Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

FGD BPS-Kemenperin: Splitting PDB CPO dan Crumb Rubber

FGD BPS-Kemenperin: Splitting PDB CPO dan Crumb Rubber

18 Desember 2018 | Kegiatan Statistik


Jakarta - Survei Industri Besar Sedang (IBS) adalah sumber data untuk menghasilkan data industri yang berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Dalam rangka finalisasi penyusunan indeks produksi hasil survei Crude Palm Oil (CPO) dan komoditi industri karet (crumb rubber), BPS mengadakan Forum Group Discussion (FGD), (10/12).

Bertempat di Hotel Sari Pacific, FGD dibuka oleh Deputi Bidang Statistik Produksi BPS, M. Habibullah. Acara tersebut juga dihadiri oleh Kapusdatin Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI Willem Petrus Riwu, staf ahli menteri Erna Zeta dan Zakir Mahmud, serta beberapa pejabat di lingkungan Kemenperin RI dan BPS. Bahasan utama FGD ini membahas indeks produksi dan PDB CPO serta crumb rubber dalam splitting PDB CPO dan crumb rubber. Splitting PDB adalah upaya untuk memisahkan PDB CPO dan crumb rubber dari PDB makanan.

"Sinergitas antara BPS dan Kemenperin sangat dibutuhkan. Tak mudah mendata 1287 perusahaan yang menjadi sampel Survei CPO dan crumb rubber," jelas Habib saat membuka FGD tersebut. Dalam kesempatan itu, Willem menjelaskan, perlu ditingkatkannya kontribusi CPO dan crumb rubber, serta bagaimana pengolahannya sehingga dapat meningkatkan nilai tambah untuk mendongkrak devisa dan kontribusi PDB. "Untuk mendukung revolusi industri 4.0 terus dikembangkan industri berbasis digital, internet dan robotic industry," imbuh Willem.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik