Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Simposium Nasional FMS Bahas Kemiskinan

Simposium Nasional FMS Bahas Kemiskinan

8 November 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta - Sekitar 100 peserta hadir dalam acara simposium nasional yang digagas oleh Forum Masyarakat Statistik (FMS) di Hotel Sari Pacific, (31/10). 
Simposium dengan tema "Pengukuran Kemiskinan di Indonesia: Metodologi dan Implikasi" ini dibuka oleh Wakil Ketua FMS, Leonard V.H Tampubolon. "Salah satu indikasi penyebab penurunan angka kemiskinan hingga mencapai angka 9,82 persen adalah karena lonjakan dana bantuan sosial, rendahnya tingkat inflasi, dan terkendalinya harga pangan," ujar Leonard yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Ekonomi Bappenas. 

Dalam sambutannya, Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto menyampaikan terima kasih kepada FMS yang telah memberikan input kepada BPS agar kualitas data BPS ke depan semakin bagus. "Selain FMS, lembaga internasional IMF secara rutin mengecek data BPS agar kualitas datanya terjaga, juga untuk menjaga independensi BPS. Hasil evaluasi IMF untuk data pertumbuhan ekonomi yang dirilis BPS dinyatakan akurat oleh IMF," ujar Kecuk.

Acara simposium ini menghadirkan narasumber Margo Yuwono (Deputi Bidang Statistik Sosial BPS), Pungki Sumadi (Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Bappenas), Sudarno Sumarto (Senior Research Fellow of The SMERU Research Institute), dan Arief Anshory Yusuf (Guru Besar Unpad). Acara diskusi ini dimoderatori oleh Bustanul Arifin yang menjabat sebagai Ketua FMS.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik