Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

BPS dapat BB

BPS dapat BB

19 Januari 2016 | Kegiatan Statistik Lainnya


“Siapa penilainya? Kementerian PAN-RB, BPKP, BPK, KPK, dan BPS. Terus BPS dapat apa? BB, oh lumayan lah…objektif, di sini saya bicara sebagai wakil kepala sekolah,” canda Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di hadapan undangan dan media massa pada acara Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Kinerja Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Provinsi. JK secara khusus melayangkan candaannya kepada Kepala BPS Suryamin, yang kebetulan memang berada di hadapannya saat memberikan sambutan.

Pada penyerahan yang bertempat di Kantor Istana Wakil Presiden ini BPS kembali menuai prestasi dengan menduduki peringkat 10 dengan meraih nilai sebesar 73,86 dari 86 instansi pemerintah. Dengan angka tersebut, BPS pun meraih predikat BB (yang sebelumnya disebut A-/A minus) dan Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden. Ini merupakan hasil positif bagi BPS yang pada tahun sebelumnya baru bisa berpredikat B dengan nilai 70,50.

Evaluasi yang dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini mendapatkan hasil bahwa nilai rata-rata kementerian/lembaga meningkat dibandingkan di tahun 2014 menjadi 65,82 yang sebelumnya 64,70. Tidak hanya kementerian/ lembaga saja yang meningkat, nilai rata-rata untuk pemerintah provinsi pun juga ikut naik dari 59,21 di tahun 2014 menjadi 60,47 di tahun 2015. Proses evaluasi dilakukan dengan melihat seluruh aspek yang terkait dengan penerapan manajemen kinerja di instansi pemerintah sehingga mampu membangun etos kerja pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

JK berujar bahwa kinerja tidak hanya dilihat dari sisi penyerapan anggaran saja tapi juga dari kesesuaian dengan hasil yang diperoleh. Ia juga berpesan agar seluruh instansi pemerintah dapat membangun etos kerja sebagai budaya pemerintah yang mengutamakan hasil yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat dan negara.

Dengan berbagai penghargaan yang ditorehkan oleh BPS tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi insan BPS untuk terus melakukan yang terbaik dan juga merupakan bukti pengakuan publik terhadap kinerja BPS. Bravo BPS!
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik