Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

IMF Kembali Kunjungi BPS

IMF Kembali Kunjungi BPS

10 Januari 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Penyusunan Financial Sequence of Accounts (FSA) atau Neraca Ekonomi  terintegrasi terus dikembangkan. John Joisce, International Monetary Fund (IMF) Expert, kunjungi BPS untuk pembahasan FSA.  Kunjungan di awal tahun ini dikemas dalam workshop yang dilaksanakan dalam beberapa hari yaitu pada 8-12 Januari 2018.

 

Membuka workshop ini, Puji Agus Kurniawan, Direktur Neraca Pengeluaran, memaparkan capaian-capaian yang telah dilakukan selama proses penyusunan FSA sesuai  rekomendasi prioritas yang telah diberikan oleh IMF. Paparan ini dilaksanakan di Gedung 1 lantai 8, BPS. Proses penyusunan FSA kini masih digarap bersama-sama oleh BPS dan instansi lain seperti BI, OJK, Kementerian Keuangan serta Kementerian Badan Usaha Milik Negara. Beberapa capaian telah diraih oleh BPS pada tahun 2017. Capaian yang telah dicapai diantaranya adalah pelatihan SNA 2008, pembuatan MoU antara BPS dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara serta pembagian tugas antara BPS dengan BI dalam rangka penyusunan FSA.

 

Kerjasama antarinstansi ini dilakukan untuk memudahkan proses penyusunan FSA yang harus menyinkronisasi sekaligus mengkompilasi data antarinstansi agar terintegrasi. Terkait capaian yang telah dipaparkan, John Joisce memberikan apresiasi untuk BPS. Menurutnya, BPS telah mengetahui dengan baik apa yang harus dilakukan dan BPS mengerjakannya.

 

Menutup paparannya, Puji turut menyampaikan beberapa tantangan yang masih dihadapi oleh BPS dalam penyusunan FSA ini. John Joisce yang juga melontarkan beberapa pertanyaan untuk mengonfirmasi, memberikan masukkan terkait penyusunan FSA yang tengah berjalan. Momen kunjungan ini juga dimanfaatkan oleh subject meter untuk berkonsultasi terkait kendala-kendala yang masih dihadapi dalam penyusunan FSA.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik