Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Kunjungan GSO of Vietnam ke BPS

Kunjungan GSO of Vietnam ke BPS

14 September 2016 | Kegiatan Statistik Lainnya


Bulan September ini, BPS kedatangan tamu dari Vietnam, khususnya kontingen General Statistics Office (GSO) of Vietnam. Kunjungan GSO of Vietnam ini dijadwalkan selama lima hari, terhitung sejak Senin - Jumat, 5-9 September 2016. Rombongan berjumlah lima orang, dipimpin oleh Duong Manh Hung, selaku Deputy Director, System of National Accounts Department.

Kedatangan rombongan GSO of Vietnam tersebut adalah dalam rangka study visit pembahasan dan penyusunan PDB/PDRB menurut Lapangan Usaha. Beberapa narasumber di lingkungan Direktorat Neraca Produksi dan Neraca Pengeluaran memberi penjelasan terkait materi penghitungan PDB/PDRB tersebut. PDB/PDRB metode baru yang disusun oleh BPS sudah mengimplementasikan System of National Accounts (SNA) 2008, diantaranya  memasukkan konsep Cultivated Biological Resources (CBR) dan Work in Progress (WIP) dalam cakupan output pertanian. Pada penghitungan PDRB seri yang lama, misalnya output pertanian hanya memperhitungkan hasil yang sudah dipanen serta produk ikutannya.

Agaknya materi yang disampaikan dari Direktorat Neraca Produksi dan Neraca Pengeluaran cukup menjadi suatu pembelajaran bagi GSO of Vietnam tersebut. Selama paparan materi, seringkali terjadi banyak diskusi serta tanya jawab yang cukup intens. Hal ini menunjukkan bahwa BPS dapat dikatakan sebagai salah satu  leading dalam penyusunan National Accounts. Rencananya, rombongan juga akan mengunjungi BPS Provinsi DKI Jakarta, untuk melihat langsung implementasi penghitungan dan penyusunan PDRB di level regional/provinsi.

Namun demikian, keseriusan dalam menerima materi, juga diimbangi dengan refreshing yaitu mengunjungi pasar Rawa Bening, yang merupakan pusat perdagangan batu akik di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur. Hal ini menunjukkan demam batu akik rupanya juga melanda Vietnam. Info mengenai batu akik asal Indonesia tersebut merupakan motivasi bagi rombongan GSO of Vietnam untuk shopping di Rawa Bening.

Bagian Kerja Sama, Protokol, dan Penyiapan Materi Pimpinan selaku penyelenggara kegiatan study visit ini telah siap menemani dan memfasilitasi agenda ini, baik yang terselenggara di BPS maupun di luar BPS. We serve with heart, begitu kira-kira slogan yang ingin disampaikan. Jadi siapapun tamu yang berkunjung ke BPS, sudah selayaknya mendapat pelayanan yang memuaskan, disamping juga upaya BPS untuk selalu terdepan dalam penyajian data berkualitas.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik