Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Reformasi Birokrasi: Perbaikan yang Berkelanjutan

Reformasi Birokrasi: Perbaikan yang Berkelanjutan

31 Januari 2020 | Kegiatan Statistik Lainnya


Bertempat di Gedung 1 Lantai 10 Badan Pusat Statistik (BPS), diselenggarakan kegiatan “EXIT MEETING” guna membahas hasil evaluasi pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) dan SAKIP BPS Tahun 2019 (24/01/2020). Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Utama BPS, Adi Lumaksono, serta dihadiri para pimpinan tinggi madya BPS, Dra. Nadimah, MBA (Ketua Tim Evaluator RB BPS), para pelaksana RB di unit eselon I, serta para change champions di BPS.

“Ada tiga kunci yang selalu diacu BPS dalam menjaga kualitas data yaitu kecepatan, ketepatan, dan akurasi. Pemanfaatan teknologi baik dalam rangka menunjang proses bisnis statistik maupun dalam rangka peningkatan pelayanan eksternal dan internal telah dilakukan oleh BPS seiring dengan amanat pelaksanaan Reformasi Birokrasi,”ujar Adi. Selain itu, pemanfaatan big data, pemanfaatan gawai untuk proses pendataan dan pendanaan di lapangan, serta dikembangkannya sistem-sistem aplikasi, menunjukkan telah terciptanya sistem kerja e-Government di BPS. Hal tersebut sekali lagi adalah sebagai upaya untuk mempercepat tersajinya data bagi pengguna, baik Kementerian Lembaga, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun masyarakat luas dalam dan luar negeri. Angka Indeks RB BPS tahun 2018 sebesar 77,51 persen atau hanya meningkat 0,30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Harapan Adi semoga kerja keras BPS di 2019 dapat menaikkan angka Indeks tersebut lebih signifikan dibandingkan tahun 2018.

“Memang banyak capaian yang telah dicapai BPS, tetapi RB itu adalah perbaikan yang secara berkelanjutan. Jadi pasti ada hal-hal yang tersisa yang menjadi tanggungjawab kita untuk memperbaiki pada tahun-tahun berikutnya”, ujar Nadimah menanggapi pernyataan Adi sebelumnya. Dalam paparannya dia menyampaikan beberapa hal yang masih harus diperbaiki oleh BPS dikemudian hari.

Dalam penutupnya, Adi sekali lagi menyampaikan harapannya, “Semoga hasil evaluasi nanti merupakan kabar baik bagi BPS sekaligus menjadi booster agar BPS bekerja lebih baik lagi di masa-masa mendatang demi terwujudnya BPS sebagai institusi statistik berkelas dunia,” ujarnya.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik