Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Kualitas Data Adalah Kunci

Kualitas Data Adalah Kunci

8 Maret 2021 | Kegiatan Statistik Lainnya


#SahabatData tentu sudah familiar dengan data yang dihasilkan BPS. Tahukah #SahabatData, bahwa untuk dapat menyajikan sebuah data hingga dapat dinikmati para penggunanya, butuh perjalanan panjang yang harus dilalui?

Mulai dari identifikasi kebutuhan, desain, pembangunan, pengumpulan data di lapangan, pengolahan, analisis, diseminasi, hingga evaluasi. Tahapan-tahapan ini telah melalui proses penjaminan kualitas lho!

Layaknya sebuah produk, sebelum hasil produksi sampai ke tangan konsumen, sebuah perusahaan pasti melakukan proses kontrol kualitas (quality control). Langkah ini dilakukan untuk memastikan agar produk yang akan digunakan konsumen nanti telah memenuhi standar kualitas yang ditentukan. Demikian pula dengan BPS, tahapan quality control terhadap data atau informasi statistik yang dihasilkan ini dikelola dalam kerangka penjaminan kualitas (Quality Assurance Framework-QAF).

Pembahasan QAF kali ini sebagai perkenalan dulu sama #SahabatData. Nantikan pembahasan lebih dalam tentang penjaminan kualitas statistik pada kesempatan selanjutnya ya!

#GerakanCintaData
#NQAF
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik