Badan Pusat StatistikBadan Pusat Statistik
Badan Pusat Statistik

STIS Kembali Berjaya di Kompetisi Nasional The 5th Statistika Ria

STIS Kembali Berjaya di Kompetisi Nasional The 5th Statistika Ria

1 Januari 2010 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) kembali mengukir prestasi nasional perstatistikan. Dua gelar direbut oleh STIS di ajang Statistika Ria ke-lima tahun 2009 yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB). Prestasi Juara I dan Juara Harapan I dalam kompetisi tahunan mahasiswa statistika seluruh Indonesia di Kampus IPB, Dramaga, Bogor ini menambah sederetan prestasi lain yang biasanya mengharumkan nama STIS seperti Bridge, Catur, dan kompetisi lainnya. Selain itu, untuk kategori essay statistika dengan tema "Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat terhadap Kualitas Data dalam Statistika", STIS berhasil meraih Juara I. 

Kegiatan Seminar dan Kompetisi Statistik Nasional pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2009 melibatkan 41 peserta dari 12 Perguruan Tinggi yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Universitas Islam Bandung (UNISBA), Universitas Negeri Pattimura, dan Akademi Ilmu Statistik (AIS) Muhammadiyah Semarang. 

Pada kompetisi bergengsi tersebut, STIS mengirimkan sepuluh orang perwakilannya yang terdiri dari tujuh mahasiswa/i tingkat III dan tiga orang mahasiswa/i tingkat II. Kesepuluh orang mahasiswa/i tersebut antara lain, Wahyuni Andriana Sofa/4SE, Adi Nugroho/4SE, Kadir/4SE, Reni Amelia/4SK, Putri Rinjani Anggawati/4SK, Chairul Fathikin Putra/4KS, Infaz Rizki Adawati/4KS, Armelia Zukma Kumala/3SE, Rizky Zulkarnain/3SE, Adhi Pradana/3SE. 

Kompetisi dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu babak penyisihan, babak semi final, dan babak final. Pada babak penyisihan, peserta diminta untuk mengerjakan soal tertulis dalam waktu 100 menit dengan rincian 65 menit bagian I (8 soal) dan 35 menit bagian II (2 soal). Dari 41 peserta diambil 15 peserta dengan nilai tertinggi untuk maju ke babak semifinal, di antaranya adalah 6 mahasiswa/i STIS. Mereka adalah Wahyuni, Adi, Reni, Putri, Armelia, dan Rizky. Babak ini terbilang cukup sulit karena peserta harus mengerjakan 10 soal yang berhubungan dengan statistika. 

Selanjutnya pada babak semifinal, peserta lebih ditekankan untuk dapat menggunakan software statistika yang dikuasainya (seperti Minitab 14, SPSS 15, dan SAS 9.1) dalam menyelesaikan soal-soal statistika. Di babak ini peserta harus mengerjakan tiga buah soal dalam waktu dua jam yang berkaitan dengan analisis regresi berganda, analisis korelasi, uji independensi, dan Three-Way Anova. Dalam persaingan yang cukup ketat, hanya dua orang mahasiswi STIS yang lolos ke babak final yaitu Wahyuni dan Reni, sedangkan sisanya (3 orang) dari IPB. 

Pada babak final, peserta bertindak seolah-olah sebagai seorang konsultan dalam menyelesaikan kasus dan memaparkan hasilnya sehingga konsumen data atau pengambil keputusan (decision maker) mampu mengambil keputusan dengan tepat. Pada babak ini, lima orang finalis diminta untuk menyelesaikan suatu kasus di mana suatu perusahaan ingin membuat aplikasi remainder service program untuk para pelanggan yang membeli mobilnya dengan terlebih dahulu memilih pelanggan mana yang merupakan Potensial Repurchase Customer atau Repurchase Customer. Para finalis disediakan waktu satu jam untuk mengerjakan soal tersebut dan mempresentasikan hasilnya dalam bentuk Power Point di hadapan para juri dan undangan. Finalis diberi kesempatan 7 menit untuk mempresentasikan hasilnya dan 13 menit untuk sesi tanya jawab dengan juri. Finalis dari STIS mempresentasikan dengan cukup sistematis, tepat, dan dengan bahasa yang mudah dimengerti. 

Di akhir kompetisi, keluar sebagai juara 1 adalah Wahyuni Andriana Sofa dari STIS, juara 2 dan 3 masing-masing dari IPB dan juara harapan 1 Reni Amelia dari STIS. Namun, piala bergengsi Andi Hakim Nasution gagal untuk dipertahankan untuk kedua kalinya oleh STIS sehingga tercatat empat kali IPB meraih juara umum. Namun demikian, prestasi sebagai juara 1 dan harapan 1 cukup membuktikan bahwa STIS mampu berkompetisi dengan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. (Sumber : Varia Statistik November 2009 - Humas BPS)
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik (BPS - Statistics Indonesia) Jl. Dr. Sutomo 6-8 Jakarta 10710 Indonesia

Telp (62-21) 3841195

3842508

3810291

Faks (62-21) 3857046

Mailbox : bpshq@bps.go.id

logo_footer

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik