Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

Pengantaran Dokumen Pelatihan SP2010 Bersimbah Tanah Merah

Pengantaran Dokumen Pelatihan SP2010 Bersimbah Tanah Merah

1 Mei 2010 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kendaraan dinas BPS Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah, anjlok atau amblas dalam perjalanan saat hendak mengantarkan dokumen dan alat tulis pelatihan petugas Kortim dan PCL SP2010. Tim yang terdiri atas Agus Suhendar (Kepala BPS Kabupaten Sukamara), Gita Waluya (Plt Kasubbag Tata Usaha), Moch. Choeril Anwar (staf), dan Mokhamad Haris (staf) berangkat dari Kecamatan Sukamara (ibu kota Kabupaten Sukamara) menuju Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung pada tanggal 31 Maret 2010 pukul 09.00 WIB. 

Kondisi geografis Kabupaten Sukamara yang luasnya mencapai 43.051,4 Ha didominasi oleh hutan rawa gambut dan perkebunan kelapa sawit serta akses jalan antardesa dengan kecamatan, antarkecamatan dengan kabupaten, dan seterusnya, rusak berat. Sehingga lintasan yang dilalui untuk mengantarkan dokumen sampai ke desa-desa sama halnya dengan lintasan off road. Namun, hal tersebut bukan kejadian luar biasa bagi BPS Kabupaten Sukamara karena jika ada kendaraan mobil yang tidak dilengkapi dengan sistem ganda gardan, pastinya akan amblas di jalan. 

Setelah menempuh perjalanan menuju Kecamatan Balai Riam, tujuan selanjutnya adalah Kecamatan Permata Kecubung. Kali ini keberuntungan belum berpihak di tim BPS Kabupaten Sukamara karena ban akhirnya pecah akibat kondisi jalan yang rusak, sehingga pengantaran dokumen menjadi agak terhambat. 

Tim pengantar dokumen BPS Kabupaten Sukamara memang sedang diuji kesabarannya. Setelah ban mobil diperbaiki, perjalanan menuju Kecamatan Permata Kecubung dengan terpaksa dibatalkan karena mobil yang sedang dinaiki amblas di Desa Natai Kondang (SP4) selama hampir dua jam sehingga dokumen terpaksa dititipkan di salah satu rumah petugas Koordinator Tim SP2010. Akhirnya, dengan bantuan pinjaman truk dari salah satu warga maka mobil dapat ditarik dari kubangan . 

Ketidakberuntungan tidak berhenti sampai disitu. Saat akan kembali pulang menuju Kecamatan Sukamara, lagi-lagi mobil amblas di Desa Bangun Jaya (SP3) selama 30 menit. Sungguh butuh perjuangan berat untuk melalui semua itu. Namun itulah bukti kesungguhan dari seluruh pegawai BPS untuk dapat menyukseskan pelaksanaan SP2010. (Sumber: Varia Statistik Mei 2010 - Humas BPS)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik