Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Peringati HUT ke-20, DWP BPS Selenggarakan Workshop Anti Aging

Peringati HUT ke-20, DWP BPS Selenggarakan Workshop Anti Aging

10 Desember 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta - “DWP punya peran strategis dalam membangun bangsa. Tema HUT DWP yang jatuh pada 7 Desember mendatang, ‘Optimalisasi kinerja DWP sebagai Mitra Strategis Pemerintah untuk Suksesnya Pembangunan Nasional’. Tema ini Sangat relevan dengan tujuan prioritas pembangunan nasional, “ ucap Inspektur Utama, Akhmad Jaelani ketika memberi sambutan dalam acara DWP BPS Rabu (4/12).

Jaelani menegaskan, pembangunan SDM tidak lepas dari peran ibu-ibu DWP. Ibu berperan dalam mengatur gizi yang dikonsumsi, untuk menekan angka stunting anak serta menyiapkan generasi yang menjadi manusia unggul sehingga dapat membawa Indonesia maju di masa depan. BPS akan melakukan Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Pembangunan nasional perlu dukungan ketersediaan data. Peran Ibu- ibu DWP dan kontribusinya dalam menyosialisasikan SP2020 online sangat diperlukan.

DWP BPS memperingati HUT ke-20 dengan menyuguhkan workshop bertajuk “Tubuh Sehat , Awet Muda, dan Bugar dengan Diet Anti Aging”. Bahasan diet anti aging ini disampaikan oleh Konsultan Gizi, Rita Ramayulis, ibu berputera empat yang masih nampak bugar meski usia hampir setengah abad. Ketua DWP BPS, Robitoh Jaelani meminta ibu-ibu DWP dan karyawati tidak segan menuntut ilmu. Robitoh juga menjelaskan berbagai kegiatan DWP selama tahun 2019 yang dikemas dalam short vidio.

Rita menjelaskan berbagai pola makan dan kebiasaan yang dapat menunda penuaan tubuh. Juice buah, teh, kopi sebaiknya dikunsumsi tanpa tambahan gula. Perlu diperhatikan proporsi karbohidrat, protein, buah dan sayur yang dikonsumsi sehari-hari. Rita juga menganjurkan karyawati BPS untuk keluar sebentar dari ruang kerja dan berjemur di panas matahari sekitar jam 11 siang. Hal ini baik untuk melancarkan aliran peredaran darah. Rita mendefinisikan bugar adalah kemampuan tubuh melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti setidaknya hingga pukul 8 malam. 

Selain workshop anti aging, HUT DWP ke-20 juga menggelar lomba olah makanan berbahan dasar umbi. Puding, mie, bolu serta aneka makanan lainnya yang menggunakan bahan dasar umbi dipamerkan dan dinilai oleh tim juri. Lomba ini diikuti perwakilan dari DWP BPS se-Jabodetabek. Kreativitas ibu-ibu DWP sangat diapresiasi dan menjadi inovasi yang dapat dicontoh dan dipraktekkan di rumah.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik