Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Kunjungan Kerja DPD RI ke BPS Provinsi Bali

Kunjungan Kerja DPD RI ke BPS Provinsi Bali

16 November 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badung-Data yang tidak saling terhubung, berpotensi terjadi inkonsistensi dan duplikasi data. “Satu Data Indonesia dapat dimulai dari desa,” ucap Margo Yuwono, Sekretaris Utama BPS- ketika menyampaikan paparannya di depan anggota Komite 4 DPD RI yang sedang melakukan kunjungan kerja ke BPS Provinsi Bali (16/11). Acara berlangsung di Dynasti Hotel Resort, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Komite IV DPD RI yang dipimpin oleh Sukiryanto beserta jajaran melakukan kunjungan kerja dalam rangka mendapatkan informasi secara komprehensif mengenai realisasi Sensus Penduduk dan masukan dari daerah terkait pelaksanaan undang-undang statistik.

Banyak hal yang didiskusikan di antaranya mengenai Satu Data Indonesia, sinergitas BPS dengan K/L untuk menghindari perbedaan data dan menghasilkan statistik sektoral yang lebih baik, pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, serta revisi undang-undang statistik.

“Satu Data Indonesia diharapkan segera terwujud untuk kepentingan pembangunan nasional,” harap Sukiryanto. Satu Data Kependudukan yang update tentunya menjadi hal penting untuk segera terintegrasi mengingat ini bisa menjadi acuan untuk program bantuan sosial yang tepat sasaran di pandemi seperti ini.

Dampak pandemi COVID-19 begitu nyata dan memengaruhi kondisi kehidupan sosial ekonomi masyarakat. “Kondisi Bali saat ini berbeda dari sebelumnya,” ucap Hanif Yahya, Kepala BPS Provinsi Bali saat menyampaikan ucapan selamat datang kepada Komite IV DPD RI.

BPS ke depannya akan memperkuat peran koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan standarisasi (KISS) kepada K/L/OPD yang menjadi penyelenggara statistik. Lalu BPS akan mengembangkan sistem integrasi data untuk mendorong bagi pakai data (interoperabilitas) serta mengoptimalkan pembinaan statistik sampai ke tingkat desa. “Porsi dana desa sangat perlu untuk dimanfaatkan dalam pengelolaan data desa,” tambah Margo.

Komite IV DPD RI pun antusias dan berkomitmen untuk memperkuat peran BPS untuk mewujudkan Satu Data Indonesia.

#HumasNews
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik