Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Pengolahan Harus Clear

Pengolahan Harus Clear

12 Juli 2018 | Kegiatan Statistik


"PMTB yang disajikan oleh BPS menjadi salah satu komponen di dalam PDB/PDRB menurut pengeluaran. Sumbangan PMTB terhadap perekonomian secara nasional ternyata cukup besar yaitu 30% dan ini menjadi penyumbang kedua terbesar setelah konsumsi rumahtangga, karena sharenya besar dan juga penting terhadap perekonomian nasional maka PMTB ini menjadi fokus perhatian pemerintah",ujar Direktur Neraca Pengeluaran Puji Agus Kurniawan. 

Hal tersebut disampaikan disela-sela pembukaan acara Pelatihan Calon Innas Pengolahan Survei Diagregasi PMTB di Aston Bogor Hotel & Resort, Kamis (5/7).  Hadir pula Direktur Sistem Informasi Statistik Muchamad Romzi. Acara yang berlangsung pada 3-7 Juli 2018 ini diikuti oleh 130 peserta yang berasal dari BPS pusat dan BPS provinsi.

PMTB sebagai salah satu komponen penyusun PDB/PDRB dari sisi pengeluaran menunjukan besarnya investasi fisik di suatu wilayah pada periode tertentu. Data PMTB saat ini yang dirinci menurut 6 jenis barang modal dirasa masih belum memenuhi kebutuhan pengguna data. Data yang lebih rinci dalam bentuk matriks PMTB diharapkan dapat mendukung kebijakan yang lebih fokus maupun analisis yang lebih mendalam.

Di sisi lain Muchamad Romzi mengatakan bahwa pengolahan ini harus clear, oleh sebab itu dia berharap teman-teman IPDS dan subject mater harus mencoba untuk lebih intens dalam berkoordinasi untuk memfinalkan hasil PMTB ini. (Humas BPS/Kurv)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik