Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

BPS Selenggarakan Workshop FATS

BPS Selenggarakan Workshop FATS

13 September 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Jakarta - Dampak globalisasi terhadap kegiatan usaha dan pengaruhnya dalam penanaman modal asing (Foreign Direct Investment/FDI) di Indonesia menjadi informasi yang perlu digali lebih jauh oleh BPS. Dari informasi tersebut dapat digunakan untuk mengenali seberapa jauh pemerintahan suatu negara/institusi/badan usaha/orang asing mempunyai tingkat kontrol terhadap usaha di Indonesia, baik yang berupa investasi langsung, investasi melalui anak perusahaan di dalam negeri, dan jalur–jalur investasi lanjutannya.

Oleh karenanya, BPS menyelenggarakan Workshop Foreign Affiliate Trade Statistics (FATS) di Gedung BPS, (4/9). Pada workshop ini, BPS mendatangkan ekspertis dari EU-ASEAN Statistical Capacity Building Project (COMPASS), Thierry Coulet.

Koordinasi dengan beberapa kementerian/lembaga juga perlu dilakukan untuk mendukung data FDI. Workshop juga diikuti oleh perwakilan dari Bank Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Badan Koordinasi Penanaman Modal, Otoritas Jasa Keuangan, dan Sekretariat ASEAN.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Yunita Rusanti mengatakan bahwa data FATS sangat penting dalam mendukung data Produk Domestik Bruto. “Walaupun pengumpulan data FATS sulit untuk dilakukan dengan coverage yang minimum, namun hal tersebut tetap menjadi tanggung jawab BPS. Pilot survei dalam mengumpulkan data FATS sudah dilakukan, namun masih banyak kendala yang ditemui sehingga harus dikembangkan melalui workshop ini,” kata Yunita.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik