Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Study Visit BBS ke BPS

Study Visit BBS ke BPS

18 Januari 2017 | Kegiatan Statistik


BPS merupakan salah satu destinasi favorit untuk belajar maupun komparasi mengenai official statistics yang diterapkan di Indonesia. Kali ini pada Selasa, 17 Januari 2017, BPS menerima study visit dari Bangladeshyang didelegasikan oleh Bangladesh Bureau of Statistics (BBS) untuk mempelajari Statistical BusinessRegister (SBR) yang sedang dibangun BPS.
  
Konsep dasar, roles dan SBR data sourced menjadi penting untuk dipelajari. Selain itu, challenges dan kompleksitas yang dihadapi BPS dalam melaksanakan SBR menjadi alasan utama study visit yang dilakukan BBS. Selain sharing mengenai SBR, BPS juga mengulas mengenai Sensus Ekonomi 2016 yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Hasil Sensus Ekonomi 2016 salah satunya digunakan untuk mendukung updating SBR. 
 
Kedatangan BBS disambut oleh Kepala BPS Kecuk Suhariyanto yang didampingi oleh M Ari Nugraha, Deputi Metodologi dan Informasi Statistik dan Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami, Kepala Biro Humas dan Hukum. Setelah sambutan oleh Kepala BPS, kegiatan dilanjutkan dengan foto bersama dan kembali melanjutkan diskusi yang diawali dengan pengenalan BPS, mulai dari sejarah, struktur organisasi hingga tanggung jawab BPS.
 
Delegasi dari Bangladesh menyampaikan pentingnya SBR dalam mendukung perstatistikan di Bangladesh sehingga mereka ingin belajar dari BPS yang memiliki ragam sensus dan survei. Heru Margono, Direktur Pengembangan Metodologi Sensus dan Survei memberikan penjelasan mengenai apa itu SBR, pentingnya SBR hingga penggunaannya.

Setelah mengunjungi dan diskusi dengan subject matter BPS di Jakarta, kegiatan akan dilanjutkan dengan study visit ke BPS Provinsi Bali pada tanggal 21 Januari 2017. Mereka juga akan mempelajari pelaksanaan SBR pada level provinsi. Study visit ini akan dilaksanakan hingga 24 Januari 2017.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik