Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Simdasi, untuk SI dan DDA yang Berkualitas

Simdasi, untuk SI dan DDA yang Berkualitas

30 April 2019 | Kegiatan Statistik Lainnya


Bandung - Publikasi Statistik Indonesia (SI) dan Daerah Dalam Angka (DDA) merupakan publikasi keluaran BPS yang diminati dan diperhatikan oleh masyarakat. Saat ini pun publikasi tersebut sudah tersedia di www.bps.go.id. BPS terus berupaya untuk meningkatkan kualitas SI dan DDA melalui Sistem Informasi Manajemen Data Statistik Terintegrasi (Simdasi). Salah satunya dengan mengadakan kegiatan Pembinaan Publikasi 2019 di Hotel Mercure Nexa, Bandung, (24/4). 

"Statistik Indonesia (SI) dan Daerah Dalam Angka (DDA) menyajikan beragam jenis data yang bersumber dari BPS dan instansi lain. Teman-teman BPS provinsi harus menjaga komitmen kolaborasi dengan instansi/dinas setempat," ucap Direktur Diseminasi Statistik BPS, Adhi Wiriana. Kegiatan yang berlangsung hingga 27 April 2019 tersebut dihadiri oleh Kepala Seksi Diseminasi dan Layanan Statistik BPS provinsi seluruh Indonesia. 

Publikasi SI dan DDA memuat gambaran umum tentang keadaan geografi dan iklim, pemerintahan, serta perkembangan kondisi sosial, demografi dan perekonomian di Indonesia. Sedangkan Simdasi membantu dinas/walidata untuk memasukkan data yang akan muncul di SI dan DDA. Walidata merupakan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) yang memiliki data dan bertanggung jawab terhadap data yang diinput ke Simdasi. Sehingga data yang diinput tersebut perlu diseragamkan dalam bentuk tampilan data di SI dan DDA.

Kelebihan Simdasi selain terintegrasi, datanya bersifat interoperabilitas, artinya bisa langsung digunakan pertukaran data antarkementerian/lembaga maupun antardaerah kabupaten/kota/provinsi dan nasional. Simdasi juga menunjukkan kontribusi BPS dalam menuju Satu Data Indonesia.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik