Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Pelatihan Calon Instruktur Nasional Survei Komoditas Strategis Perkebunan (Tanaman Tebu)

Pelatihan Calon Instruktur Nasional Survei Komoditas Strategis Perkebunan (Tanaman Tebu)

24 Mei 2018 | Kegiatan Statistik


Perubahan yang terjadi di usaha perkebunan sangat cepat, mengikuti perkembangan teknologi, perubahan musim, dan harga. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan Survei Komoditas Strategis Perkebunan (Komstrat Kebun) yang salah satunya adalah komoditas tebu. Pelaksanaan kegiatan Survei Komstrat Kebun komoditas tebu merupakan bagian penting dari RPJM di subsektor perkebunan.

Saat ini, BPS sedang mengkaji perubahan metode pengumpulan data dari Paper and Pencil Interviewing (PAPI)-pengumpulan data menggunakan kuisioner cetak-ke Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI) wawancara dilakukan dengan bantuan tablet. Dengan perubahan metode ini diharapkan terjadi peningkatan kualitas data dan penghematan biaya. Sebelumnya ujicoba pengumpulan data dengan metode CAPI sudah dilakukan di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Grobogan dengan metode sampling terintegrasi untuk subsektor hortikultura dan perkebunan pada tahun 2016.

Untuk memperoleh pemahaman yang sama mengenai konsep, definisi, dan standar operasional prosedur pencacahan lapangan serta mampu mentransfer pengetahuan yang diperoleh selama pelatihan kepada petugas lapangan yang akan dilatihnya, maka pada tanggal 23-25 Mei 2018, BPS melalui Direktorat Statistik Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan mengadakan Pelatihan Calon Instruktur Nasional Survei Komoditas Strategis Perkebunan (VTEBU2018) di Hotel Grand Mercure Jl. H. Benyamin Sueb kav. B-6, Bandar Kemayoran, Jakarta Pusat.

Acara dibuka oleh Direktur Statistik Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Hermanto yang mengharapkan penggunaan CAPI bisa berjalan dengan mulus sesuai yang diinginkan. "Saya berharap Innas dapat menyampaikan seluruh materi dengan baik dan benar, sekaligus memberikan motivasi semangat yang tinggi kepada para petugas lapangan." ujarnya.

Kegiatan VTEBU2018 ini akan dilaksanakan pada 1-31 Agustus di Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Tulungagung Jawa Timur dengan jumlah sampel 180 blok sensus dan 1800 rumah tangga. (Humas BPS/Carta).
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik