Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Calon Pengabdi Negeri Ikut SKD CAT

Calon Pengabdi Negeri Ikut SKD CAT

13 September 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta - Mentari pagi beranjak naik, perlahan tapi pasti, teriknya makin terasa. Tapi, panas menjelang tak membuat semangat dan langkah calon pengabdi negeri BPS untuk datang ke kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN). Berseragam hitam putih, mereka melangkah semangat memasuki gedung Computer Assisted Test (CAT) BKN. Lulusan sekolah tinggi kedinasan Politeknik Statistika STIS mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) (4/9).

SKD dengan sistem CAT merupakan salah satu tahapan wajib yang harus dilalui CPNS. “Ini merupakan salah satu tahapan bersejarah yang penting dalam perjalanan hidup kalian,” ucap Sugeng Arianto, Kepala Biro Kepegawaian BPS saat memberikan sambutannya. Orasinya membakar semangat para CPNS. 

Ada tiga materi yang diujikan yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal dengan passing grade 75, Tes Integensia Umum (TIU) sebanyak 30 soal dengan passing grade 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal dengan passing grade 143. Adapun sistem skor untuk TWK dan TIU adalah jika benar bernilai 5 dan jika salah bernilai 0. Sementara TKP memiliki skor 1-5, di mana salah satu trik agar lulus untuk penilaian ini adalah para peserta harus menempatkan diri sebagai Aparatur Sipil Negara. 

Kalau masih ada yang belum memenuhi passing grade, akan diberikan satu kali lagi kesempatan mengikuti SKD untuk formasi CPNS BPS ini. “Kami akan segera menyurat ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk persetujuan usulan SKD CAT untuk yang belum memenuhi passing grade. Semoga bisa disetujui bulan ini,” ucap Maya Rachmawati, Kepala Subbagian Tata Usaha Kepegawaian BPS. Mengenai SKD CAT ini Tjatur Wibowo, Kepala Bagian Administrasi Kepegawaian, mengimbau kepada para peserta agar bisa datang lebih awal supaya kondisi lebih siap dan stabil untuk menjawab soal. 

Setelah tes selama 90 menit, berbagai ekspresi ditunjukkan para peserta. “Awal-awal menunggu detiknya habis (waktu habis, red) deg-degan, ikhlas dan pasrah. Pas sudah keluar nilainya, baru merasa lega, lepas semua langsung plong, lepas beban 4 tahun,” ucap syukur Harry, salah satu peserta SKD CAT. Selamat untuk yang sudah lulus, dan siap diangkat menjadi CPNS BPS. Tetap semangat untuk yang masih belum beruntung. Masih ada kesempatan. Bisa!

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik