Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

BPS Provinsi Gorontalo Juara 1 Laporan Keuangan

BPS Provinsi Gorontalo Juara 1 Laporan Keuangan

1 Mei 2010 | Kegiatan Statistik Lainnya


Berita gembira sekaligus membanggakan datang dari BPS Provinsi Gorontalo. Laporan keuangan (LK) tingkat wilayah semester II tahun 2009 BPS Provinsi Gorontalo berhasil menjadi yang terbaik antarinstansi se-Provinsi Gorontalo. Hal ini ditetapkan oleh Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Gorontalo yang sesuai dengan instruksi Menteri Keuangan, memang bertugas untuk melakukan penilaian laporan keuangan pada tiap-tiap semester. Menurut tim penilai DJPB, bahwa penetapan BPS sebagai juara cukup alot, karena dari sisi tampilan LK BPS tidak berwarna. Tapi dari sisi isian, susunan, kelengkapan dan kebenaran, LK BPS tidak tertandingi. Ini artinya, BPS Provinsi Gorontalo berhasil mengungguli 480 satuan kerja (satker) dan 33 satker wilayah. Yang lebih menggembirakan lagi, dengan menjadi Juara I, maka LK BPS Provinsi Gorontalo untuk semester I dan II tahun 2009 sudah berpredikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

Rasanya sangat menarik untuk mengulik cerita di balik kesuksesan teman-teman kita di Gorontalo. Warsono, Kepala Bagian Tata Usaha BPS Provinsi Gorontalo, berkenan untuk berbagi cerita di sela wawancara dengan TVRI Gorontalo. Menurutnya, mulai penyusunan laporan semester II tahun 2008, BPS Gorontalo membentuk Tim Pemutakhiran Data Barang Milik Negara (BMN), bekerja sama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) setempat. Berpegang pada satu keyakinan bahwa keberhasilan pemutakhiran data BMN akan membantu mewujudkan laporan keuangan yang baik pula, secara bertahap, Tim ini mulai berupaya untuk melakukan pemutakhiran data BMN. Tidak sia-sia, keyakinan yang kuat dan dibarengi dengan upaya yang optimal telah berhasil membawa nama harum BPS Provinsi Gorontalo dan bahkan kebanggaan bagi jajaran BPS di seluruh Indonesia. 

Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kanwil DJPB Gorontalo kepada Warsono, yang saat itu mewakili Kepala BPS Provinsi Gorontalo, Wien Kusdiatmono yang tengah mengikuti Rapat Pimpinan di Yogyakarta. Penyerahan penghargaan dilakukan pada Selasa, 30 Maret 2010, di aula Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Gorontalo, dan disaksikan para kepala Satker dari instansi vertikal dan daerah. Kakanwil DJPB Gorontalo menyatakan bahwa laporan dan pola penyusunan laporan BPS Provinsi Gorontalo selalu dijadikan acuan dan contoh oleh para instruktur DJPB dalam melakukan pembinaan ke Satker-satker instansi dan SKPD se-Provinsi Gorontalo. Sungguh membanggakan dan patut untuk ditiru. (Sumber: Varia Statistik Mei 2010 - Humas BPS)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik