Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Data Podes Turut Membangun Indonesia

Data Podes Turut Membangun Indonesia

19 April 2018 | Kegiatan Statistik


Akhir-akhir ini ada trending topic yang menyatakan bahwa Indonesia diprediksi pada tahun 2050 nanti akan menjadi negara dengan kekuatan ekonomi terbesar ke-empat di dunia setelah China, AS, dan India. Namun  masalah kemiskinan, kesenjangan, gini ratio, dan pendidikan masih menjadi pekerjaan rumah (PR). Ke-empat PR tersebut dapat memicu gejolak sosial, politik, yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. 

Demikian hal tersebut disampaikan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Eko Putro Sandjojo dalam Keynote Speech nya pada acara Sosialisasi Pendataan Potensi Desa (Podes) 2018 yang diselenggarakan di BPS, Kamis (19/4). Diantara undangan nampak hadir perwakilan Kementerian/Lembaga, UNFPA, UNDP, ABS,  dan stakeholder yang nantinya akan menggunakan data Podes.

"Data Podes penting untuk mengevaluasi apakah program kita sudah tepat sasaran atau tidak, termasuk program pengentasan kemiskinan di desa”,  ujar Eko lebih lanjut.

Dalam sambutannya, Kecuk menjelaskan bahwa terkait  dengan  pembangunan  desa,  BPS memberikan  dukungan  kepada  Pemerintah  salah satunya  melalui  Pendataan  Potensi  Desa  (Podes)  yang merupakan  kegiatan  sensus  terhadap  seluruh  wilayah administrasi terendah setingkat desa/kelurahan, kecamatan,  dan  kabupaten/kota  di  Indonesia.

"Selain  itu,  dari  data  Podes,  BPS  juga  membentuk   Indeks  Kesulitan  Geografis  (IKG)  yang  digunakan sebagai  salah  satu  dasar  alokator  dana  desa. "" ujar Kecuk.

Kegiatan sosialisasi ini berlanjut dengan talkshow dengan moderator Sekretaris Utama, Adi Lumaksono. Hadir pula tiga narasumber, yaitu Deputi Bidang Statistik Sosial, M. Sairi Hasbullah, Ketua Satgas Dana Desa Kementerian Desa, PDTT, Bibit Samad Rianto, dan perwakilan United Nations Development Programme (UNDP), Juliaty Ansye Sopacua. 

(Humas BPS/Nurdj)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik