Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Deputi Disjas Ajak Kolaborasi, Koordinasi untuk Kegiatan Terintegrasi

Deputi Disjas Ajak Kolaborasi, Koordinasi untuk Kegiatan Terintegrasi

3 November 2021 | Kegiatan Statistik


"Dampak Covid-19 di antaranya muncul ilmu baru tentang big data, data science, data analyst. Mari berubah, belajar tentang pemanfaatan big data," ucap Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa (Disjas) BPS, Setianto saat memberi sambutan pada "Pembinaan Koordinator Fungsi dan Sub Koordinator Fungsi Bidang Statistik Distribusi BPS Provinsi Terintegrasi" di Bandung, (3/11). Para peserta merupakan perwakilan dari 34 BPS provinsi.

Setianto meminta para peserta berpedoman pada buku "Arah Perubahan BPS" yang sudah diluncurkan untuk sama-sama siap menghadapi tantangan BPS. Salah satu tantangan BPS, yakni tuntutan data agar semakin berkualitas, beragam, dan penyajian yang cepat.

Kedeputian Disjas juga harus bertransformasi untuk bisa mengintegrasikan kegiatan survei yang beragam. "Integrasi ini akan mengurangi beban responden dan petugas lapangan," imbuh Setianto. Survei yang sudah terintegrasi di antaranya Survei Profil Perdagangan, Survei Perdagangan Antar Wilayah, dan Survei Pola Distribusi Perdagangan. Ketiga survei tersebut terintegrasi menjadi Survei Perdagangan. Survei Khusus Hari Raya Terintegrasi di Survei Harga Mingguan. Pengolahan entri statistik harga di semua level mulai dari harga produsen, harga perdesaan, statistik harga perdagangan besar, dan statistik harga konsumen terintegrasi di aplikasi Sintesa (Sistem Terintegrasi Statistik Harga).

Pembinaan ini menghadirkan beberapa narasumber, seperti Eka Chandra Buana (Direktur Perencanaan Makro dan Analisis Statistik Bappenas) dan Rizal Edwin (Asisten Deputi Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian).

#CintaData
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik