award Desa Cantik" juga diisi dengan talkshow yang menghadirkan narasumber Oktorialdi @bappenasri (Sekretariat Satu Data Indonesia), Jeffrey Erlan Muller @kemenpanrb, serta Rahayuningsih @kemendagri
Talkshow dipandu Adi Lumaksono (BPS).

#CintaData
#KegiatanBPS
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik